Comscore Tracker

8 DIY Scrub Wajah untuk Kulit Berminyak, Yuk Bikin Sendiri!

Bahan-bahannya sangat mudah ditemukan, lho!

Kulit yang halus, cerah, dan sehat pasti merupakan dambaan setiap wanita. Namun, pasti kerap terjadi masalah pada kulit wajah, seperti wajah yang kering, berjerawat, sensitif, hingga berminyak. Bikin kesal, 'kan?

Nah, khusus buat kamu yang memiliki wajah berminyak, kamu dapat mencoba membuat scrub wajah dari bahan-bahan yang ada di rumah ini! Mulai dari timun, gula, hingga minyak zaitun. Mudah, simpel, dan murah! Yuk, kita simak ulasannya!

1. Cukup satu bahan saja, timun!

8 DIY Scrub Wajah untuk Kulit Berminyak, Yuk Bikin Sendiri!medicalnewstoday.com

Timun mengandung zat yang bersifat astringen ringan, yaitu zat yang berfungsi dalam mengecilkan pori-pori wajah dan menghambat pertumbuhan minyak yang berlebihan. Cara membuatnya pun sangat mudah!

Kupas setengah potong timun, lalu tumbuk atau parut hingga halus. Setelah itu, usapkan pada wajah yang bersih dengan gerakan memutar selama 3-5 menit. Lalu, bilaslah dengan air dingin. Selesai, deh! Kamu dapat melakukan scrub wajah dengan timun ini sebanyak dua kali seminggu.

2. Gula merah dan lemon

8 DIY Scrub Wajah untuk Kulit Berminyak, Yuk Bikin Sendiri!skinnyms.com

Gula merah dapat kamu gunakan sebagai scrub wajah karena manfaatnya dalam mengangkat sel kulit mati dan bakteri yang menyumbat pori-pori. Sedangkan lemon pun memiliki manfaat anti bakteri yang dapat membantu membersihkan wajah. Cukup ambil satu sendok makan gula merah, lalu campurkan dengan air perasan satu buah lemon. Aduk hingga merata, lalu aplikasikan pada wajah dan mulai mengeksfoliasi. Bilas dengan air dingin setelah lima menit.

3. Oatmeal, madu, dan yoghurt

8 DIY Scrub Wajah untuk Kulit Berminyak, Yuk Bikin Sendiri!happyfresh.my

Jika ketiga bahan ini digabungkan sepertinya lezat, ya! Tak hanya lezat, kombinasi oatmeal, madu, dan yoghurt pun memiliki segudang manfaat untuk kulitmu. Oatmeal dan yoghurt dapat membersihkan pori-pori wajahmu secara mendalam dan mengurangi produksi minyak yang berlebihan. Sedangkan madu yang memiliki sifat anti bakteri mampu membunuh bakteri-bakteri penyebab jerawat di wajahmu!

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan oatmeal, satu sendok makan madu, dan satu sendok makan yoghurt. Jika sudah tercampur rata, oleskan pada wajahmu dengan gerakan memutar perlahan. Setelah beberapa menit, bilaslah dengan air dingin. Kamu bisa mengulanginya sekali atau dua kali dalam seminggu.

4. Minyak zaitun, madu, dan gula merah

8 DIY Scrub Wajah untuk Kulit Berminyak, Yuk Bikin Sendiri!quora.com

Selain sehat untuk pencernaan, minyak zaitun juga sehat untuk wajahmu, lho! Ia mampu mengatasi pori-pori wajah yang tersumbat dan mengontrol pertumbuhan minyak yang berlebihan di wajah. Sedangkan madu dan gula merah bermanfaat dalam mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-porimu! 

Untuk membuat scrub ini, kamu dapat mencampurkan satu sendok teh minyak zaitun, satu sendok teh madu, dan satu sendok makan gula merah. Lalu, oleskan pada wajah dan lakukan eksfoliasi selama 2-3 menit. Setelah itu, bilas, deh, dengan air dingin!

Baca Juga: 5 Cara Bikin DIY Body Scrub, Bahannya Bisa Kamu Dapatkan di Dapur!

5. Madu, lemon, dan baking soda

8 DIY Scrub Wajah untuk Kulit Berminyak, Yuk Bikin Sendiri!tasteofhome.com

Selain bermanfaat untuk membuat kue, baking soda juga bermanfaat untuk wajahmu, lho! Baking soda mampu membantu membersihkan wajahmu dengan mengontrol produksi minyak yang berlebihan. Sedangkan lemon dapat mengatasi pori-pori wajahmu yang tersumbat, nih! Bahan terakhir, madu, memiliki fungsi menjaga kelembapan wajahmu.

Campurkan satu sendok makan baking soda, satu sendok makan air perasan lemon, serta satu sendok makan madu. Jika sudah tercampur rata, mulailah oleskan pada wajah sebagai scrub alami nan efektif. Bilas dengan air dingin setelah beberapa menit, ya!

6. Cukup satu buah saja, pepaya!

8 DIY Scrub Wajah untuk Kulit Berminyak, Yuk Bikin Sendiri!glutagen.com

Selain enak untuk dikonsumsi, ternyata pepaya juga memiliki manfaat untuk kulit berminyakmu, lho! Kandungan zat dalam pepaya mampu mengeksfoliasi kulit dan mengecilkan pori-pori wajahmu. Cara membuatnya pun sangat simpel, cukup tumbuk satu hingga dua potong kecil pepaya, lalu oleskan pada wajah. Kamu dapat mencampurkan air perasan lemon sebagai tambahan jika diinginkan. Lalu, gunakanlah sebagai scrub dan bilas dengan air dingin setelah beberapa menit.

7. Tomat dan gula pasir

8 DIY Scrub Wajah untuk Kulit Berminyak, Yuk Bikin Sendiri!msn.com

Ternyata tomat memiliki kandungan zat astringen di dalamnya, lho! Zat ini berfungsi dalam mengecilkan pori-pori wajah dan menghambat pertumbuhan minyak yang berlebihan. Sedangkan gula dapat membantu proses eksfoliasi wajah dengan mengangkat sel-sel kulit mati! Untuk membuat scrub wajah dari tomat dan gula pasir, kamu dapat memarut satu buah tomat hingga halus, lalu campurkan dengan dua sendok teh gula pasir. Setelah itu, oleskan pada wajah sebagai scrub! Bilas dengan air hangat setelah beberapa menit.

8. Gula pasir dan madu

8 DIY Scrub Wajah untuk Kulit Berminyak, Yuk Bikin Sendiri!porrohoney.com

Kombinasi dua bahan makanan yang manis ini ternyata bermanfaat untuk mengatasi kulit berminyakmu, lho! Saat gula dapat membantu mengangkat sel kulit mati, madu akan bekerja dengan membunuh bakteri-bakteri penyebab jerawat dan melembapkan kulit. Campurkan satu sendok gula pasir dengan satu sendok teh madu, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, oleskan di wajah dan mulailah mengeksfoliasi! Bilaslah dengan air hangat setelah 2-3 menit.

Kamu juga perlu melakukan patch test juga di belakang telinga sebelumnya. Untuk memastikan apakah bahan di atas ada yang menimbulkan alergi atau tidak. Scrub wajah yang mana, nih, yang ingin kamu buat duluan? Selamat tinggal, kulit berminyak!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Scrub Wajah yang Mampu Haluskan Kulit tanpa Iritasi

Aisha Variella F Photo Verified Writer Aisha Variella F

Kedokteran UNS 2017 aishavariella13@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya