Comscore Tracker

5 Artis Indonesia Ini Selamatkan Lingkungan Lewat Gerakan

Udah saatnya kasih bukti, jangan cuma janji

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan lingkungan. Selain berkampanye di media sosial, kita juga bisa melakukan aksi nyata untuk mengajak masyarakat turun tangan merawat lingkungan.

Lima artis Indonesia di bawah ini membuktikan kepedulian mereka terhadap lingkungan melalui berbagai gerakan. Siapa aja mereka? Ini dia ulasannya dari youngontop.com.

1. Hamish Daud

5 Artis Indonesia Ini Selamatkan Lingkungan Lewat Gerakaninstagram.com/hamishdw

Kepedulian Hamish terhadap lingkungan dibuktikan dengan mendirikan Indonesia Ocean Pride, sebuah yayasan konservasi laut di Indonesia yang berusaha menghubungkan kembali masyarakat dengan laut.

Lewat Indonesian Ocean Pride, Hamish dan beberapa rekan pendiri yayasan ini ingin menumbuhkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga laut serta ekosistem yang hidup di dalamnya. Hamish juga berharap semua kekayaan alam Indonesia, khususnya laut bisa dinikmati oleh anak cucu kita di masa mendatang. Keren banget, ya!

2. Nadine Chandrawinata

5 Artis Indonesia Ini Selamatkan Lingkungan Lewat Gerakaninstagram.com/nadinelist

Putri Indonesia 2005 ini juga dikenal aktif mengampanyekan pentingnya menjaga dan menyelamatkan bumi. Gak hanya itu, Nadine juga membuktikan kepeduliannya terhadap lingkungan dengan membentuk Sea Soldier, sebuah gerakan dan yayasan yang berfokus pada komitmen diri dan aksi nyata dalam menyebarkan virus ramah lingkungan.

Beberapa kegiatan yang pernah dilakukan Nadine bersama Sea Soldier, di antaranya bersih-bersih sampah di Taman Suroboyo, Taman Nasional Bunaken, hingga kampanye sedotan antiplastik.

Baca Juga: Ikut Peduli Lingkungan, Oded Ajak Bikers Dukung Program Kang Pisman

3. Tulus

5 Artis Indonesia Ini Selamatkan Lingkungan Lewat Gerakaninstagram.com/temangajahtulus

Kian menurunnya populasi gajah di Indonesia menggerakkan hati Tulus dengan menginisiasi sebuah gerakan yang ia beri nama Teman Gajah. Gerakan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pelestarian gajah melalui aksi memberikan sejumlah kalung pendeteksi lokasi gajah.

Kalung ini telah diberikan kepada beberapa gajah di Sumatra. Kepedulian Tulus terhadap lingkungan juga dibuktikan dengan menjalani pola hidup mengurangi limbah plastik. Oh ya, Tulus juga turut mengampanyekan kurangi sampah plastik ini melalui lagu yang ia ciptakan sendiri, lho.

4. Nicholas Saputra

5 Artis Indonesia Ini Selamatkan Lingkungan Lewat Gerakaninstagram.com/nicholassaputra

Sama seperti Tulus, pemeran Rangga dalam film Ada Apa Dengan Cinta? ini juga memiliki kepedulian terhadap lingkungan melalui aksinya dalam pelestarian populasi gajah. Lewat Instagramnya, Nico kerap membagikan kegiatannya dalam merawat gajah, salah satunya di wilayah konservasi gajah di Tangkahan, Sumatra Utara.

Nico juga membagikan cerita gajah dan manusia yang hidup saling berdampingan di Desa Pameu, pedalaman Aceh lewat film yang digarapnya: Semesta. Saat ini, Nico juga tengah melakukan penggalangan dana untuk masyarakat kurang mampu, anak yatim, mahout 'pawang' gajah di kawasan Tangkahan yang terkena dampak ekonomi karena pandemik COVID-19.

5. Nadya Hutagalung

5 Artis Indonesia Ini Selamatkan Lingkungan Lewat Gerakaninstagram.com/nadyahutagalung

Saat ini, Nadya menjabat sebagai UN Environment Goodwill Ambassador yang berfokus melindungi sejumlah hewan langka yang masih memiliki habitat di Indonesia. Nadya sendiri memiliki perhatian terhadap pelestarian gajah dan orang utan yang ada di Indonesia.

Bahkan, Nadya juga turut mengedukasi langsung ke masyarakat di Sumtera Utara mengenai adanya spesies orang utan baru di sana. Hingga saat ini, Nadya juga masih aktif berkeliling ke pusat konservasi hewan di berbagai Negara.

Selain itu, Nadya juga pernah ditunjuk sebagai Duta Global Earth Hour dan WWF Elephant Warrior karena kepeduliannya terhadap lingkungan yang sangat tinggi.

Itu dia 5 artis Indonesia yang peduli lingkungan hidup. Semoga bisa menginspirasi dan penyemangat buat kita untuk bisa memulai aksi menyelamatkan lingkungan ya!

Yuk baca artikel seru dan inspiratif lainnya di youngontop.com!

Baca Juga: Helper Goes to School Makassar Mengajak Murid TK Peduli Lingkungan

Young On Top Photo Verified Writer Young On Top

Community-organization nya anak muda Indonesia yang tersebar di 25 kota di Indonesia!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha
  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya