Comscore Tracker

Menawan Setiap Hari, 6 Karier Ini Bisa Dijajaki di Bidang Kecantikan

Kesempatan buat kamu yang passionate di bidang ini!

Beberapa cewek ada yang bercita-cita punya karier di bidang kecantikan. Awalnya, mereka suka mencoba-coba makeup di parasnya sendiri. Lama-kelamaan, rasa ingin tahunya pada berbagai produk semakin meningkat. Jadilah passion mereka bertumbuh pada dunia dan industri kecantikan.

Dewasa ini, profesi di bidang kecantikan tidak sedikit lho! Apalagi perkembangan teknologi sedang sangat pesat-pesatnya, produk-produk yang bermunculan pun semakin melimpah dan bersaing. Yuk, kita simak 10 karier yang bisa dijajaki di bidang kecantikan berikut ini!

1. Karier pertama yang bisa dijajaki di bidang kecantikan adalah makeup artist. Lewat ini, kamu bisa seperti Bubah Alfian atau Bennu Sorumba

Menawan Setiap Hari, 6 Karier Ini Bisa Dijajaki di Bidang KecantikanPexels/Ambar Simpang

Untuk jadi makeup artist, disarankan mengetahui karakter orang yang akan diriasnya dahulu. Barulah ia dituntut mampu menutup kekurangan dan menonjolkan kelebihan wajah. Bagi mereka yang merias untuk pemotretan atau syuting, sebaiknya paham konsep foto atau adegan yang dikehendaki.

Kamu yang ingin menjalani karier ini, dapat mengambil atau kursus pendidikan tata rias. Selain itu, kamu tidak boleh berhenti belajar dan mengembangkan kreativitas karena tren makeup akan selalu berganti. 

2. Dunia kecantikan tidak terbatas pada wajah saja. Kuku pun perlu perawatan lewat jasa nail technician

Menawan Setiap Hari, 6 Karier Ini Bisa Dijajaki di Bidang KecantikanPexels/freestocks.org

Jika kamu berpikir dunia kecantikan itu hanya sebatas wajah, salah besar! Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang diperhatikan kecantikannya. Nail technician gak cuma melakukan manicure dan padicure saja, melainkan memeriksa kesehatan kuku kaki dan tangan. Lantas, ia akan memberi saran untuk kasus tertentu.

Karier ini bisa dimulai dengan kursus yang memberikan sertifikat resmi. Semasa pendidikan, teori dan latihan seputar perawatan tangan dan kaki akan diberikan sesuai kemampuan. Dalam jangka waktu setahun, kamu sudah bisa terjun jadi nail technician. Akan tetapi kalau ingin lebih profesional, kamu bisa mengikuti pendidikan lanjutan.

3. Dengan menjadi training/product manager, kamu dituntut terampil memberikan informasi produk pada beautician

Menawan Setiap Hari, 6 Karier Ini Bisa Dijajaki di Bidang Kecantikanaljamila.com

Ya! Kamu akan mentransfer ilmu soal produk kecantikan kepada beautician, sebelum mereka mentransfer hal tersebut pada konsumen. Makanya, pengetahuan akan dunia kecantikan jadi modalnya. Kamu juga harus memahami karakter konsumen yang berbeda-beda demi memberi pelayanan terbaik.

Oh, iya! Seorang training/product manager bisa mendapatkan kesempatan ke luar negeri untuk pendidikan soal produk kecantikan lho! Selain punya pengetahuan soal dunia kecantikan, kamu yang tertarik menjalani profesi ini bisa mengambil pendidikan tata rias. Yang pasti, profesi ini bukanlah hal yang instan karena perlu waktu, motivasi tinggi, dan terus belajar.

