Comscore Tracker

IWF 2020: 5 Tips Mendalami Karakter  Novel Ala Wisnu Suryaning Adji

Tips untuk kamu yang mau menulis novel #IWF2020

Hari ketiga gelaran Indonesia Writers Festival 2020 tanggal 23/09/2020, semakin seru karena diisi dengan sesi bedah buku bersama Wisnu Suryaning Adji dan Briliant Yotenega dari Storial.co. Kedua penulis hebat ini telah sukses menerbitkan buku pertama dari seri trilogi Rahasia dengan judul Rahasia Salinem dan kini baru saja menerbitkan buku kedua dari trilogi Rahasia dengan judul Rahasia Soeratmi. 

Jika dalam penulisan buku pertama kedua penulis ini bekerja sama untuk menulis sebuah novel yang hebat, maka di buku kedua Wisnu Suryaning atau yang akrab di sapa Mas Wis dipercaya untuk menulis dan menyusun semua tahapan penulisan buku seorang diri.

Dalam sesi bincang-bincang bersama Indonesia Writes Festival 2020, Mas Wis membagikan beberapa tips pendalaman peran agar mampu menulis sebuah novel dengan sudut pandang yang natural. Yuk simak apa saja tipsnya.

1. Membaca buku sesuai tema yang akan ditulis

IWF 2020: 5 Tips Mendalami Karakter  Novel Ala Wisnu Suryaning AdjiYouTube.com/IDN Times

Saat akan memulai menulis buku Rahasia Soeratmi, Mas Wis mengaku membaca banyak buku yang akan membantunya mencapai imajinasi mengenai latar, plot dan cerita yang akan ia tulis.

Membaca memang menjadi suatu kewajiban mutlak bagi seorang penulis. Sebab dengan membaca buku, seorang penulis akan mampu mencapai imajinasi dan sudut pandang yang lebih luas, serta menambah pembendaharaan kata untuk menambah warna tulisan.

2. Menguji premis dengan logika

IWF 2020: 5 Tips Mendalami Karakter  Novel Ala Wisnu Suryaning Adjithereader.org.uk

Salah satu tips yang juga diterapkan Mas Wis adalah ia selalu berusaha menguji setiap premis dengan logika dengan cara "membalik" keadaan yang diceritakan. Hal ini ia lakukan untuk membuat cerita yang disampaikan tidak menimbulkan opini yang salah dan menghindari muculnya bias gender.

Baca Juga: IWF 2020: 5 Tips Sukses Menulis Novel ala Penulis Rahasia Soeratmi

3. Mempelajari teori psikologis

IWF 2020: 5 Tips Mendalami Karakter  Novel Ala Wisnu Suryaning Adjionline.merrimack.edu

Sebagai seorang laki-laki tentunya menjadi hal yang sangat sulit bagi Mas Wis untuk harus biisa menulis dalam sudut pandang perempuan dengan baik karena tentunya tak semua emosi dari perempuan bisa ia mengerti dan pahami. Kesulitan ini ia siasati dengan sebisa mungkin mempelajari trik psikologi terutama yang berhubungan dengan emosi perempuan.

4. Perbanyaklah berdiskusi dan mendengar

IWF 2020: 5 Tips Mendalami Karakter  Novel Ala Wisnu Suryaning Adjisee.news

Selain membaca dan mempelajarinya sendiri, Mas Wis juga mengaku bahwa ia mendalami peran untuk dapat mencapai sudut pandang seorang perempuan dengan cara berdiskusi dengan kawan dan keluarganya.

Hal ini juga dilakukan oleh Nadhifa Allya Tsana, ia menyampaikan dalam sesi IWF 2020 di hari kedua (22/9/2020) bahwa saat awal menulis ia menanyai teman-temannya bagimana rasanya jatuh cinta karena ia tidak pernah mengalaminya. Cerita dari temannya tersebut kemudian ia tulis dengan bahasanya. Hal ini membuktikan bahwa tidak pernah mengalami suatu keadaan bukanlah menjadi penghalang untuk menulis tentang keadaan tersebut.

5. Menggunakan teknik naratologi

IWF 2020: 5 Tips Mendalami Karakter  Novel Ala Wisnu Suryaning Adjiduniadosen.com

Mas Wis Mengaku bahwa ia lebih banyak menggunakan teknik naratologi saat menulis. dengan memunculkan simbol-simbol emosi dalam kepala dan meuangkannya menjadi kata. Ia juga tidak pernah membuat dan merencanakan karakter tokoh yang ia buat dalam novel. Hal yang Mas Wis lakukan adalah menyiapkan dan menyusun setting cerita, plot dan kemudian respon tokoh. Menurutnya hal itu sudah cukup untuk membentuk karakter tokoh tanpa harus memaksakannya.

Itu dia beberapa tips menentukan dan mendalami peran serta karakter dari tokoh yang akan kamu tulis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2020. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2020 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesians Through Writing ini dilangsungkan pada 21 hingga 26 September 2020 melalui zoom dan Youtube channel IDN Times.

IWF 2020 sendiri menghadirkan lebih dari 20 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Nadin Amizah, Sal Priadi, Agus Noor, Ivan lanin, Tsana, Kalis Mardiasih, dan masih banyak lainnya.

Simak terus keseruannya di situs idntimes.com, ya!

Baca Juga: IWF 2020: 5 Trik Sukses Menulis Biografi Bernyawa ala Fenty Effendy

Vini Krisdiani Photo Verified Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya