Comscore Tracker

Butuh Pemasukan Tambahan? Coba Kirim Karya Kamu ke 5 Platform Ini

Passive income untuk kamu yang punya hobi menulis

Berbahagialah kamu yang punya hobi menulis! Sekarang kamu bisa mendapat kesempatan untuk memperoleh pemasukan tambahan dari hobi kamu itu.

Caranya, kamu hanya perlu mengirimkan tulisan yang sudah kamu buat ke salah satu platform di bawah ini. Bisa berkarya sekaligus mendapat rupiah.

1. GoodNovel

Butuh Pemasukan Tambahan? Coba Kirim Karya Kamu ke 5 Platform IniGoodNovel Indonesia (dok. GoodNovel)

GoodNovel adalah platform asal Singapura. Platform ini bersedia membayar karya penulis yang berhasil melakukan kontrak dengan pihak GoodNovel.

Besaran bayaran tergantung dari kualitas naskah. Penilaian editor yang menangani naskah penulis tentunya juga punya peran besar.

2. NovelMe

Butuh Pemasukan Tambahan? Coba Kirim Karya Kamu ke 5 Platform IniNovelMe (dok. NovelMe)

Selanjutnya ada platform yang juga pantas dipertimbangkan. NovelMe penulis tidak hanya mendapat bayaran dari para pembaca yang bersedia membuka bab yang terkunci dengan koin.

Penulis juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak pemasukan dengan mengikuti lomba Next Top Writer. Kompetisi ini rutin diadakan oleh pihak NovelMe.

3. Webnovel

Butuh Pemasukan Tambahan? Coba Kirim Karya Kamu ke 5 Platform Inikumpulan cerita Webnovel (dok. Webnovel)

Platform menulis selanjutnya adalah Webnovel. Penulis yang berhasil mendapatkan kontrak di Webnovel bisa mendapat kesempatan untuk mengikuti Minimum Guarantee System (MGS).

MGS menjamin penulis setidaknya bisa mendapatkan pemasukan sebesar $200 jika berhasil menulis sebanyak 90.000 kata selama satu bulan penuh. Lumayan juga, kan?

Baca Juga: Mengubah Hiburan Artis Jadi Tulisan Inspiratif ala Arya Sarimata 

4. KBM App

Butuh Pemasukan Tambahan? Coba Kirim Karya Kamu ke 5 Platform IniKBM App logo (dok. KBM)

Tidak ingin jadi penulis yang terikat? Maka platform KBM App adalah jawaban yang tepat untukmu.

Tidak ada kontrak di platform ini. Meski begitu penulis tetap bisa mendapatkan bayaran dari para pembaca yang bersedia membuka bab cerita menggunakan koin yang nantinya dapat dikonversi ke rupiah.

5. Cabaca

Butuh Pemasukan Tambahan? Coba Kirim Karya Kamu ke 5 Platform IniCabaca Logo (dok. Cabaca Logo)

Terakhir, ada Cabaca yang tawarkan insentif cukup besar bagi penulis. Dari halaman situsnya, kamu bisa mengetahui bahwa Cabaca memberikan royalti sebesar 30%-60% kepada penulis yang karyanya berhasil lolos seleksi akurasi.

Tentunya, hal tersebut akan dibahas secara detail setelah naskah kamu diterima. Cukup menggiurkan, ya?

Demikian berbagai platform menulis yang bisa dijadikan sumber penghasilan tambahan. Mau coba yang mana?

minipau author Photo Writer minipau author

Hai, ketahui lebih lanjut tentang saya di intagram @peepsdayout atau blog pribadi saya https://peepsdayout.blogspot.com/ Kalian juga bisa membaca novel dan cerita fiksi yang saya tulis di instagram @minipaujourney atau lewat tautan https://bit.ly/30TDstY

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya