Comscore Tracker

5 Alasan Gak Perlu Khawatir Bila Pekerjaan Gak Sesuai Jurusan Kuliah

Kata siapa kerja gak sesuai jurusan kuliah itu sia-sia?

Apakah kamu saat ini lagi dihadapkan pada kenyataan berkarir tapi gak sesuai dengan jurusan kuliah? Akhirnya kamu galau buat ambil pekerjaan tersebut atau gak, takut gak bisa bekerja dengan baik karena gak pernah tau bidang pekerjaan yang akan dijalani. Sebenernya bekerja gak sesuai jurusan kuliah itu gak masalah lho, guys!

1. Kamu bisa asah soft skill dan hard skill

5 Alasan Gak Perlu Khawatir Bila Pekerjaan Gak Sesuai Jurusan Kuliahunsplash.com/mimi thian

Soft skill sendiri berupa kemampuan untuk memimpin, bekerja di dalam sebuah tim, manajemen waktu dan sebagainya. Sedangkan hard skill berupa keahlian utama yang dibutuhkan dalam suatu pekerjaan, seperti ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan teknis.

Nah, kamu bisa mengasah soft skill kamu di pekerjaan tersebut. Kamu bisa belajar bekerja di dalam sebuah tim, bagaimana caranya berkomunikasi yang baik. Begitu pun dengan hard skill yang bisa terasah seiring dengan komitmen ingin belajar yang kamu miliki. Kalau pertimbanganmu gak mau ambil pekerjaan pertama karena gak menguasai bidang pekerjaannya, sebenernya itu cuma alasan. Kamu bisa belajar supaya tahu dan menambah pengalaman.

2. Kamu bisa belajar beradaptasi

5 Alasan Gak Perlu Khawatir Bila Pekerjaan Gak Sesuai Jurusan Kuliahunsplash.com/brooke cagle

Kamu juga bisa belajar beradaptasi dan juga bisa mendapatkan banyak teman dari beragam profesi. Tentunya gak akan sia-sia karena siapa tahu nantinya teman kerjamu bisa jadi teman bisnismu. Iya gak? Gak cuma itu sih, kamu juga bisa belajar banyak dari mereka.

Baca Juga: 5 Langkah Pilihan Fresh Graduate Setelah Kamu Lulus Kuliah Sarjana

3. Lebih siap menghadapi dunia profesional yang sesungguhnya

5 Alasan Gak Perlu Khawatir Bila Pekerjaan Gak Sesuai Jurusan Kuliahunsplash.com/Sebastian Herrmann

Ketiga, kamu juga belajar dalam menghadapi kompleksitas dunia profesional. Dunia karir dan kuliah itu jauh berbeda. Dalam bekerja, kamu akan menemui berbagai permasalahan yang gak pernah kamu tau dan pelajari data kuliah.

Oleh karena itu banyak banget first jobber yang kaget saat masuk ke dunia profesional. Apalagi mereka yang dulunya pas kuliah pengen cepet-cepet kerja, wah biasanya yang paling gampang nyesel tuh pas beneran masuk ke dunia kerja.

4. Sukses gak ditentukan dari karir yang sejalan dengan jurusan kuliah

5 Alasan Gak Perlu Khawatir Bila Pekerjaan Gak Sesuai Jurusan Kuliahunsplash.com/Razvan Chisu

Jalan menuju sukses bisa dari mana saja. Meskipun karir kamu gak sesuai jurusan kuliah, kalau kamu bisa menunjukkan kontribusi terbaik dan inisiatif yang tinggi, gak menutup kemungkinan kamu akan dipromosikan jabatan. Sukses dengan mudah diraih di depan mata. Sekali lagi, harus diimbangi dengan kegigihan dan komitmen yang kuat.

5. Pekerjaan pertama bikin kamu semakin bersyukur

5 Alasan Gak Perlu Khawatir Bila Pekerjaan Gak Sesuai Jurusan Kuliahunsplash.com/pedro lima

Di sisi lain, kita juga tau gak mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Nyatanya di dunia pekerjaan itu kamu harus bersaing dengan ribuan first jobber atau bahkan dengan mereka yang sudah memiliki pengalaman bekerja. Makanya, kamu harus bersyukur dengan pekerjaan pertama yang kamu dapatkan.

Jadikan pekerjaan pertama tersebut sebagai tempat kamu belajar sebaik-baiknya. Kamu harus belajar supaya bisa beradaptasi dan mencari pengalaman. Semua yang bisa dikerjakan juga banyak yang berawal dari nol. Tapi karena belajar, akhirnya jadi bisa. Iya gak?

Nah, sekarang udah jelas kan? Gak masalah kok kalo kita harus berkarir gak sesuai dengan jurusan kuliah. Karena sukses itu ditentukan dari seberapa besar kita mau bekerja keras. Oh iya, kalo kamu mau baca artikel seru dan inspiratif lainnya, langsung aja ke youngontop.com ya dan jangan lupa follow Twitter dan Instagram @youngontop!

Baca Juga: Punya Pekerjaan Baru? Ini 5 Tips yang Harus Kamu Tahu!

Young On Top Photo Verified Writer Young On Top

Community-organization nya anak muda Indonesia yang tersebar di 25 kota di Indonesia!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya