Comscore Tracker

8 Peralatan Penting untuk Bikin Bullet Journal, Pemula Perlu Tahu

Ayo dicoba!

Sebenarnya bullet journal itu apa sih? Bullet journal ditemukan oleh seorang bernama Ryder Carroll. Bullet journal adalah suatu sistem perencanaan dengan metode analog atau manual. Tujuannya supaya kita bisa lebih terorganisir dalam mengatur segala sesuatu. 

Untuk membuat bullet journal tidak ada aturan atau kriteria. Bullet journal bisa kamu jadikan wadahmu untuk menuangkan hasil kreatifitas. Meskipun kamu tidak punya latar belakang seni, kamu tetap bisa membuat bullet journal minimalis versimu sediri agar lebih efektif.

Ada beberapa peralatan yang kamu perlukan untuk membuat bullet journal. Tidak perlu mahal, pakai alat tulis seadanya pun kamu masih tetap bisa membuat bullet journal, lho! Apa saja peralatannya ya?

1. Kamu perlu buku tulis untuk mencatat

8 Peralatan Penting untuk Bikin Bullet Journal, Pemula Perlu Tahuinstagram.com/tombowusa

Barang paling penting adalah buku. Kamu bisa pakai buku apa saja untuk membuat bullet journal. Umumnya ada 3 tipe buku yang sering dipakai, yaitu polos (plain), kotak-kotak kecil (grid), titik (dot). Para pencinta bullet journal terbiasa menggunakan buku tipe grid, dan dot. Pasalnya, kita bisa menulis atau menggambar apa pun tanpa dibatasi oleh garis.

Ukuran buku bullet journal menggunakan A5, A6 maupun B5. Namun, ada juga yang menggunakan notebook traveler yang lebih kecil. Ukurannya yang lebih kecil dan ramping jadi lebih mudah dan ringan dibawa ke mana pun. Kertas yang dipakai minimal 80gram, agar kamu bisa lebih leluasa menggambar dengan brush pen atau melukis bullet journal-mu sendiri.

2. Selain buku tulis, bisa pakai binder

8 Peralatan Penting untuk Bikin Bullet Journal, Pemula Perlu Tahuinstagram.com/joyko_id

Karena bullet journal tidak memiliki aturan khusus, kamu juga bisa gunakan binder. Gak harus buku kok, lebih mudahnya pakai binder. Kertas dan ukuran binder juga bermacam-macam.

Kamu bisa coba pakai binder dengan kertas dot, ukuran A5. Jauh lebih mudah karena bisa kamu lepas, dan ganti dengan kertas lain. Kalau buku bisa pesan request customized, sedangkan binder tidak bisa. Namun, hal itu tentu tidak menghalangimu untuk tetap terorganisir dan makin kreatif.

3. Pensil dan Pena tinta, bisa tipe apa saja

8 Peralatan Penting untuk Bikin Bullet Journal, Pemula Perlu Tahuinstagram.com/jenniegarcian

Untuk pensilnya kamu bisa pakai pensil apa pun yang nyaman dan tidak meninggalkan bekas ketika dihapus. Kalau pakai pena biasa, bisa gak ya? Bisa banget. Namun daripada pen biasa akan lebih tebal garis yang dihasilkan dengan gel pen atau fineliner.

Fineliner pun kini sudah beragam warna, dan tidak mudah luntur. Jika ingin menggambar, kamu bisa gunakan drawing pen. Fineliner dan drawing pen punya beberapa variasi ketebalan, lho! Mulai dari 0.1 mm hingga 1.0 mm, jadi pastikan dulu ya sebelum kamu beli. Buat pemula gak ada ketentuan kok, kamu bisa coba Snowman, Sakura, Uni pin, Sarasa, atau Kokoro.

Baca Juga: 9 Inspirasi Jurnal Bertema KPop, Makin Semangat Mengatur Jadwal!

4. Correction Tape

8 Peralatan Penting untuk Bikin Bullet Journal, Pemula Perlu Tahuinstagram.com/joyko_id

Pena dan pensil tidak akan lengkap tanpa penghapus dan correction tape. Kelihatannya ini barang yang kecil dan sepele, namun sangat kamu perlukan, lho. Apalagi untuk pemula, ketika menggambar, menggaris, atau membuat sketsa pasti butuh percobaan. Kamu sangat butuh alat tulis ini.

Correction tape ada yang berbentuk liquid dan pita. Bagi kamu yang baru memulai bullet journal, jangan lupa sediakan correction tape yang berbentuk pita ya. Bisa juga pakai liquid, kekurangannya mudah kotor jika terkena gel pen dan lama keringnya.

5. Highliter, banyak warnanya!

8 Peralatan Penting untuk Bikin Bullet Journal, Pemula Perlu Tahuinstagram.com/zebrapen_usa

Highliter memang bukan alat tulis wajib yang harus kamu gunakan. Highliter  akan membantumu untuk mempertegas kalimat, menggaris perencanaanmu, atau memberi warna pada bullet journal-mu.

Pencinta bullet journal pasti sudah gak asing dengan Zebra Midliner Highliter, Midliner ini punya beragam warna pastel. Sehingga banyak orang memilih Midliner karena tidak tembus dan warnanya kalem. Harga Midliner memang agak mahal dibanding dengan merek highliter yang lain. Buat pemula, kamu bisa pakai highliter merek apa pun kok!

6. Brush Pen dan Calligraphy Pen

8 Peralatan Penting untuk Bikin Bullet Journal, Pemula Perlu Tahuinstagram.com/tombowusa

Di dalam bullet journal, kamu bisa menuliskan apa pun termasuk karya hand lettering-mu. Brush pen sendiri terdapat beragam warna, saat ini sudah banyak beredar brush pen dari yang murah hingga mahal.

Begitu juga dengan calligraphy pen, kamu tidak harus memiliki kedua barang ini. Namun, brush pen dan calligraphy pen akan menolongmu untuk memperindah bullet journal. Snowman atau Tombow bisa jadi pilihanmu untuk memulai berkarya.

7. Washi Tape, ada yang polos dan bermotif

8 Peralatan Penting untuk Bikin Bullet Journal, Pemula Perlu Tahuinstagram.com/jenniegarcian

Washi tape ini berbeda dengan selotip biasa ya! Selotip biasa bisa kamu dapatkan dimana saja dengan harga yang murah. Washi tape cukup mahal, dan lebih banyak dijual secara online karena impor dari luar negeri. 

Bedanya, washi tape terbuat dari kertas dan terdapat berbagai macam warna ataupun motif. Bisa kamu tulis atau beri stampel juga, lho. Gemas, deh! Washi tape ini tidak harus kamu miliki ya, karena tujuan washi tape untuk mendekorasi bullet journal.

8. Stiker, pelengkap dekorasi bullet journal

8 Peralatan Penting untuk Bikin Bullet Journal, Pemula Perlu Tahuinstagram.com/jenniegarcian

Hampir sama dengan washi tape, sticker juga bukan barang yang wajib kamu punya. Tapi sticker penting buat kamu yang punya jiwa artistik untuk mendekorasi bullet journal supaya lebih mewah.

Nah, untuk punya sticker kamu bisa print sendiri atau beli. Bisa kamu temukan di toko alat tulis, atau online untuk variasi sticker yang lebih banyak.

Jadi gimana nih masih ragu-ragu bikin bullet journal sendiri?

Baca Juga: [CERPEN] Tetesan Tinta dalam Jurnal Mimpi

Topic:

  • Adyaning Raras Anggita Kumara
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya