Comscore Tracker

5 Kiat Ini Bikin Kamu Tetap Nyaman Bekerja Meski Sedang Berpuasa

#RamadanMasaKini Bekerja bukan alasan kamu untuk tidak puasa

Bekerja sekaligus berpuasa di bulan suci merupakan risiko yang akan kamu hadapi dalam keseharian. Buat sebagian orang, mungkin berpuasa sembari tetap bekerja adalah beban dan memberatkan. Sebab, energi lebih terkuras dan berujung pada haus dan lapar lebih cepat. Nah, bagaimana caranya agar tetap nyaman bekerja meski sedang berpuasa? Yuk, simak kiat-kiat berikut ini!

1. Percayalah, bekerja juga bagian dari ibadah

5 Kiat Ini Bikin Kamu Tetap Nyaman Bekerja Meski Sedang Berpuasaunsplash/TimVanDer

Hal pertama dan utama yang mesti kamu lakukan adalah memperbaiki mindset tentang esensi bekerja. Dalam situasi dan kondisi apapun, bekerja adalah bagian dari ibadah yang Tuhan janjikan pahala. Jadi, puasa bukanlah alasan untuk membuatmu berhenti atau libur kerja karena kamu bakalan rugi melewatkan pahala plus-plus. 

2. Pastikan asupan sahur cukup untuk beraktivitas di siang hari

5 Kiat Ini Bikin Kamu Tetap Nyaman Bekerja Meski Sedang Berpuasaunsplash/AkemyMory

Selanjutnya, kamu harus mengatur asupan gizi di waktu sahur. Jangan malas untuk menyantap makanan di waktu sahur karena selain mendatangkan pahala, ia juga menjadi sumber energi di siang hari. Perbanyak karbohidrat dan air untuk menyimpan cadangan energi lebih. 

3. Sebisa mungkin, hindari tidur setelah subuh

5 Kiat Ini Bikin Kamu Tetap Nyaman Bekerja Meski Sedang Berpuasaunsplash/AnnDanilina

Sebisa mungkin, kamu jangan tidur setelah sholat subuh. Mengapa? Selain memang kebiasaan yang kurang baik, tidur setelah subuh membuat makananmu tidak tercerna dengan sempurna. Setidaknya, butuh dua jam untuk mencerna makanan secara keseluruhan usai makan. Energi yang kamu butuhkan harus melalui proses pencernaan terlebih dahulu. Itu sebabnya, jangan membuat organ di dalam tubuhmu beristirahat lebih cepat.  

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Semangat Ketika Penat Bekerja, Cobain Yuk!

4. Perbanyak gerakan peregangan tubuh

5 Kiat Ini Bikin Kamu Tetap Nyaman Bekerja Meski Sedang Berpuasaunsplash/BanterSnap

Peregangan cukup membuat tubuhmu merasa nyaman kala di kala tubuh letih. Memutar leher, tangan pinggang dan memijat bahu adalah contoh peregangan yang mudah dilakukan. Maka, tetaplah menerapkan gerakan peregangan simpel saat jeda bekerja. Dijamin, puasamu tidak terganggu meski bekerja seperti biasanya. 

5. Hindari media sosial dan tetap fokus

5 Kiat Ini Bikin Kamu Tetap Nyaman Bekerja Meski Sedang Berpuasaunsplash/ThoughtCatalogue

Media sosial juga punya andil terhadap kualitas jam kerjamu, terlebih di saat berpuasa. Selain mudah menghilangkan fokus, media sosial juga sering menyuguhkan pemandangan yang mengganggu puasa seperti makanan dan minuman yang enak, koleksi gamis-gamis terbaru untuk edisi lebaran dan konten-konten negatif. Jika ingin melihat-lihat isi media sosial, sebaiknya dilakukan setelah jam kerja usai. 

Itulah kiat-kiat yang bisa kamu coba untuk merasakan suasana nyaman saat bekerja sekaligus berpuasa. Semoga berhasil!

Baca Juga: 5 Tips Agar Tetap Semangat Bekerja Selama Berpuasa

Uswatun Niswi Photo Community Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You