Comscore Tracker

5 Pekerjaan Sampingan Ala Mahasiswa Tulen, Kerja Rasa Kuliah

Dukung proses belajarmu lho!

Terkadang dalam kehidupan mahasiswa diperlukan pekerjaan sampingan untuk memenuhi kebutuhan. Sayangnya tidak semua pekerjaan dapat dilakukan, pekerjaan fisik seperti pegawai restoran misalnya. Harapannya, pekerjaan yang dilakukan masih mendukung prestasi akademik. Minimal yang berkaitan dengan kemampuan diri, sebab jika tidak selaras, pekerjaan justru akan menurunkan prestasi yang telah diperjuangkan. Buat yang bingung pekerjaan, 5 alternatif sampingan ini bisa kamu lakukan sekaligus untuk meningkatkan skill yang berkaitan dengan dunia kemahasiswaan.

1. Penerjemah dan Proofreader

5 Pekerjaan Sampingan Ala Mahasiswa Tulen, Kerja Rasa Kuliahpexels/pixabay

Kalau kamu punya kemampuan lebih dalam bahasa atau minimal memiliki rekan kerja yang bisa diajak kerjasama, menjadi penerjemah dan proofreader dapat menjadi pilihan yang tepat. Pemasarannya pun tak perlu memiliki perusahaan, cukup tawarkan ke rekan kampus yang membutuhkan jasa tersebut. Uang yang didapatkanpun tidak sedikit lo. Di samping uang, skill bahasa dan pengetahuan akan meningkat drastis.

2. Nulis artikel di media massa sesuai bidang

5 Pekerjaan Sampingan Ala Mahasiswa Tulen, Kerja Rasa Kuliahunsplash/firsara

Apapun bidangnya, kamu bisa mencari platform online yang sesuai untuk menerbitkan hasil pemikiran.Tentu, pilihlah yang memberikan royalti setiap tulisan yang diterbitkan. IDN Times ini misalnya, topik apapun bisa ditulis dan royaltinya per view. Sambil tidurpun uang mengalir kan? Melalui pekerjaan sampingan ini pasti pengetauan dan kemampuan menulis akan meningkat tajam. Selain itu bisa juga menambah jejaring untuk masa depan.

3. Guru les atau privat

5 Pekerjaan Sampingan Ala Mahasiswa Tulen, Kerja Rasa Kuliahunsplash/santivedri

Bagi yang telaten mengajar, menjadi guru les atau privat adalah pilihan terbaik. Melalui ini otakmu akan terus diasah untuk mendalami materi serta meningkatkan kemampuan mengajar. Cocok untuk kamu yang bercita-cita menjadi dosen atau pendidik nantinya.

Baca Juga: 5 Cara Temukan Jati Diri Melalui Pekerjaan yang Saat Ini Kamu Lakukan

4. Asisten laboratorium atau anggota proyek

5 Pekerjaan Sampingan Ala Mahasiswa Tulen, Kerja Rasa Kuliahunsplash/kaleidico

Tak perlu jauh dari kampus, setiap tahun ajaran baru pasti dibutuhkan asisten untuk laboratorium. Kuncinya kamu harus aktif mencari informasi dan melakukan pendekatan dengan dosen. Selain itu, melalui jejaring kakak kelas, cobalah untuk mencari tau proyek apa yang sedang berjalan dan tawarkan jasa yang bisa diunggulkan agar menjadi bagian tim proyek tersebut.

5. Panelis review online

5 Pekerjaan Sampingan Ala Mahasiswa Tulen, Kerja Rasa Kuliahpexels/rpnickson

Guna penghematan membeli kebutuhan sehari-hari seperti sabun mandi atau peralatan lainnya, pekerjaan ini sangat cocok. Apalagi buat kamu yang suka mereview sesuatu. Menjadi panelis review memungkinkan kamu menerima contoh produk, pastinya sebagai imbalan kamu mereview, produk itu buat kamu. 

Itu tadi 5 pilihan pekerjaan sampingan ala mahasiswa yang bisa digeluti. Tak perlu jauh dari kampus atau capek fisik kerja seharian, alternatif tersebut secara tidak langsung justru mendukung proses pembelajaran.

Baca Juga: 5 Tip Menyeimbangkan Tanggung Jawab Pekerjaan dan Keluarga

Vita Ayu Kusuma Dewi Photo Verified Writer Vita Ayu Kusuma Dewi

IG : @vitaakdewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya