Comscore Tracker

7 Cara Aman Bersihkan Barang Elektronik, Jangan Sembrono

Caranya simpel, tapi tetap harus hati-hati, ya!

Apakah kalian sering lupa untuk membersihkan barang elektronik milikmu? Padahal, barang elektronik seperti ponsel, laptop, televisi, hingga komputer ini sangat rentan terpapar bakteri karena sering dipakai dalam hidup sehari-hari, lho.

Nah, mulai biasakan membersihkan barang elektronikmu secara rutin sebelum sarang kuman ini berpindah padamu lalu menimbulkan beragam penyakit, ya. Berikut cara aman yang bisa kamu coba!

1. Baca petunjuk pada produk yang kamu pakai

7 Cara Aman Bersihkan Barang Elektronik, Jangan Sembronoilustrasi membaca (pexels.com/Alexander Mils)

Penting sekali untuk membaca petunjuk pembersihan yang direkomendasikan oleh produsen produk yang kamu pakai. Hal ini karena setiap jenis hingga merek produk pasti memiliki bahan yang berbeda-beda, sehingga ada beberapa zat yang bukannya membersihkan justru merusak.

Selain itu, dalam petunjuk biasanya juga mencantumkan beberapa bahan pembersih yang tidak disarankan. Jika kamu tanpa sengaja memakai bahan yang menyimpang itu lalu barang elektroniknya rusak, maka bersiaplah kartu garansimu tidak berlaku.

2. Persiapkan alat dan bahan 

7 Cara Aman Bersihkan Barang Elektronik, Jangan Sembronoilustrasi membawa alat kebersihan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Membersihkan barang elektronik itu sebenarnya cukup simple. Alat dan bahan yang diperlukan pun juga hampir sama untuk beberapa jenis barang elektronik yang kamu miliki.

Secara umum, alat yang perlu kamu persiapkan adalah kain microfiber, kapas, dan brush lembut. Teksturnya yang sangat lembut ampuh menangkap kotoran yang menempel. Untuk bahan cukup gunakan air, larutan sabun cuci piring serta alkohol.

3. Cabut kabel atau lepas baterai terlebih dahulu

7 Cara Aman Bersihkan Barang Elektronik, Jangan Sembronoilustrassi stop kontak (pexels.com/Markus Spiske)

Untuk mencegah hal-hal yang tak terduga terjadi, kita sebaiknya memastikan daya barang elektronik telah mati terlebih dahulu. Jika dibiarkan menyala takutnya kita akan tersetrum atau barang elektroniknya akan rusak.

Cabut kabel ponsel, komputer, laptop, ataupun televisi dari stop kontak agar sambungan terputus. Lepas juga baterainya jika model produk tersebut memungkinkan untuk dilakukan.

4. Lap permukaan atau layar secara perlahan 

7 Cara Aman Bersihkan Barang Elektronik, Jangan Sembronoilustrassi layar ipad dan ponsel (pexels.com/Cottonbro)

Lap permukaan barang elektronikmu secara perlahan menggunakan kain microfiber. Untuk hasil yang lebih bersih, kamu bisa mencelupkan kain microfiber pada larutan sabun cuci piring lalu peras dengan seksama.

Agar tidak ada cairan yang menetes di barang elektronikmu, segera lap kembali permukaan dengan kain microfiber kering, ya. Pastikan permukaan sudah tidak lembab sebelum menyambungkannya kembali.

Baca Juga: 12 Lifehack Perbaiki Barang Rusak, Ide Brilian Gak Banyak yang Tahu

5. Bagaimana dengan permukaan yang tidak rata? 

7 Cara Aman Bersihkan Barang Elektronik, Jangan Sembronoilustrassi mengelap keyboard (pexels.com/Erik Mclean

Keyboard hingga lubang colokan memiliki bentuk permukaan yang berbeda karena cenderung tidak rata. Remahan makanan maupun kotoran lain lebih mudah mengendap di sela-selanya.

Pertama, pastikan sambungan telah mati lalu balikkan keyboard atau lubang colokan ke bawah agar kotoran di sela-sela bisa turun. Setelah itu, celupkan tipis kapas ke alkohol lalu usap setiap tombol dengan perlahan. Usap kembali dengan kain microfiber kering agar tidak meninggalkan kelembapan. Untuk lubang colokan, gunakan brush lembut untuk membersihkannya.

6. Semprotkan disinfektan secara tidak langsung 

7 Cara Aman Bersihkan Barang Elektronik, Jangan Sembronomemegang kain microfiber (pexels.com/Polina Zimmerman)

Barang-barang elektronik seperti ponsel ataupun laptop sangat sering tersentuh oleh tangan kita yang telah terkontaminasi beragam kuman. Hal ini akhirnya membuat sarang bakteri menumpuk di barang elektronik kita.

Untuk itu, semprotkan disinfektan yang aman untuk barang elektronikmu agar kuman hilang. Namun, perlu diingat, jangan menyemprotkannya langsung. Semprotkan disinfektan ke kain microfiber lalu usapkan ke permukaan.

7. Jangan lupa membersihkan alat penunjang lainnya

7 Cara Aman Bersihkan Barang Elektronik, Jangan Sembronoilustrasi alat penunjang (pexels.com/Lum3n)

Alat penunjang seperti case ponsel, earphone, mouse, ataupun remot televisi jangan lupa dibersihkan juga. Terkadang alat-alat penunjang ini seringkali terlupakan. Padahal, barang tersebut tetap satu-kesatuan dengan barang elektronik yang kita miliki.

Cara membersihkannya pun sama dengan barang elektronik lainnya. Hanya saja menyesuaikan dengan permukaannya. Jika rata maka seperti membersihkan layar, namun jika tidak rata seperti halnya membersihkan keyboard.

Langkah sederhana membersihkan barang elektronik di atas mudah untuk dicoba, kan? Lakukan dengan rutin agar barang elektronikmu tidak gampang rusak serta terbebas dari kuman. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Alat Elektronik yang Jadi Penyelamat saat Mati Lampu, Siapkan Yuk!

Agata Melinda Kristi Photo Verified Writer Agata Melinda Kristi

Let's take and give positive energy only, setuju?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya