Comscore Tracker

7 Langkah Tepat Setrika Pakaian, Hasil Jadi Halus Maksimal

Gak akan ada istilah kusut lagi dalam kamusmu

Menyetrika pakaian memang terkesan mudah, namun tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Perlunya ketelitian serta waktu yang tak sedikit juga sering membuat banyak dari kita jadi malas untuk mengerjakannya, bukan?

Nah, kamu tak perlu khawatir ataupun pusing lagi, ya. Pasalnya, di bawah ini akan dijelaskan langkah-langkah menyetrika pakaian dengan benar dan juga mudah. Pakaian dijamin rapi sepanjang hari!

1. Kategorikan pakaian, jangan lupa periksa label! 

7 Langkah Tepat Setrika Pakaian, Hasil Jadi Halus MaksimalIlustrasi mengategorikan pakaian (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengategorikan pakaian membuat aktivitas menyetrika jadi lebih efektif. Pisahkan pakaian mana saja yang bisa disetrika dengan suhu rendah, menengah, hingga tinggi. Misalkan pakaian yang berbahan paling halus atau tipis masuk dalam kategori suhu rendah dan begitupun seterusnya.

Untuk memudahkanmu, coba periksa label yang ada di pakaian. Pasalnya, dalam label sudah tertera jelas instruksi menyetrika sehingga membantumu mengetahui suhu yang tepat. Selain lebih terorganisir, mengategorikan pakaian juga dapat menghemat listrik, lho.

2. Siapkan alas dan atur suhu setrika 

7 Langkah Tepat Setrika Pakaian, Hasil Jadi Halus MaksimalIlustrasi mengatur suhu setrika (Pexels.com/Cottonbro)

Sebelum memulai, persiapkan dulu papan setrika sebagai alas agar proses setrika jadi lebih mudah. Pastikan mengatur ketinggian yang nyaman untukmu juga, ya.

Nah, setelah itu mulailah atur suhu setrika sesuai kategori dengan benar. Menggunakan temperatur yang sama untuk semua jenis pakaian adalah salah satu kesalahan besar. Segeralah berubah!

3. Kerjakan dari suhu rendah ke tinggi 

7 Langkah Tepat Setrika Pakaian, Hasil Jadi Halus MaksimalIlustrasi pakaian lengket saat disetrika (Pexels.com/Cottonbro)

Urutkan menyetrika dari pakaian yang membutuhkan suhu rendah terlebih dulu, baru suhu menengah lalu suhu yang paling tinggi. Utamakan pakaian yang halus atau tipis di awal, setelah itu baru pakaian yang tebal belakangan.

Ingat, jika setrika membutuhkan waktu lebih lama untuk mendingin daripada memanas. Dengan melakukan hal ini maka akan mencegah pakaian tipis atau halus jadi terbakar karena suhu setrika yang terlalu panas.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Setrika Pakaian, Gak Kalah Rapi Sama Laundry Langganan

4. Urutan menyetrika pakaian 

7 Langkah Tepat Setrika Pakaian, Hasil Jadi Halus MaksimalIlustrasi menyetrika (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Ketika menyetrika, mulailah melakukannya dari kerah lalu pindahlah ke bagian manset tangan. Setelah keduanya bebas dari kerutan, ratakan lengan baju pada papan setrika dengan tangan. Baru proses menyetrika bisa dilakukan dari bagian manset ke arah bahu. Ulangi terus sampai rapi, ya.

Bagian selanjutnya adalah sisi belakang pakaian. Lakukan beberapa penyesuaian agar seluruh bagian belakang tidak kusut lagi. Pindahkan setrika ke bagian bahu untuk mendapatkan garis yang lebih rata. Nah, setelah bagian belakang dan bahu sudah rapi, baru setrika bagian depan. Lakukan dari bagian ujung ke arah kerah. Berhati-hatilah di area sekitar kancing dan juga saku.

5. Perhatikan teknik yang kamu lakukan 

7 Langkah Tepat Setrika Pakaian, Hasil Jadi Halus MaksimalIlustrasi arah menyetrika (Pexels.com/Liliana Drew)

Supaya pakaian rapi, perhatikan juga teknik yang kamu lakukan. Tetaplah konsisten, jika posisi vertikal maka tetap lakukan gerakan itu sampai akhir. Begitu juga jika posisi horizontal. Dengan begitu, ketika menggerakkannya secara bolak-balik pakaian jadi tidak kusut.

Nah, sebaiknya hindari gerakan berputar atau menyamping. Selain bikin melar, beban lengan juga jadi berat, lho. Jangan membuang percuma tenagamu.

6. Gunakan pelicin agar hasil maksimal 

7 Langkah Tepat Setrika Pakaian, Hasil Jadi Halus MaksimalIlustrasi semprotan pelicin pakaian (Unsplash.com/Parth Shah)

Penggunaan pelicin pakaian menjadi salah satu solusi untuk memudahkan proses menyetrika. Caranya juga mudah, cukup menyemprotkan ke permukaan pakaian sebelum disetrika. Selain rapi, pakaian juga licin dan wangi. Kamu bisa menyesuaikan dengan aroma yang kalian suka, lho. Hasil menyetrika akan lebih maksimal dengan bantuan pelicin pakaian.

7. Gantung atau lipat segera pakaian 

7 Langkah Tepat Setrika Pakaian, Hasil Jadi Halus MaksimalIlustrasi pakaian di lemari (Unsplash.com/Zoe Van Poetsprins.nl)

Nah, langkah terakhir segera gantung atau lipat pakaian ke dalam lemari setelah disetrika, ya. Hal ini untuk menghindari pakaianmu kusut lagi. Simpan kembali juga setrika dengan baik. Lepaskan dulu steker dari sumber listrik lalu tunggu suhu setrika menurun. Saat menyimpan setrika, pastikan posisinya berdiri dengan tumitnya.

Walaupun sering dianggap ribet, sebenarnya proses menyetrika sangat mudah jika dilakukan dengan langkah yang benar. Lakukan beberapa langkah di atas agar pakaianmu rapi dengan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Canggih! Robot Ini Bisa Setrika 12 Baju Sekaligus Lho

Agata Melinda Kristi Photo Verified Writer Agata Melinda Kristi

Let's take and give positive energy only, setuju?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya