Comscore Tracker

6 Tanda Kalau Kamu Sudah Cukup Matang Menduduki Posisi Bos di Kantor

Sudah siap belum?

Dalam dunia pekerjaan, kamu pasti menginginkan karier yang terus meningkat. Salah satu incarannya adalah menjadi seorang bos. Namun, tidak semua orang dapat menjadi pemimpin yang baik dan disenangi. Apakah kamu sudah merasa baik untuk itu?

Coba intip tanda kalau kamu sudah cukup matang menduduki posisi bos berikut! Gunakan itu semua untuk menilai, apakah dirimu pantas menjadi seorang pemimpin atau masih harus mengembangkan diri?

1. Tanda yang pertama adalah kamu bisa memberi masukan yang membangun untuk lingkungan sekitarmu

6 Tanda Kalau Kamu Sudah Cukup Matang Menduduki Posisi Bos di Kantorunsplash.com/ Matt W Newman

Salah satu karakter pemimpin yang baik adalah mampu mengevaluasi individu lain secara objektif. Ia menawarkan masukan kritis, akan tetapi tetap membangun. Masukan tersebut akan membantu mereka untuk meningkatkan karier ke depannya.

Apakah kamu pernah memberikan masukan, lalu rekanmu menganggapnya berguna? Jika begitu, berikanlah dirimu apresiasi. Walaupun tidak mudah, terus kembangkan dirimu agar dapat terus memberikan masukan secara objektif akan permasalahan orang lain. 

2. Kamu dapat mengambil keputusan dengan tenang, walaupun situasinya tidak kondusif dan penuh tekanan

6 Tanda Kalau Kamu Sudah Cukup Matang Menduduki Posisi Bos di Kantorimdb.com

Mengambil keputusan dalam situasi tertekan, bukanlah hal yang mudah. Kamu harus berperilaku tenang dan berpikir dengan kepala dingin. Jika kamu memiliki kelebihan seperti itu, maka kamu memiliki kemampuan plus di mata orang-orang.

Tetaplah mengambil keputusan yang sesuai dan selaras dengan permasalahan yang ada! Kalau kamu sering dipuji karena bisa mengambil keputusan secara cepat, padahal situasinya tertekan, tandanya kamu sudah bisa memiliki kriteria seorang bos.

3. Berbeda dengan stigma umum seorang bos yang galak dan membuat segan, kamu adalah orang yang disukai oleh lingkungan kerja

6 Tanda Kalau Kamu Sudah Cukup Matang Menduduki Posisi Bos di Kantorimdb.com

Ini merupakan salah satu kriteria yang harus dipenuhi seorang pemimpin. Jika kamu tidak disukai oleh lingkungan sekitarmu, bagaimana kamu dapat memimpin mereka semua? Ini berarti kamu harus disukai oleh rekan kerja dan atasan.

Sebagai manusia, kamu tidak dapat menyenangkan semua orang. Namun sebagai pemimpin, kamu harus berusaha menyenangkan semua pihak. Jika sulit melakukannya, setidaknya kamu dapat menjadi orang yang menghormati lingkunganmu. Hal tersebut membuat rekan-rekan kerjamu ikut menghormatimu juga, bukan?

Penting bagi seorang pemimpin untuk mengambil hati rekan kerja. Ini agar kamu dapat menumbuhkan rasa kepercayaan mereka terhadap setiap keputusan yang dibuat. 

Baca Juga: 6 Soft Skill yang Akan Kamu Miliki Ketika Menjadi Seorang Pemimpin

4. Kamu merupakan seseorang yang dapat memegang tanggung jawab dari orang-orang di bawah posisimu selama ini

6 Tanda Kalau Kamu Sudah Cukup Matang Menduduki Posisi Bos di KantorPexels.com/Brucemars

Seorang pemimpin akan menerima berbagai tanggung jawab dari orang-orang yang bekerja di bawah pengawasanmu. Apa yang mereka lakukan, akan jadi tanggung jawabmu juga. Apa yang mereka capai, akan menjadi pencapaianmu juga. Apa yang mereka lakukan, itu merupakan cerminan dari usahamu untuk memimpin serta membimbingnya.

5. Kamu bisa mengatur orang-orang yang berada di lingkunganmu dalam mencapai visi dan misi perusahaan

6 Tanda Kalau Kamu Sudah Cukup Matang Menduduki Posisi Bos di Kantorpexels/Christina Morillo

Sejalan dengan poin sebelumnya, kemampuan mengatur orang adalah syarat wajib jika ingin menjadi bos yang baik. Kamu akan memegang tanggung jawab untuk mengatur orang-orang dengan berbagai kepribadian. Di samping itu, kamu membantu mereka mewujudkan potensinya. 

Ini memang merupakan tanggung jawab yang berat. Namun, sikap itulah yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik. Kamu harus dapat membimbing dan membawa mereka agar berkembang demi kariernya di masa mendatang.

6. Kamu berani berkata "tidak" terhadap suatu hal yang tidak sesuai dengan tujuan bersama perusahaan

6 Tanda Kalau Kamu Sudah Cukup Matang Menduduki Posisi Bos di Kantorpexels.com/@rawpixel

Walau banyak yang harus dikerjakan, kamu memerlukan prioritas waktu dan kemampuan. Jangan berpikir bahwa pemimpin harus bisa mengerjakan segala hal dalam sekali waktu! Kamu juga harus bisa memprioritaskan beberapa hal untuk dikerjakan dan menjadi fokus utama terlebih dahulu. 

Permintaan bantuan kepada dirimu dari rekan kerja, pasti akan banyak. Maka dari itu, kamu harus berani berkata "tidak" pada hal yang belum menjadi prioritas. Tetaplah fokus terhadap suatu hal yang harus dikerjakan terlebih dahulu

Salah satu kunci menjadi seorang pemimpn yang baik adalah dapat mengatur beban kerja dan sumber daya. Selain memperhatikan kinerjanya, kamu harus bisa memprioritaskan kesehatanmu dan tim. Tim yang bekerja berlebihan, tidak akan menjadi tim yang produktif.

Berapa banyak dari enam poin di atas yang kamu miliki? Jika ada empat poin atau lebih, itu tanda kalau kamu sudah cukup matang menduduki posisi bos di kantor. Jika belum, jangan berkecil hati! Kamu bisa belajar dan memperbaiki diri untuk menjadi calon pemimpin yang baik. 

Baca Juga: 5 Film tentang Pentingnya Sikap Kepemimpinan, Wajib Nonton!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya