Comscore Tracker

7 Cara Mengelola Stres Secara Efektif di Tempat Kerja ala Jay Shetty

Bebas cemas dan cerdas mengelola stres saat bekerja

Semakin lama kita hidup, diri kita dihadapkan dengan banyak hal yang mencemaskan dan membuat kita stres. Berbahaya jika kecemasan dan stres terus-menerus dialami dalam waktu yang berkepanjangan, utamanya di lingkungan tempat kita bekerja sehari-hari.

Karena biaya kesehatan diakibatkan stres di lingkungan kerja melebihi biaya kesehatan diakibatkan terkena penyakit lainnya. Seperti halnya serangan jantung dan stroke mendadak yang berakibat kematian dikarenakan tekanan dan beban pekerjaan yang kerap terjadi di Jepang. Berikut ini 7 tips dari Jay Shetty agar kita dapat terhindar dari rasa cemas dan dapat mengelola stres di tempat kerja.

1. Fokuslah pada apa yang dapat kita kendalikan, bukan pada apa yang tidak dapat kita kendalikan

7 Cara Mengelola Stres Secara Efektif di Tempat Kerja ala Jay ShettyPexels.com/Bruce Mars

Menurut Jay Shetty satu hal yang menjadi penyebab stres terbesar ialah ketika kita mengalami atau merasakan beberapa hal yang tidak dapat kita kendalikan. Pada kenyataannya banyak hal ada di luar kendali kita.

Jay mengutip perkataan Stephen R. Covey perilhal lingkup pengaruh versus lingkup fokus, yang mana kebanyakan kita menghabiskan waktu dalam lingkup fokus yang tidak dapat kita kendalikan. Misalnya seperti cuaca, manajer di tempat kerja, perubahan kerja hirarkis, yang ketika kita pikirkan, bicarakan dan diskusikan tentangnya membuat kita merasa lebih stres. Karena kita lebih-lebih tidak dapat mengendalikannya dengan membicarakan hal-hal tersebut.

Namun ketika kita menghabiskan waktu pada lingkup pengaruh, di situlah seluruh dampak berada. Misalnya seperti kinerja kita, jaringan kerja kita, pemahaman akan kecakapan atau keterampilan kunci yang kita perlukan, kecepatan pembelajaran kita terhadap kecakapan atau keterampilan baru. Itu semua adalah hal-hal yang dapat kita kendalikan.

Upayakan agar waktu kita lebih banyak dihabiskan pada lingkup pengaruh yang dapat kita kendalikan, dibandingkan pada lingkup fokus yang tidak dapat kita kendalikan. Sehingga kita terhindar dari hal-hal yang membuat kita mudah cemas berlebihan dan stres berkepanjangan.

2. Berpikirlah ke depan dan berharap perubahan

7 Cara Mengelola Stres Secara Efektif di Tempat Kerja ala Jay ShettyPexels.com/Bruce Mars

Menurut Jay, satu kemungkinan akar penyebab penderitaan kita ialah hasrat kita yang menginginkan sesuatu tetap dalam keadaan yang sama. Karena tidak ada hal yang tetap.

Ketika kita menerima bahwa semua hal berubah, ketika kita berpikir jauh ke depan, kita berharap perubahan, dan kita berubah, tumbuh serta belajar secara konstan, kita menguasai kemampuan untuk menjadi nyaman dengan perubahan.

Ketika kita berpikir ke depan, merencanakan dan menyiapkan untuk perubahan, maka hal demikianlah yang membuat perubahan. Ketika semua berjalan baik atau lancar, saat itulah kita bekerja lebih keras, bekerja cerdas dan kita melangkah lebih jauh.

Melalui pemahaman bahwa tidak ada hal yang tetap dan secara konsisten berharap pada perubahan merupakan hal yang sangat bermanfaat. Sehingga kita terlepas dari rasa cemas dan stres yang berkepanjangan, terutama di lingkungan kerja.

3. Jaringan kerja (network) kita adalah aset atau nilai jaringan (net-worth) kita

7 Cara Mengelola Stres Secara Efektif di Tempat Kerja ala Jay ShettyPexels.com/Rebrand Cities

Menurut Jay, hubungan kita dengan orang lain adalah hal yang paling penting di lingkungan kerja. Melalui hubungan tersebut orang lain akan memberitahumu bahwa di lingkungan kerja bukanlah tentang apa yang kita ketahui, namun siapa yang kita ketahui.

Namun demikian, kita jarang mengenal orang-orang yang berada di lingkup tim dan pengelola atau manajer kita. Hal itu amat vital karena kita menghabiskan waktu dan memahami lingkup bisnis orang lain, memperluas pengetahuan kita, dan mengikatkan diri pada organisasinya yang lebih besar.

Hal yang membuat kita stres di lingkungan kerja ialah kita pikir bahwa kita tidak mempunyai pilihan. Menurut Jay, pilihan yang dimaksud ialah pilihan-pilihan yang ada di dalam dan di luar perusahaan.

Kita mengurangi stres ketika kita mengetahui adanya tuntutan untuk kita di dalam dan di luar perusahaan dikarenakan hubungan kita dengan orang lain. Karena saat itu kita menyadari bahwa kita tidak bergantung kepadanya. 

Hal yang membuat stres dari tidak adanya pilihan ialah ketika kita berpikir bahwa hubungan kita dengan seseorang dan satu tempat kerja inilah satu-satunya tempat saya mendapatkan pekerjaan atau bekerja. Lain halnya jika kita mengetahui ada pilihan lain, kita telah mengeksplorasinya, kita akan merasa lebih percaya diri.

Baca Juga: 5 Cara Menyikapinya Agar Tidak Stres Kerja di Bawah Tekanan

4. Tetaplah belajar dan buatlah diri kita lebih bernilai

7 Cara Mengelola Stres Secara Efektif di Tempat Kerja ala Jay ShettyPexels.com/Bruce Mars

Menurut Jay ada banyak hal yang perlu kita pelajari berkenaan dengan bidang pekerjaan kita. Karena kita yang tetap terus belajar membuat diri kita lebih bernilai dan beradaptasi dengan perubahan. Banyak contoh hal yang mesti diketahui dan keterampilan atau kecakapan yang dapat kita pelajari berkenaan dengan industri kita bekerja.

Keterampilan atau kecakapan apa saja yang kita rasa perlu kita pelajari, apa yang sedang terjadi dalam industri yang kita geluti atau tekuni, pembicaraan apa saja yang dibicarakan berkenaan dengan industri bidang pekerjaan kita dan industri-industri paralel yang dapat mendisrupsi industri pekerjaan kita. Apakah kita sadar dengan pembicaraan-pembicaraan tersebut?

Hal-hal di atas juga mengurangi kita memikirkan dan menghabiskan waktu dari hal-hal yang membuat kita stres. Selain itu juga mengalihkan fokus pikiran dan kerja kita pada sesuatu yang membuat kita lebih percaya diri.

Utamanya saat kita dapat memahami pembicaraan dan menambah nilai berdasar pada pembacaan kita terhadap hal-hal yang ada di luar diri kita. Saat itulah kita membuat diri kita merasa lebih bernilai dan akan membuat kita bernilai. Karena kita terus dan konsisten belajarlah yang membuat semua hal berubah.

5. Metode "fokuslah, kemudian bebas"

7 Cara Mengelola Stres Secara Efektif di Tempat Kerja ala Jay ShettyPexels.com/Christina Morillo

Metode fokuslah, kemudian bebas ala Jay ini merupakan metode yang digunakan untuk mengatasi dua jam distraksi dan terdistraksi setiap tujuh menit sekali. Menurut Jay, kita mesti menciptakan pembagian waktu fokus kerja sekitar 60 hingga 90 menit, kemudian memiliki waktu sekitar 10 hingga 15 menit waktu bebas beristirahat.

6. Menghilangkan stres yang dipaksakan oleh diri sendiri

7 Cara Mengelola Stres Secara Efektif di Tempat Kerja ala Jay ShettyPexels.com/Kaboompics.com

Jay menyarankan agar kita kembali ke hal-hal yang dapat kita kendalikan. Kita tidak dapat mengendalian orang lain, namun kita dapat mengendalikan stres yang dipaksakan oleh diri kita sendiri. Jika kita melihat stres sebagai sesuatu yang dapat kita gunakan secara positif, kita dapat membuat stres membantu kita menjadi fokus dan mengubah pengalaman stres kita dari pengalaman negatif menjadi pengalaman positif.

Penyikapan dan persepsi kita terhadap stres sesungguhnya mengubah dampak stres terhadap diri kita. Jika kita melihat stres sebagai sesuatu yang buruk dan negatif, pengalaman kita berkenaan dengan stres akan menjadi buruk dan negatif.

Namun jika kita merasakan sesuatu yang positif berkenaan dengan stres dan kita dapat memanfaatkan serta melibatkan stres tersebut sehingga membuat kita menjadi fokus serta penuh perhatian, maka hal itulah yang akan terjadi.

Kita dapat memanfaatkan stres kita untuk mempelajari tentang sesuatu yang tidak kita ketahui, atau menjadikan stres membuat kita merasa buruk dan menyeret diri kita ke keadaan terpuruk. Sikap dan persepsi kita terhadap stres merupakan pilihan diri kita sendiri.

7. Bernapas

7 Cara Mengelola Stres Secara Efektif di Tempat Kerja ala Jay ShettyPexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Menurut Jay, aktivitas bernapas terhubung dengan setiap emosi utama. Ketika kita stres, napas kita berubah. Ketika kita menangis, napas kita berubah. Ketika kita senang, napas kita berubah.

Maka gunakanlah napas sebagai partner untuk membatu kita tenang, relaks, tetap seimbang, dan menemukan damai serta kemudahan. Jangan meremehkan napas kita karena napas kita terhubung ke setiap salah satu dari emosi diri kita sendiri.

Bagaimana menurut kalian? Semoga tips-tips dari Jay Shetty untuk menghilangkan cemas dan mengelola stres di lingkungan kerja dapat dimanfaatkan dan membantu produktivitas kerja kita.

Baca Juga: Kenali 5 Tanda Stres Kerja Berdampak Negatif bagi Keseharianmu

Yulia Erni S. Photo Community Writer Yulia Erni S.

Full Time Daydreamer & Nightthinker iannyeong@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You