Comscore Tracker

Super Sibuk? 6 Strategi Manajemen Waktu Saat Work from Home 

Agar hari-harimu tidak berakhir berantakan

Work from Home atau WFH memunculkan tantangan tersendiri dalam mengatur waktu. Hal ini dikarenakan situasi lingkungan pekerjaan berbeda dengan di kantor yang memungkinkan untuk dapat fokus pada pekerjaan tertentu. Agar semua pekerjaan selesai tepat waktu dan maksimal hasilnya, maka diperlukan strategi khusus mengatur waktu saat WFH. Simak enam strategi ini ya!

1. Tentukan pekerjaan prioritas yang akan dikerjakan 

Super Sibuk? 6 Strategi Manajemen Waktu Saat Work from Home Pexels.com/Negative Space

Hal yang wajib dilakukan di awal adalah membuat to do list atau daftar pekerjaan yang akan dilakukan. Tentunya bukan hanya item pekerjaan yang akan dilakukan melainkan juga menentukan mana yang akan menjadi prioritas. Sebaiknya daftar pekerjaan ini ditulis malam sebelumnya atau dikoreksi lagi di pagi hari agar sesuai dengan kebutuhan.

2. Buat zonasi waktu untuk setiap pekerjaan 

Super Sibuk? 6 Strategi Manajemen Waktu Saat Work from Home Pexels.com/ Startup Stock Photos Follow

Setelah menentukan daftar pekerjaan yang akan dilakukan, penting sekali untuk memberikan zonasi waktu pekerjaan tersebut sehingga dapat diminimalisir kebingungan mau mengerjakan yang mana. Zonasi ini bermanfaat untuk mendisiplinkan diri saat melaksanakan pekerjaan.

3. Menerapkan prinsip “cut off time” 

Super Sibuk? 6 Strategi Manajemen Waktu Saat Work from Home Pexels.com/Bruce Mars

Cut off time adalah berhenti melakukan pekerjaan jika waktu telah selesai. Misalnya saja mengerjakan tugas kantor pukul 8 hingga 10 pagi. Maka saat jam 10, mau tidak mau harus berhenti melakukan pekerjaan tersebut dan berpindah ke pekerjaan selanjutnya. Melalui metode ini, pasti lebih bersungguh-sungguh untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktunya.

Baca Juga: Mengenal Metode Pomodoro, Teknik Belajar Berbasis Manajemen Waktu

4. Berani mengatakan tidak untuk hal yang tidak direncanakan 

Super Sibuk? 6 Strategi Manajemen Waktu Saat Work from Home pexels/pixabay

Jika jadwal yang ditentukan telah padat dan sesuai dengan kebutuhan, jangan takut untuk berani berkata tidak jika ada teman yang mengajak mengobrol telepon terlalu lama atau tawaran lainnya yang akan merusak semua rencana kerjamu. Selama itu bukan hal yang mendesak dan perlu dilakukan, alangkah baiknya ditolak dengan baik saja.

5. Menjauhkan diri dari potensi gangguan 

Super Sibuk? 6 Strategi Manajemen Waktu Saat Work from Home Pexels.com/Andrea Piacquadio

Salah satu tantangan WFH adalah adanya distraksi atau gangguan yang mungkin terjadi dari lingkungan, misalnya dari anggota keluarga, suasana rumah yang berisik atau kondisi lainnya. Maka perlu menyadari diri untuk memilih tepat kerja yang meminimalisir gangguan tersebut.

6. Terapkan sistem reward and punishment untuk pencapaian target harian 

Super Sibuk? 6 Strategi Manajemen Waktu Saat Work from Home Pexels.com/Andrea Piacquadio

Agar lebih bersemangat, sistem reward and punishment ini bisa dicoba, loh. Apabila berhasil mencapai target harian, boleh mengapresiasi diri misalnya dengan memberikan waktu istirahat yang lebih atau hal lainnya. Sebaliknya, jika tidak mencapai target, maka bisa menerapkan hukuman ringan yang bisa meningkatkan produktivitas di keesokan harinya.

Nah, itu tadi enam strategi yang dapat kamu gunakan untuk WFH-mu, guys. Semoga berjalan sesuai rencana ya!

Baca Juga: Cara Manajemen Waktu Sebagai Resolusi Tahun Baru Kamu, Kian Produktif!

Vita Ayu Kusuma Dewi Photo Verified Writer Vita Ayu Kusuma Dewi

IG : @vitaakdewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya