Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Orang Gak Ambisius Justru Meraih Sukses

Ambisius boleh asal terukur dan terkendali

Justru orang yang lempeng saja dan tidak terlalu berambisi biasanya mereka yang meraih sukses, sedangkan kita yang sudah sedari awal membuat perencanaan dengan matang dan menghitung segala kemungkinan dari setiap sudut justru seolah makin terlihat jauh. Sebenarnya apa yang membuat mereka yang biasa saja justru meraih sukses?

1. Mereka cepat take action

5 Alasan Mengapa Orang Gak Ambisius Justru Meraih Suksesilustrasi bersiap memulai (Pexels.com/nappy)

Orang tipe ini biasanya mereka yang di saat mempunyai ide langsung segera untuk memulai, bukannya malah sibuk dan berlama-lama dengan perhitungan untuk menghindari segala bentuk kegagalan.

Bagi mereka, lebih baik langsung melakukan karena terlalu banyak pertimbangan malah akan membuat bingung dan tidak segera memulai. Mereka juga sudah siap dengan segala risiko, prinsipnya mulai saja dulu.

2. Bersungguh-sungguh

5 Alasan Mengapa Orang Gak Ambisius Justru Meraih Suksesilustrasi dua orang bertatap muka (pexels.com/cottonbro)

Selanjutnya mereka akan melakukan dengan sungguh-sungguh apa yang sudah dimulai. Rajin dan tekun adalah kuncinya. Meskipun mereka tidak takut mencoba dan terkadang terkesan tanpa perhitungan, setelah memulai mereka akan fokus pada apa yang ada di depan mata.

Baca Juga: 5 Tips Setop Sabotase Diri, Kebiasaan yang Gak Bikin Sukses

3. Konsisten

5 Alasan Mengapa Orang Gak Ambisius Justru Meraih Suksesilustrasi konsisten dalam melakukan sesuatu (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Konsisten adalah disiplin hidup mereka. Saat sudah menentukan akan melakukan apa, mereka akan konsisten menjalankannya dan tidak mudah berpaling untuk mencoba - coba hal lain meskipun dengan iming-iming yang menggiurkan.

Mereka percaya dengan proses karena salah satu fase yang harus dilalui adalah konsistensi dalam perjalanan meraih sukses itu sendiri.

4. Tidak overthinking

5 Alasan Mengapa Orang Gak Ambisius Justru Meraih Suksesilustrasi overthinking (Pexels.com/Anna Tarazevich)

Saat sudah masuk ke arena yang sudah ditentukan, mereka akan memusatkan segala kemampuan dan energi untuk apa yang mereka lakukan. Mereka berpikir realistis dan tidak terlalu overthinking atau takut berlebihan bagaimana jika di tengah jalan gagal atau mengalami kesulitan. Mereka hanya berusaha dan melakukan apa yang terbaik yang bisa mereka lakukan.

5. Paham makna berserah diri

5 Alasan Mengapa Orang Gak Ambisius Justru Meraih Suksesilustrasi bebas dan tanpa beban (Pexels.com/Daniel Reche)

Ini adalah kunci dari semua poin di atas. Di saat mereka mempunyai tujuan dan segera memulai serta konsisten di dalamnya, langkah selanjutnya yang dilakukan adalah letting go atau berserah diri.

Mereka tidak khawatir dengan apa yang akan ditemui di depan dan bagaimana bila menghadapi kesulitan, yang mereka tahu adalah bagaimana mengerjakan ini sebaik mungkin dan tanpa dikuasai oleh pikiran tentang masa depan yang belum tentu terjadi.

Mereka hidup pada momen ini, mengerjakan apa pun dengan kesadaran penuh pada hari ini, mereka mengeluarkan segala kemampuan mereka untuk memberikan yang terbaik yang ada di hadapan mereka saat ini juga, bukannya menghabiskan energi untuk berandai-andai atau hidup dalam ketakutan dan kecemasan tentang masa depan, karena mereka tahu masa depan itu beyond our thinking.

Jadi, mempunyai tujuan dan ambisi itu boleh-boleh saja, asalkan tetap terukur dan tidak berlebihan. Ambisi yang terlalu menggebu-gebu tanpa didampingi kondisi emosi yang stabil dan damai hanya akan menarik energi negatif dan keruwetan dalam hidup kita. So, enjoy the process.

Baca Juga: 5 Alasan untuk Tidak Memiliki Sifat Ambisius dalam Bekerja, Catat!

Umi Fitria Prihantini Photo Writer Umi Fitria Prihantini

Berbagi lewat kata - kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya