Comscore Tracker

Ternyata CV, Resume dan Cover Letter Itu Hal yang Berbeda lho!

Pasti selama ini kamu menganggapnya sama.

CV, resume, dan cover letter berguna untuk kamu dalam melamar pekerjaan. Bukan hanya pekerjaan tetap, namun bagi kamu yang akan magang dan hobi kerja paruh waktu, hal ini pun diperlukan untuk meyakinkan pihak perusahaan agar menerimamu bergabung bersama mereka. 

Ketiga hal tersebut pun menjadi langkah awal kamu dalam menembus dunia profesional. Dirimu pun akan dilihat pertama kali melalui CV atau resume dan cover letter. Namun nyatanya ketiga hal tersebut berbeda lho, ini dia beberapa perbedaannya.

1. CV berisikan informasi yang lebih detail, kalau resume dibuat secara singkat dan ringkas

Ternyata CV, Resume dan Cover Letter Itu Hal yang Berbeda lho!unsplash.com/Trent Szmolnik

CV merupakan penjabaran yang mendetail mengenai informasi dirimu. Isinya mencakup latar belakang pendidikan, gelar yang didapat, penghargaan, penelitian yang pernah dilakukan, pengalaman, pengalaman, serta data dan latar belakang dirimu secara lengkap. Hal-hal tersebut harus bisa kamu jelaskan secara detail dan mendalam di CV-mu.

Sedangkan resume lebih menyajikan informasi secara singkat yaitu latar belakang pendidikan, sejarah pekerjaan yang pernah kamu lakukan, prestasi, dan kemampuan yang kamu miliki. Selain itu terdapat pula beberapa bagian pilihan yang bisa kamu tambahkan sendiri. 

Buatlah keduanya dengan menggunakan bahasa yang lebih mudah dimengerti dan mudah dipahami. Bagi kamu yang menyukai kreativitas, bisa juga kamu menghiasnya namun jangan berlebihan. Dengan begitu terlihat bahwa kamu memang sangat bertekad untuk menduduki jabatan tersebut. 

2. Karena CV lebih detail, biasanya sebanyak 2-3 halaman sedangkan resume 1-2 halaman

Ternyata CV, Resume dan Cover Letter Itu Hal yang Berbeda lho!Pexels.com/Startup Stock Photos

CV dengan informasi yang lebih detail biasanya akan menghasilkan sekitar dua sampai tiga halaman. Walaupun detail tetapi jangan sampai dibuat terlalu panjang ya, karena nantinya akan membuat perusahaan bingung dalam membaca isi CV-mu. 

Sedangkan resume biasanya hanya satu sampai dua halaman saja karena isinya yang lebih singkat dan ringkas. Jangan terlalu banyak dalam menyajikan informasi karena bisa saja nantinya jadi beralih seperti CV. Jadi buatlah lebih ringkas dan mudah dimengerti ya!

3. Walaupun berbeda tetapi tujuannya dibuat CV dan resume itu sama, yaitu untuk merangkum pengalaman dan skill yang kamu miliki

Ternyata CV, Resume dan Cover Letter Itu Hal yang Berbeda lho!unsplash.com/Wenyang

CV dan resume memang berbeda jika dilihat dari isinya, namun tujuan dibuatnya CV dan resume itu sama yaitu untuk memberikan ringkasan mengenai kemampuan dan pengalaman yang kamu miliki. Isinya pun merupakan informasi yang bersangkutan dengan bagian kamu dalam melamar kerja. 

Dari CV atau resume pun perusahaan dapat melihat kepribadian dirimu lho. Selain itu, niatmu dalam melamar pekerjaan pun dapat dinilai dari isi dan bentuk CV serta resume.

Baca Juga: Jika Isi CV & Resume-mu Kurang Menarik, "Poles" dengan 7 Cara Cerdas Ini!

4. Berbeda dengan CV dan resume, cover letter merupakan surat lamaran yang berfungsi untuk melengkapi informasi

Ternyata CV, Resume dan Cover Letter Itu Hal yang Berbeda lho!Pexels/Christina Morilla

Cover letter merupakan sebuah surat pengantar yang membantu melengkapi isi CV dan resume. Surat ini juga berisikan informasi tambahan tentang keahlian dan pengalaman kamu. Karena CV dan resume hanya bisa mencakup informasi yang terbatas, maka cover letter memberikan informasi yang lebih terperinci. 

Jika membuat cover letter, jangan hanya mengulangi informasi yang ada di CV atau resume, tetapi informasi yang disajikan harus lebih terperinci. Isinya juga harus mencakup apa yang perusahaan harus tahu mengenai dirimu, tujuan kamu bekerja dalam bidang tersebut, serta apa dampak yang akan kamu berikan ke pihak perusahaan. Biasanya cover letter dikirimkan bersamaan dengan CV atau resume-mu.

5. Kamu bisa menjadikan cover letter sebagai ajang promosi diri

Ternyata CV, Resume dan Cover Letter Itu Hal yang Berbeda lho!Pexels.com/Mentatdgt

Cover letter juga dapat kamu jadikan sebagai ajang promosi diri. Apa yang kamu tidak bisa tuliskan di dalam CV atau resume dapat kamu tuliskan di surat tersebut. Kamu bisa menjabarkan secara detail apa saja kelebihan dan kemampuan kamu yang sesuai dengan jabatan yang kamu lamar.

Dengan begitu pihak HRD bisa lebih mengenal kamu dan mengetahui secara detail kemampuan dan pengalaman kamu. Ini bisa kamu jadikan senjata juga agar dapat dipanggil ke tahap interview.

Sekarang kamu sudah tahu bedanya kan?

Baca Juga: 6 Kesalahan Saat Menulis CV Ini Bikin Kamu Tak Kunjung Dapat Panggilan

Topic:

  • Yolanda Vania
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya