Comscore Tracker

Tak Harus Mahal, Ini Tips Sukses Jadi Influencer ala Olivia Lazuardy

Fashionable tidak harus mahal dan bermerek, lho!

Buat mereka yang senang berselancar di dunia fashion dan traveling, siapa yang tidak kenal Olivia Lazuardy? Perempuan ini dikenal sebagai influencer di kedua bidang tersebut dan telah memulainya dari blogger. Sudah ribuan orang mengikutinya dan terinspirasi oleh gayanya yang beda dan berkelas.

Di balik kesuksesan yang diraihnya kini, ada perjalanan panjang yang tidak semua orang tahu. Yang pasti, semua yang dia dapat sekarang tidak dengan cara instan. Yuk, kita simak tips sukses jadi influencer ala Olivia Lazuardy berikut ini!

1. Olivia sudah mengenal dunia fashion sejak remaja. Semakin lama, hasratnya di dunia tersebut tak bisa dilupakan

Tak Harus Mahal, Ini Tips Sukses Jadi Influencer ala Olivia LazuardyIDN Times/Febriyanti Revitasari

"Sebenarnya kesukaan aku sama fashion sudah dimulai sejak remaja. Sejak mau lulus SMA. Makanya waktu mau kuliah, pengennya masuk ke jurusan fashion. Cuma gak diberi izin sama orangtua," paparnya. Akhirnya, keinginan untuk mempelajari fashion pun tidak kesampaian.

Seakan fashion memang jalan hidupnya, semangat berkarya di dunia fashion Olivia masih belum padam pasca kuliah. Dari sekian banyak celah untuk berkarya di industri tersebut, blogger yang dianggapnya tepat. "Aku bikin personal blog aja. I share about my personal style." Tak dinyana, blog Olivia mendapat respon positif dan banyak yang jadi pengikutnya.

2. Dalam berkarya, ia bukanlah tipe yang mengikuti tokoh-tokoh tertentu. Ia lebih suka menjadi dirinya sendiri

Tak Harus Mahal, Ini Tips Sukses Jadi Influencer ala Olivia LazuardyIDN Times/Febriyanti Revitasari

"Aku kebetulan bukan tipe yang terlalu ngikutin kayak punya idol," tuturnya saat ditanyai apakah punya profil yang mempengaruhi gayanya. Ia lebih suka mempresentasikan selera pribadinya di setiap unggahan blog dan Instagramnya.

Meski begitu, ada satu sosok yang menjadi tempat belajar Olivia di bidang fashion. "Awal-awal aku bikin blog, ada beberapa orang yang aku suka. Contohnya Gary Pepper Girl. Dia salah satu pionir di dunia Instagram. Foto-fotonya bagus banget, kontennya bagus. Aku terinspirasi dari dia dan belajar banyak foto-foto dari dia itu gimana sih," katanya.

3. Meski banyak influencer dalam industri yang serupa, Olivia tak gentar. Ia punya perbedaan tersendiri agar tak kalah bersaing

Tak Harus Mahal, Ini Tips Sukses Jadi Influencer ala Olivia LazuardyIDN Times/Febriyanti Revitasari

Menurut Olivia, faktor pertama yang membedakan influencer maupun blogger fashion satu dengan lainnya adalah gayanya. Dalam hal ini, bisa dibilang ia sudah tidak risau lagi. "Aku sudah mengembangkan gaya sendiri. Jadi, meskipun orang A sama B pakai baju yang sama, masing-masing pasti punya style masing-masing," paparnya.

Selain gaya, faktor pembeda kedua bagi Olivia adalah kontennya. "Dari segi konten, aku selalu mencoba original dan cari sesuatu yang baru. Apa sih yang gak bosenin? Apa sih yang relatable sama followers aku," tambahnya lagi.

Baca Juga: Elegan, Gaya Nana Mirdad Kunjungi Surabaya Ini Simple & Mudah Ditiru

4. Olivia sangat menghindari unggahan-unggahan yang bersifat hard selling. Baginya, konten itu harus kreatif

Tak Harus Mahal, Ini Tips Sukses Jadi Influencer ala Olivia LazuardyIDN Times/Febriyanti Revitasari

Diakuinya, ia sangat menghindari konten-konten yang bersifat hard selling (teknik promosi yang dilakukan secara langsung dan tanpa pendekatan khusus). Baginya, membuat konten itu harus kreatif. Bukan sekedar selfie dengan pose memegang produk dan mengajak orang lain membeli.

"Konten yang bagus adalah konten yang bisa dibuat cerita dari awal. Bagaimana sih hubungan dengan kita sendiri? Bisa membantu kita dengan kehidupannya itu seperti apa?" jabarnya lagi.

5. Konsistensi adalah hal penting agar bisa jadi influencer dan blogger sepertinya. Tips lainnya adalah tetap menyeleksi tawaran yang masuk

Tak Harus Mahal, Ini Tips Sukses Jadi Influencer ala Olivia LazuardyIDN Times/Febriyanti Revitasari

Ketika ditanyai tips untuk millennials yang baru memulai jadi influencer, Olivia menyebutkan, "Tipsnya konsisten, disiplin, dan jangan ambil easy money. Sekarang, aku lihat banyak banget influencer baru yang pengen jalur cepat. Brand yang kerjasama itu gak difilter," kisahnya.

Diakuinya, cara itu memang pernah ia lakukan ketika pertama kali memulai kariernya. Namun, itu justru membuat personal branding kurang kuat. "Kita harus bisa filter tawaran yang masuk karena semua itu akan mempengaruhi image," tuturnya.

Sementara dari segi fashion yang dipakai, ia tidak menyarankan jangan terpaku pada busana bermerek. "Sebenarnya fashion itu bisa disesuaikan dengan budget kita masing-masing dan tidak perlu tertekan melihat orang lain," tandasnya.

Olivia pernah merasakan sendiri bagaimana memulai kariernya dari mahasiswa yang belum memilliki dana mencukupi. "Fashionable itu bukan mereknya, tapi kreatifnya kita bisa masang-masang bajunya," tutupnya mengakhiri percakapan.

Itu dia tips sukses jadi secuplik profil dan tips sukses jadi influencer ala Olivia Lazuardy. Kamu mau sepertinya? Mulailah dari sekarang dan sesuaikan gayamu dengan budgetmu. Jangan memaksakan diri dan ingat kalau fashionable itu adalah kreatif memadupadankan busananya!

Baca Juga: 9 Inspirasi Pernikahan Aura Kasih-Eryck yang Sederhana & Mudah Ditiru

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya