Comscore Tracker

5 Cara Menghadapi Rekan Kerja Introvert Saat Diberi Proyek Bersama

Ternyata ada cara tersendiri lho!

Dalam bekerja, kamu pasti akan bertemu rekan kerja dengan berbagai kepribadian. Salah satunya adalah rekan kerja yang introvert. Orang dengan kepribadian introvert dan ekstrovert tidak memiliki banyak perbedaan, hanya saja cara komunikasinya yang berbeda. 

Seseorang yang introvert sulit untuk mengungkapkan ide dan berbicara, sehingga ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi rekan kerja yang introvert. Ini dia 5 cara yang bisa kamu lakukan jika memiliki proyek bersama dengan rekan kerja yang introvert. 

1. Mengenalnya dan memahami cara komunikasi rekan kerjamu menjadi hal utama yang harus dilakukan

5 Cara Menghadapi Rekan Kerja Introvert Saat Diberi Proyek BersamaUnsplash/Toa Heftiba

Orang introvert memang jarang berbicara jika dianggap tidak perlu untuk mengungkapkan suatu hal yang penting. Sehingga penting bagi kamu untuk berusaha mengenalnya terlebih dahulu dan mendekatkan diri secara personal dengan rekan kerjamu. Cobalah untuk mencari tahu hal-hal kecil mengenai dirinya.

Hal itu akan membantumu untuk mengenali karakter rekan kerjamu. Kamu juga bisa memberikan perhatian lebih kepada orang tersebut. Dengan begitu rekan kerja yang introvert akan lebih nyaman kepadamu dan lebih berani untuk berbicara dan mengeluarkan pendapat. 

2. Bagi tugas secara detil agar rekan kerjamu tidak perlu banyak bertanya untuk mengerjakan tanggung jawabnya

5 Cara Menghadapi Rekan Kerja Introvert Saat Diberi Proyek BersamaUnsplash.com/Kobu Agency

Orang introvert biasanya sulit memulai pembicaraan terlebih dahulu dan memilih untuk mengerjakan yang sudah ada. Nah, oleh karena itu, sebaiknya kamu membagi tugas secara detail sesuai dengan tanggung jawab masing-masing. Ini cara jitu agar rekan kerjamu tidak salah dalam mengerjakan tanggung jawabnya.

Selain itu, cara ini bisa mengantisipasi agar pekerjaan cepat selesai. Kamu juga bisa memanfaatkan komunikasi secara online seperti email atau aplikasi chat. Komunikasi tanpa bertatap muka biasanya lebih disukai oleh orang yang introvert dan pastinya bisa berbicara lebih banyak dengannya.

3. Jangan pernah mengubah waktu yang telah direncanakan karena mereka sangat menghargai waktu dan jadwal yang sudah dibuat

5 Cara Menghadapi Rekan Kerja Introvert Saat Diberi Proyek BersamaPexels.com/The Coach Space

Orang yang memiliki sifat introvert akan sangat menghargai waktu. Karena itu, jangan sampai kamu mengubah jadwal yang sudah dibuat bersamanya jika tidak mendesak. Usahakan selalu mengikuti apa yang telah ditentukan.

Selain itu jangan lupa untuk memberikan jeda waktu untuk setiap jadwal yang ada, sehingga rekan introvert dapat memiliki waktu untuk berpikir dan menemukan ide-ide baru untuk project ke depannya. Dengan begitu kamu menghargai setiap waktu mereka sehingga kamu pun akan dihargai.

Baca Juga: 5 Kualitas yang Membuat Introvert Istimewa dengan Caranya Sendiri

4. Beri rekan kerjamu waktu berpikir, karena orang introvert membutuhkan waktu untuk menganalisis permasalahan dan mencari solusi

5 Cara Menghadapi Rekan Kerja Introvert Saat Diberi Proyek BersamaPexels.com/Startup Stock Photos

Bekerja sama dengan rekan kerja yang introvert memang bukan hal yang mudah. Kamu membutuhkan pengetahuan lebih mengenai karakter yang mereka miliki. Mereka juga lebih membutuhkan waktu sendiri agar dapat mengisi kembali energi mereka untuk bertemu dan berbicara dengan orang lain.

Dengan begitu, berilah mereka ruang untuk berpikir dan menyendiri. Hal itu juga bisa membuat mereka mendapatkan lebih banyak ide untuk project yang sedang kalian kerjakan. Jangan pernah juga mendesaknya untuk dapat melontarkan ide secara spontan, karena itu akan mengejutkannya. Penting untuk memberi mereka ruang untuk berpikir.

5. Penting juga memberinya ruang untuk berkembang agar menjadi pribadi yang lebih baik dan mau terbuka

5 Cara Menghadapi Rekan Kerja Introvert Saat Diberi Proyek BersamaPexels.com/@burst

Saat mengerjakan proyek tersebut, kamu merupakan rekan kerja yang lebih dekat dengannya dari pada yang lain. Hal itu bisa dimanfaatkan untuk mengajaknya lebih terbuka dengan rekan-rekan yang lain. Kamu bisa mengajaknya untuk berkenalan dengan beberapa rekan yang berhubungan dengan proyek kalian. 

Jangan pernah meremehkan cara mereka berkomunikasi, berikan mereka ruang juga untuk berkembang. Jangan karena keterbatasan para introvert dalam berkomunikasi, sehingga kamu memilih mencari rekan yang lain untuk mengerjakan suatu hal. Dengan begitu kamu akan membuatnya berkecil hati dan membuatnya sulit berkembang. 

Serta jangan pernah berasumsi mengenai hal yang mereka lakukan, karena hal itu belum tentu sesuai pemikiranmu. Sebaiknya tanyakan langsung jika ada sesuatu yang mengganjal. 

Baca Juga: 5 Cara Ambil Hati Cewek Introvert, Catat Bro!

Topic:

  • Yolanda Vania
  • Pinka Wima

Just For You