Comscore Tracker

Dipanggil Wawancara Kerja Secara Online? Ini yang Harus Kamu Siapkan!

Jangan meremehkan wawancara online!

Seiring perkembangan zaman, wawancara kerja tidak harus dilakukan secara tatap muka. Jaringan internet yang semakin canggih, membuat interview bisa berjalan secara online. Terlebih, jika kamu melamar pekerjaan di kota yang berbeda dengan domisilimu. Namun, jangan pernah meremehkan wawancara jenis ini!

Bagaimana pun cara wawancara dilakukan, ini akan selalu menjadi pendukungmu untuk masuk dalam perusahaan tersebut. Jadi, pastikan kamu siap melakukan wawancara secara daring. Ini dia yang harus kamu siapkan untuk melakukan wawancara secara online

1. Utamakan tetap berpakaian rapi walaupun kamu interview online. Sebab, bisa saja HRD atau user mengajakmu wawancara dengan video call

Dipanggil Wawancara Kerja Secara Online? Ini yang Harus Kamu Siapkan!freepik.com/yanalya

Jangan remehkan penampilan saat mengikuti interview online! Tetaplah gunakan pakaian yang rapi, seperti kamu mengikuti wawancara tatap muka. Bisa saja, awal perusahaan menghubungi, mereka menyampaikan proses wawancara dilakukan via telepon.

Tapi kita tidak bisa menerka, jika nanti perusahaan akan mengajakmu wawancara via video call. Sebut saja lewat aplikasi Skype, Google Hangouts, Whatsapp Video Call, atau lainnya.

2. Siapkan catatan dan alat tulis untuk mencatat setiap poin yang disampaikan HRD atau pun user

Dipanggil Wawancara Kerja Secara Online? Ini yang Harus Kamu Siapkan!freepik.com/katemangostar

Menyiapkan catatan sangatlah penting. Ini sebagai pengingat poin-poin yang kamu butuhkan saat wawancara. Seperti kapan tanggalnya, apa tugas selanjutnya, atau apa yang harus kamu bawa di kemudian hari.

Selain itu, kamu juga bisa mencatat terlebih dahulu nama pewawancara atau menggali info mengenai perusahaan yang dilamar. Ini demi memperlancar proses wawancara. 

Baca Juga: Mau Interview Pekerjaan? Ini 5 Hal yang Tak Patut Kamu Lakukan

3. Pastikan jaringan internetmu lancar! Carilah tempat yang kondusif dan nyaman sebelum memulai interview!

Dipanggil Wawancara Kerja Secara Online? Ini yang Harus Kamu Siapkan!freepik.com

Jaringan internet merupakan hal terpenting untuk melaksanakan wawancara online. Jika tak lancar, pesan yang ingin disampaikan tidak sampai dengan baik. Carilah tempat yang kondusif agar suara yang masuk, tidak bising.

Pastikan tidak ada yang mengganggu proses wawancara juga. Paling aman, lakukan wawancara dari dalam kamar dengan mengunci pintu. Tak ketinggalan, tulisan jangan mengganggu di pintu kamar. 

4. Walaupun wawancara berlangsung via internet, tetap perhatikan gaya nonverbal, bahasa, dan intonasi bicara!

Dipanggil Wawancara Kerja Secara Online? Ini yang Harus Kamu Siapkan!freepik.com

Penting sekali untuk melakukan gerakan nonverbal agar kamu terlihat dapat berkomunikasi dengan baik. Ini juga akan menunjukkan bahwa kamu nyaman serta antusias berbicara dengan pewawancara. 

Selain itu, perhatikan penggunaan bahasa dan intonasi. Karena melalui online, pemilihan kata-kata dan intonasi berbicara sangat penting diperhatikan. Ini agar penyampaian pesan sesuai dengan tujuan utamamu. 

5. Di akhir sesi, jangan tutup telepon lebih dahulu! Biarkan HRD atau user yang pertama kali mengakhirinya

Dipanggil Wawancara Kerja Secara Online? Ini yang Harus Kamu Siapkan!freepik.com

Untuk menghormati pewawancara, biarkanlah ia yang menutup telepon terlebih dahulu! Jika kamu yang menutup lebih dulu, ditakutkan ada informasi terakhir yang lupa disampaikan. Kalau pewawancara sudah melakukannya, tandanya semua informasi sudah tersampaikan. 

Itu dia yang harus kamu siapkan untuk melakukan wawancara secara online. Semoga berguna untukmu yang sedang melamar pekerjaan jarak jauh! 

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Supaya Interview Kerjamu Berakhir Sukses

Topic:

  • Yolanda Vania
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya