Comscore Tracker

5 Hal Buruk yang Mungkin Terjadi jika Kamu Menolak Kerja Lembur

Salah satunya bakal susah dapat promosi 

Bukan rahasia bila lembur adalah hal yang lumrah terjadi dalam dunia kerja. Biasanya hal tersebut dilakukan ketika ada tugas pekerjaan yang sifatnya sangat penting atau sebagai sarana bagi atasan untuk menguji dedikasi serta loyalitas bawahannya dalam bekerja.

Namun, gak semua karyawan mau untuk bekerja lembur. Hal ini disebabkan banyak yang berpendapat bahwa kerja lembur itu bertentangan dengan prinsip work-life balance. Namun bagaimanapun juga, kamu harus mencoba menyingkirkan anggapan tersebut. Sebab, ada beberapa hal buruk yang akan kamu terima jika gak mau kerja lembur. Apa saja?

1. Menurunkan tingkat kepercayaan atasan atau rekan kerja

5 Hal Buruk yang Mungkin Terjadi jika Kamu Menolak Kerja Lemburilustrasi atasan dan bawahan di dunia kerja (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Pertama, tingkat kepercayaan atasan atau rekan kerja padamu pasti akan menurun. Bisa dikatakan, bahwa bersedia untuk bekerja lembur merupakan sebuah tanda kamu adalah karyawan yang layak dipercaya dan dapat diandalkan.

Jika permintaan untuk kerja lembur itu ditolak, maka kamu akan susah sekali untuk mendapatkan kepercayaan yang sama dari mereka. Maka dari itu, cobalah untuk lebih bijaksana dalam memutuskan apakah kamu mau kerja lembur atau gak.

2. Kamu bakal susah mendapatkan promosi

5 Hal Buruk yang Mungkin Terjadi jika Kamu Menolak Kerja Lemburilustrasi karyawan kantor (pexels.com/ANTONI SHKRABA)

Mendapatkan promosi atau kenaikan pangkat jabatan dalam perusahaan adalah impian semua karyawan. Salah satu cara untuk bisa mendapatkannya adalah lewat kesediaan dan kesanggupan seorang karyawan untuk bekerja lembur. Sebab ini menunjukkan bahwa ia adalah sosok karyawan yang siap mengemban tanggung jawab lebih.

Lantas, bagaimana jika kamu malah menolaknya? Bisa dipastikan bahwa perjalanan kariermu bakal mentok di satu titik saja karena sudah membuang kesempatan emas tersebut.

Baca Juga: 5 Tanda Karyawan yang Egois di Tempat Kerja, Jangan Ditiru

3. Kamu akan tumbuh menjadi sosok karyawan yang egois

5 Hal Buruk yang Mungkin Terjadi jika Kamu Menolak Kerja Lemburilustrasi diskusi (pexels.com/cottonbro)

Hal buruk lainnya yang bisa terjadi kalau kamu selalu gak mau disuruh kerja lembur adalah bisa membuatmu tumbuh menjadi sosok karyawan yang egois. Hal seperti ini yang harus dianggap serius karena akan berpengaruh sangat besar terhadap kariermu. Asal gak berlebihan dan mengganggu kehidupan pribadimu, kamu boleh sesekali mengiyakan permintaan untuk kerja lembur.

Jika malah menolak, maka kamu akan terbiasa bersikap egois dan apatis dalam hal pekerjaan. Lagi pula, kamu harus ingat bahwa gak ada satupun perusahaan yang mau mempekerjakan karyawan yang hanya mementingkan dirinya sendiri dan gak mau berkontribusi untuk kemajuan perusahaan.

4. Mendapatkan penilaian minus

5 Hal Buruk yang Mungkin Terjadi jika Kamu Menolak Kerja Lemburilustrasi bergosip di tempat kerja (pexels.com/Yan Krukov)

Terkadang, ada saja penilaian minus yang kerap dialamatkan kepada karyawan yang selalu menolak kerja lembur. Biasanya karyawan yang seperti itu dinilai sebagai sosok karyawan yang pemalas dan gak serius dalam hal pekerjaan.

Sebenarnya mau bekerja lembur atau gak itu adalah pilihanmu. Namun, kamu harus memilih untuk melakukannya karena itu akan berpengaruh sangat besar terhadap nilai dirimu di mata rekan-rekan kerjamu.

5. Kalau masih dalam masa probation, kamu bisa saja dipecat

5 Hal Buruk yang Mungkin Terjadi jika Kamu Menolak Kerja Lemburilustrasi stres kerja (pexels.com/Anthony Shkraba)

Ketika gak mau bekerja lembur, perusahaan bisa saja gak segan-segan untuk memecatmu. Apalagi kalau kamu masih dalam masa probation, di mana itu adalah sesuatu yang sangat dilarang karena menunjukkan kesan gak profesional.

Padahal salah satu hal yang jadi penilaian dalam masa seperti ini adalah totalitas dalam menyelesaikan tanggung jawab, termasuk kesediaan dalam menerima tugas lembur. Namun, jika kamu menolaknya, maka pihak perusahaan akan meragukan kinerjamu di masa mendatang. Dalam artian, baru masa percobaan saja kerjanya gak total, apalagi kalau sudah jadi karyawan tetap nanti?

Intinya, jangan ragu untuk mengambil kerja lembur bila diperlukan. Sebab pasti akan ada banyak hal positif yang akan kamu dapatkan nanti, entah itu penilaian positif dari rekan kerja atau atasan, bahkan bonus gaji. Jangan terlalu kaku dalam bekerja kalau gak mau kelima hal buruk ini terjadi padamu, ya!

Baca Juga: 5 Sebab Atasan Tak Percaya saat Kamu Mengadukan Ulah Rekan Kerja

Wimantyo Resi H. Photo Verified Writer Wimantyo Resi H.

Hanya orang biasa yang ingin melihat dunia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya