Comscore Tracker

Hari Pertama Kerja, 5 Hal yang Diperhatikan Saat Jadi Karyawan Baru

Gak usah cemas ya! 

Mendapatkan pekerjaan adalah sesuatu hal yang sangat membahagiakan, apalagi jika diterima di perusahaan bonafid dan bergaji tinggi, tentunya hal tersebut patut kita syukuri.

Namun, terkadang, sebagian orang sering mengalami kekhawatiran tentang pekerjaan yang akan kita lalui nanti, apalagi di saat-saat hari pertama kerja.

Kekhawatiran yang paling umum di hari pertama kerja adalah adaptasi dengan lingkungan kerja, rekan kerja, bos dan pekerjaan itu sendiri.

Nah, agar hari pertama kerjamu berjalan dengan lancar dan mendapatkan kesan yang baik, di bawah ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menjadi karyawan baru, apa saja ya? Langsung disimak yuk!

1. Pupuk rasa percaya diri

Hari Pertama Kerja, 5 Hal yang Diperhatikan Saat Jadi Karyawan BaruPexels.com/Bruce Mars

Mungkin hari pertama kerja akan membuatmu merasa cemas akan hal-hal yang akan terjadi, namun yang perlu diingat adalah tetaplah percaya diri dengan kemampuan yang kamu miliki.

Alasan kamu diterima kerja di perusahaan tersebut tak lain karena kamu memiliki kualifikasi yang baik sehingga bos di perusahaan tersebut memilihmu dari sekian banyak pelamar kerja yang datang.

Di samping itu juga background pendidikan serta pengalaman magang yang mungkin bisa menambah nilai plus di mata perusahaan. Jadi, percaya dirilah bawah kamu juga mampu dan bisa menjadi bagian dari perusahaan tersebut.

2. Usahakan datang tepat waktu

Hari Pertama Kerja, 5 Hal yang Diperhatikan Saat Jadi Karyawan Baruunsplash.com/Shamim Nakhaei

Menjadi karyawan baru rasanya tidak elok jika datang terlambat, karena hal itu pastinya akan memberikan kesan negatif baik dari bos maupun dari rekan sekerja.

Usahakan datang sebelum bos dan karyawan lainnya datang, kamu bisa memiliki waktu untuk menyiapkan atau mempelajari lebih banyak tentang pekerjaan yang akan kamu kerjakan nanti.

Atau kamu bisa berkeliling untuk sekedar melihat-lihat kantor yang akan menjadi rumah keduamu.

Baca Juga: Mau Resign atau Bertahan, Cuma Karyawan yang Paham 6 Hal Ini

3. Berpenampilan menarik dan sopan

Hari Pertama Kerja, 5 Hal yang Diperhatikan Saat Jadi Karyawan Baruunsplash.com/Hunters Race

Penampilan menarik di sini bukan mengacu kepada fisik saja, namun cara berpakaian yang baik dan sopan akan menambah nilai plus di mata bos dan karyawan lain.

Setiap perusahaan pastinya memiliki peraturan yang berbeda-beda tentang cara berpakaian, kamu bisa mengikuti standar berpakaian yang diterapkan oleh perusahaan, asal hal itu tidak melenceng dari aturan dan prinsip.

4. Mencoba beradaptasi dengan rekan kerja

Hari Pertama Kerja, 5 Hal yang Diperhatikan Saat Jadi Karyawan Baruunsplash.com/CoWomen

Di hari pertama kerja mungkin kamu merasa takut atau cemas dengan respon rekan kerja kamu, apakah kamu bisa diterima di lingkungan mereka atau tidak.

Jangan terlalu mencemaskan hal tersebut, bersikaplah biasa saja, sapa mereka dengan sopan dan jangan lupa tersenyum.

Cobalah memberanikan diri dengan turut bergabung bersama karyawan lain pada saat-saat jam makan siang, agar kamu bisa lebih cepat akrab dengan rekan kerjamu.

5. Carilah mentor yang bisa mengajarkan kamu agar lebih cepat berkembang

Hari Pertama Kerja, 5 Hal yang Diperhatikan Saat Jadi Karyawan Baruunsplash.com/CoWomen

Seiring berjalannya waktu, kamu akan mulai terbiasa dengan lingkungan kerjamu yang baru, di samping kamu sudah bisa beradaptasi dengan rekan sekerja plus berbagai karakternya, sudah saatnya kamu untuk mencari mentor yang bisa mengajarkanmu perihal pekerjaan di perusahaanmu.

Kamu bisa mencari mentor dari karyawan senior yang memiliki pengalaman yang cukup luas di perusahaan tersebut. Hal itu dilakukan agar kamu lebih cepat berkembang dan memiliki lebih banyak skill.

Nah, itulah kelima hal yang perlu diperhatikan ketika menjadi karyawan baru, menjadi karyawan baru tak setakut itu kok.

Baca Juga: 9 Tips Jadi Karyawan Baru yang Oke di Bulan Pertama

Asih Purwanti Photo Verified Writer Asih Purwanti

Bukan Siapa-Siapa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You