Comscore Tracker

6 Tips Memilih Karpet untuk Setiap Ruangan, Yuk Percantik Hunianmu!

#IDNTimesLife Jangan asal pilih karpet

Karpet punya peran penting untuk mempercantik hunianmu. Bukan sekadar menambah kesan estetik, karpet juga berfungsi sebagai pemisah antar ruang jika konsep rumahmu terbuka tanpa sekat.

Pemilihan karpet yang tepat untuk setiap ruangan, bisa menghidupkan suasana. Mulai dari warna, tekstur, ukuran, motif, semua jadi pertimbangan saat memilih karpet untuk ruangan di rumah. Berikut tips memilih karpet sesuai ruangan yang bisa kamu terapkan.

1. Karpet untuk ruang keluarga

6 Tips Memilih Karpet untuk Setiap Ruangan, Yuk Percantik Hunianmu!ilustrasi karpet (pexels.com/pixabay)

Ruang keluarga bisa dibilang sebagai ruangan multifungsi. Kalau kamu punya anak, adanya karpet menjadi tempat bermain anak yang nyaman. Selain itu, karpet di ruang keluarga paling berguna untuk acara-acara seperti arisan atau kumpul keluarga.

Untuk itu, kamu perlu memperhatikan ukuran dan tekstur karpet untuk ruang keluarga. Pilih bahan yang lembut, sehingga kamu akan merasa nyaman saat menginjak atau duduk di karpet tersebut. 

Sesuaikan juga dengan tema ruanganmu. Pilih karpet yang polos atau minim corak jika ruanganmu sempit dan karpet bercorak meriah kalau ingin ruangan lebih hidup.

2. Karpet untuk kamar tidur

6 Tips Memilih Karpet untuk Setiap Ruangan, Yuk Percantik Hunianmu!ilustrasi karpet (pexels.com/M&W Studios)

Kamar tidur merupakan ruangan yang paling butuh ketenangan. Ruang tidur seharusnya bisa membuatmu tenang tanpa dekorasi yang mengganggu. Untuk itu, kamu bisa memilih karpet dengan desain yang simpel.

Warna netral seperti putih, abu-abu, krem adalah pilihan yang tepat karena bisa menyesuaikan dekorasi kamarmu yang lain. Pilih bahan katun, wol, atau silk yang mampu memberikan kelembutan saat menginjakkan kaki di lantai. 

Ukurannya bisa disesuaikan dengan luas kamar tidurmu. Kamar tidur yang mungil bisa mengaplikasikan karpet kecil di sebelah kasurmu.

3. Karpet untuk ruang tamu

6 Tips Memilih Karpet untuk Setiap Ruangan, Yuk Percantik Hunianmu!ilustrasi karpet (housebeautiful.com)

Berbeda dari ruang keluarga, area lorong pintu masuk atau area ruang tamu juga perlu karpet yang bisa menarik perhatian tamu. Mungkin kamu bisa memilih pola yang unik, sehingga nuansa yang diberikan terkesan menyenangkan.

Namun, sesuaikan pula dengan luas ruangan dan furnitur lain. Misalnya, sofa ruang tamu kamu polos, maka pilih karpet yang polos. Untuk rumah minimalis, kamu bisa pilih karpet satu warna agar terlihat lebih lapang.

Baca Juga: 5 Karpet Manis ala Kamar Drakor, Dekorasi Simple yang Curi Atensi

4. Karpet untuk ruang makan

6 Tips Memilih Karpet untuk Setiap Ruangan, Yuk Percantik Hunianmu!ilustrasi karpet (pexels.com/Curtin Adams)

Khusus untuk ruang makan, kemungkinan terkena air dan mudah kotor itu besar. Sebelum membeli, cari tahu terlebih dahulu jenis karpet yang mudah dibersihkan. Selain itu, pastikan juga bahwa ukuran karpet sudah sesuai dengan ukuran dan bentuk meja makan.

Ukuran karpet yang besar itu lebih baik untuk ruang makan. Tujuannya agar tidak mengganggumu saat menarik kursi, atau meminimalkan risiko karpet terlipat oleh kaki kursi.

5. Karpet untuk ruang bermain anak

6 Tips Memilih Karpet untuk Setiap Ruangan, Yuk Percantik Hunianmu!ilustrasi karpet (ikea.co.id)

Anak kecil yang bermain di lantai, gak jarang membuat orang tua khawatir. Lantai yang licin bukan hanya memicu penyakit, tapi berisiko membuat anak jatuh terpeleset. Penting nih, punya karpet aman untuk anak kecil. 

Pilih karpet lembut dengan bahan yang tidak mengakibatkan iritasi kulit pada anak kecil. Pastikan juga bahwa karpet tersebut memiliki antislip di bagian bawahnya, sehingga lebih aman saat ada anak kecil bermain.

Ada banyak karpet dengan motif-motif yang lucu, lho! Kamu bisa pilih motif sesuai kesukaan anak. Karpet khusus anak juga bisa kamu letakkan di kamar tidur anak atau area lain yang biasa digunakan bermain.

6. Karpet khusus kamar mandi

6 Tips Memilih Karpet untuk Setiap Ruangan, Yuk Percantik Hunianmu!ilustrasi karpet (hgtv.com)

Menggunakan karpet untuk kamar mandi memang membuat ruangan tampak lebih estetik. Namun, kamu perlu mempertimbangkan sisi desain hingga bahan yang tepat dan sesuai tujuan.

Ada karpet berbahan serabut kelapa yang memiliki daya serap tinggi, sehingga kamu gak perlu khawatir dengan lantai yang basah. Karpet berbahan katun atau nilon juga bisa jadi pilihan karena lembut di kulit, tapi tetap bisa menyerap air.

Itu dia beberapa tips untuk memilih karpet sesuai ruangan. Semoga bisa jadi inspirasi untuk mempercantik rumah biar makin homey!

Baca Juga: 10 Ide Percantik Rumah dengan Karpet, Jadi Makin Estetik!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya