Comscore Tracker

7 Alasan Kenapa Kamu Gak Perlu Ragu Memilih Profesi Berbeda Jurusan

Mencoba realitis untuk maju

Setelah lulus kuliah kamu mungkin bingung harus bekerja dimana. Mendapat pekerjaan yang sesuai dengan jurusan pun tidak mudah. Banyak persaingan yang harus kamu hadapi di dunia kerja. Mau tidak mau kamu harus bekerja apa saja demi bisa mandiri.

Meski berbeda jurusan, bukan berarti hidup kamu sedang stagnan. 7 alasan ini membuatmu berhenti ragu untuk bekerja tidak sesuai jurusan!

1. Ilmu baru memberimu pengetahuan baru, maka bersyukurlah kamu sudah mempelajarinya

7 Alasan Kenapa Kamu Gak Perlu Ragu Memilih Profesi Berbeda Jurusanpixabay/StockSnap

Profesi baru yang kamu jalani berbeda jauh dengan latar belakang ilmu yang kamu pahami. Banyak hal baru yang membuatmu bingung dan harus banyak bertanya. Tetapi disinilah letak proses belajar yang sebenarnya. Ketika kamu merasa sudah siap bekerja dengan ilmu yang dipelajari selama bertahun-tahun, tiba-tiba dihadapkan pada kenyataan untuk belajar kembali dari nol.

Cobalah untuk bersyukur dan mengambil hikmah dari balik proses belajar. Ilmu baru yang kamu dapatkan menjadi sangat berguna untuk dirimu sendiri sebagai wawasan untuk berkarya. Setidaknya kamu memiliki dua ilmu dalam dua bidang yang berbeda.

2. Terkadang passion menuntun kita pada pekerjaan yang menyenangkan

7 Alasan Kenapa Kamu Gak Perlu Ragu Memilih Profesi Berbeda Jurusanpixabay/rawpixel

Memilih pekerjaan yang berbeda dengan pendidikan bukan berarti kita dulunya salah jurusan. Namun terkadang ada passion terpendam yang membuat kita lupa untuk mengeluarkannya karena kesibukan kuliah.

Setelah lulus, ingatan kita kembali pada passion tersebut dan tertarik untuk mengelutinya dengan serius. Tidak masalah jika kamu terlambat memulainya. Passion yang ada dalam dirimu akan mengeluarkan energi positif yang membuatmu lebih energik dalam bekerja.

3. Setelah lulus, kamu punya seribu pilihan untuk jenjang karir yang kamu inginkan

7 Alasan Kenapa Kamu Gak Perlu Ragu Memilih Profesi Berbeda Jurusanpixabay/Free-Photos

Setelah lulus, jangan berpatokan pada latar belakang pendidikan saja. Cobalah untuk berpikir luas, seluas dunia yang terbentang. Di dunia ini kesempatan untukmu bekerja terbuka lebar. Ikutilah passion dan bekerjalah dengan kemampuan yang bisa kamu berikan.

Baca Juga: 6 Kebiasaan yang Patut Dimiliki Wanita Karier Agar Hidup Seimbang

4. Berpikirlah realitis, karena bekerja tidak seperti teori dalam buku tebal

7 Alasan Kenapa Kamu Gak Perlu Ragu Memilih Profesi Berbeda Jurusanpixabay/Free-Photos

Ketika masuk dunia kerja, kita dituntut untuk memiliki sikap etos kerja yang tinggi. Seseorang yang berpaku pada latar belakang pendidikan takkan mampu menyamai orang lain yang berpikir realitis dan tidak memilih-milih pekerjaan.

Berpikir realitis membuat kita mampu bekerja sesuai keadaan dan mengimbangi perubahan yang ada. Orang yang mampu berpikir realitis cepat dalam melihat potensi yang ada dan menjadikannya sebagai peluang.

5. Rejeki bisa datang dari mana saja dan tidak disangka-sangka, maka pantaskan dirimu untuk menerimanya

7 Alasan Kenapa Kamu Gak Perlu Ragu Memilih Profesi Berbeda Jurusanpixabay/jarmoluk

Jika kamu ingin rejeki lancar dan selalu diberi kemudahan, maka jangan takut untuk keluar dari batas nyamanmu. Bekerja dimana saja dan mencoba apa saja akan membuat rejekimu semakin mengalir. Setidaknya kamu tidak perlu bergantung materi pada orang tua.

6. Melawan rasa gengsi dan perasaan malu tandanya kamu selangkah lebih berkualitas dari dirimu sebelumnya

7 Alasan Kenapa Kamu Gak Perlu Ragu Memilih Profesi Berbeda Jurusanpixabay/keshavnaidu

Dulu kamu merasa gengsi dan malu untuk bekerja tidak sesuai jurusan, tetapi dalam realita, kamu dituntut untuk bisa bekerja demi mencukupi kebutuhan sehari-hari. Menghilangkan rasa gengsi dan malu artinya kamu sudah semakin dewasa.

7. Meski kerap mendapat nyinyir, kamu tahu apa yang terbaik untuk dirimu sendiri

7 Alasan Kenapa Kamu Gak Perlu Ragu Memilih Profesi Berbeda Jurusanpixabay/cuncon

Meski tidak bekerja sesuai jurusan dan kerapkali mendapat nyinyir orang lain, kamu harus percaya bahwa kamu sudah memberikan yang terbaik untuk dirimu. Kamu tidak perlu takut dengan omongan orang lain.

Teruslah bekerja sesuai kemampuan yang ada. Meski tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan, kamu masih memiliki sejuta impian lain yang menunggu untuk dicapai.

Baca Juga: 5 Hal Krusial yang Sering Terabaikan karena Terlalu Sibuk Berkarier

Yenny Anggrainy Photo Community Writer Yenny Anggrainy

Penulis dan calon pengusaha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You