Baca Juga: Menawan Banget! Ini 8 Gaya OOTD Ala Stella Cornelia

4. Pharmacist-cosmetologist atau ahli kecantikan juga bisa kamu jajaki jika hasratmu adalah menyelesaikan berbagai masalah kecantikan

Menawan Setiap Hari, 6 Karier Ini Bisa Dijajaki di Bidang Kecantikanlatelieraesthetics.co.uk

Ahli kecantikan harus menguasai anatomi dan fisiologi kulit serta memahami kosmetik yang tepat untuk tiap orang. Dengan canggihnya teknologi, ahli kecantikan perlu meningkatkan keahlian dari bidang farmasi dan kosmetologi. Maka dengan dasar keilmuan yang apik, solusi yang diberikan juga lebih aman.

Kamu bisa memulainya dengan mencintai dunia kecantikan terlebih dahulu. Sementara untuk pemula, bisa mengikuti pendidikan dan latihan khusus masalah kecantikan. Anatomi kulit, masalah kulit, kosmetika, dan teknik perawatan adalah beberapa hal yang musti kamu kuasai. Kalau ingin semakin ahli, bisa mengambil S2 atau S3 di bidang farmasi dan kosmetologi.

5. Bekerja di bidang kecantikan tak musti ada di dalam perusahaan produk itu sendiri. Nyatanya, ada beauty blogger & beauty reporter/editor

Menawan Setiap Hari, 6 Karier Ini Bisa Dijajaki di Bidang KecantikanPexels/Loe Moshkovska

Bisa dibilang, karier dalam kepenulisan dunia kecantikan semakin menjamur. Ini bahkan belum termasuk dengan vlogger atau selebgram. Yang pasti, diperlukan gabungan kemampuan menulis dan berpengetahuan di bidang kecantikan agar bisa terus bertahan di profesi ini.

Kamu yang ingin berkarier di sini, harus punya minat besar dengan dunia kecantikan dan mampu menyajikan informasi tentang tren kecantikan terkini. Mengikuti tren teknologi, kamu bisa menginformasikan hal tersebut dalam bentuk tulisan, gambar, bahkan video. Banyak-banyak membaca buku, majalah, dan melihat sumber inspirasi lainnya pun diperlukan.

5. Jika kamu kerap mendatangi pusat perawatan & kecantikan, pasti sudah tidak asing dengan beauty therapist. Ialah yang menganalisa kondisi kulit

Menawan Setiap Hari, 6 Karier Ini Bisa Dijajaki di Bidang Kecantikanstudentspa.com.au

Selain itu, beauty therapist juga akan melakukan jenis perawatan yang diperlukan dengan menyesuaikan jenis dan problem kulit. Bedanya beauty therapist dengan dengan perawat kecantikan biasa adalah pengetahuan meliputi teknik treatment, anatomi kulit, dan kosmetik yang sesuai lebih mumpuni.

Profesi ini bisa kamu jalani setelah menuntut pendidikan di pusat pendidikan kecantikan. Seluruh teknik treatment kecantikan, kondisi kulit, dan jenis kosmetika akan diajarkan. Jika jam terbang semakin tinggi dan sering belajar dari senior, keahlianmu bakal semakin tinggi dan mendapat banyak masukan positif.

6. Di industri kecantikan juga dikenal marketing & strategic communication. Salah satu tugasnya adalah memilih influencer untuk promosi produk

Menawan Setiap Hari, 6 Karier Ini Bisa Dijajaki di Bidang KecantikanPexels/Christina Morillo

Tugas marketing & strategic communication adalah membuat strategi untuk promosi kecantikan. Beberapa di antaranya adalah mengundang media atau blogger untuk meliput grand launching produk, membuat artikel advertorial, memilih influencer yang paling cocok memberi first impression, membuat review dan tutorial tentang produk yang ia ampu. Pastinya, semua itu bermuara pada konsumen mengenal produknya.

Itu dia karier yang bisa dijajaki di bidang kecantikan. Masih ada banyak karier-karier yang lainnya seperti hair stylist, dokter estetika, beauty merchandiser, beauty photographer, beautypreneur, hingga beauty advisor. Mana yang ingin kamu jadikan masa depanmu?

Baca Juga: Biar Selalu Menawan, Yuk Kenali Outfit Tepat Berdasar Bentuk Tubuhmu!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya