Comscore Tracker

Gak Sekadar Bangga, 5 Alasan Studi di Luar Negeri itu Asik Banget

Pengalaman luar biasa yang harus kamu rasakan!

Mengejar impian kuliah di luar negeri bukan sekadar angan-angan. Kamu bisa mewujudkannya jika itu dipersiapkan dengan matang. Mulai dari pemilihan kampus dan jurusan, persyaratan akademik, finansial hingga kesiapan mental kamu sendiri. Semuanya perlu dilakukan dengan riset yang matang. Makanya, persiapan yang dibutuhkan juga gak sebentar.

Terkadang, memikirkan itu semua bikin mental down. Merasa gak mampu melakukannya karena gak punya waktu, atau bahkan gak ngerti harus mulai dari mana. Akhirnya, kamu memutuskan untuk tidak mengejar impian tersebut. Padahal, banyak banget keuntungan yang bisa didapat dari belajar di negeri orang. Biar gak galau lagi, lima hal di bawah ini bisa bikin kamu makin semangat untuk mengejar kampus luar negeri. Simak nih!

1. Belajar dengan skala kelas internasional

Gak Sekadar Bangga, 5 Alasan Studi di Luar Negeri itu Asik Bangetilustrasi mahasiswa (pexels.com/cottonbro)

Belajar di negeri orang sudah pasti akan berbeda nuansanya dengan belajar di dalam negeri. Di sana, kamu gak cuma ketemu sama orang-orang dari negara asalmu aja. Kamu akan belajar dengan rekan-rekan dari berbagai negara. Apa lagi jika kampus yang kamu pilih adalah kampus hebat berskala internasional. 

Pengalaman seperti ini tentunya gak akan kamu dapatkan di sini. Belajar dengan nuansa kelas internasional akan memberikan kamu keuntungan, lho. Kamu punya pengajar yang unggul di bidangnya, kamu juga punya banyak teman dari beragam latar belakang. Yang mana, hal tersebut tentunya akan berguna untuk kemajuan studi. 

2. Study sekaligus kesempatan untuk berlibur 

Gak Sekadar Bangga, 5 Alasan Studi di Luar Negeri itu Asik BangetIlustrasi mahasiswa (Pexels.com/Zen Chung)

Gak jarang mereka yang tertarik studi di luar negeri juga memaknainya sebagai kesempatan untuk jalan-jalan. Yap, belajar sambil liburan sudah gak perlu dipertanyakan lagi keseruannya. Apa lagi jika kamu memilih kampus-kampus dengan pemandangan alamnya yang indah, atau negara yang punya iklim berbeda dengan negara asalmu.

Pasti hal ini jadi pengalaman yang gak mungkin terlupakan. Kamu berkesempatan menjelajah negeri orang dan hidup di dalamnya. Hayo, siapa yang masih galau kalo kenyataannya kamu bakal dapat kesempatan kayak gini?

Baca Juga: 7 Sikap yang Bisa Bikin Kamu Gagal Lolos Beasiswa, Perlu Dihindari! 

3. Meningkatkan kemampuan bahasa asing

Gak Sekadar Bangga, 5 Alasan Studi di Luar Negeri itu Asik Bangetilustrasi mahasiswa (pexels.com/Artem Podrez)

Karena kamu berada di negara yang berbeda, sudah pasti kamu akan memakai bahasa yang berbeda untuk berkomunikasi. Tentunya hal ini juga akan melatih kemampuan bahasa asingmu jadi lebih mahir. Menyelam sambil minum air, begitulah kata pepatahnya. 

Gak perlu takut jika kamu belum yakin dengan kemampuan bahasa asingmu itu. Kamu bisa mulai mempelajarinya pelan-pelan, gak perlu terlalu jago juga gak papa, kok. Nanti kamu juga akan mahir dengan sendirinya ketika kamu mulai terbiasa menggunakannya. 

4. Membangun networking yang lebih luas

Gak Sekadar Bangga, 5 Alasan Studi di Luar Negeri itu Asik BangetIlustrasi mahasiswa (Pexels.com/Buro Millennial)

Hidup dengan beragam perbedaan di negeri orang adalah suatu hal yang biasa. Kamu menemui teman dan pengajar dari berbagai negara, yang ini justru jadi kesempatan bagus untuk mempersiapkan karirmu di masa mendatang. Bisa jadi kamu justru akan direkrut menjadi asisten pengajar di kampusmu itu, atau kamu bisa dapat kesempatan berkarier di negara asal temanmu nanti. Menarik, 'kan? 

Punya banyak teman dari beragam latar belakang juga bakal seru banget. Kamu semakin mengerti makna toleransi, dan lebih memaknai soal keberagaman. Hal-hal ini tentunya gak ada dalam materi kuliahmu, tapi kegunaannya sangat penting dalam berkehidupan. Hal-hal seperti ini juga yang akan banyak mengajarkan kamu dalam berperilaku. Sehingga, mereka punya peran penting dalam menjadikan diri kamu sebagai pribadi yang lebih berkualitas. 

5. Membentuk kepribadian yang lebih mandiri dan bertanggungjawab

Gak Sekadar Bangga, 5 Alasan Studi di Luar Negeri itu Asik Bangetilustrasi mahasiswa (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Tinggal sendirian jauh di perantauan tentunya mengharuskan kamu jadi seseorang yang lebih mandiri. Siap dengan segala sesuatunya sendiri. Hal-hal seperti inilah yang akan melatih kamu jadi orang yang lebih bertanggungjawab. Kamu gak bisa bergantung dengan banyak orang disana, kamu juga dituntut menghadapi segala sesuatunya sendirian. Meski awalnya akan sedikit menyulitkan, tapi hal-hal seperti ini lah yang akan membentuk karakter kamu di masa depan. Kelak, kamu akan menemui dirimu yang lebih tangguh, mandiri, dan pantang menyerah. 

Wah, ternyata banyak banget nih pengalaman menyenangkan yang bakal kamu dapat saat studi di luar negeri. Gimana, makin semangat kan ngerjain motivation letter-nya?

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kita Perlu Mencari Mentor Saat sedang Berburu Beasiswa

Nurul Zahara Photo Verified Writer Nurul Zahara

Hanya mencoba menguraikan isi kepala.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya