Comscore Tracker

7 Bahan Rumahan Ini Ampuh Basmi Bau Amis di Peralatan Dapur

Gak cukup sabun cuci piring

Peralatan dapur punya peranan yang sangat penting di balik sajian makanan. Mulai dari proses memasak hingga menghidangkan, bahan dapur tak lepas dari bau amis terutama buat kamu yang gemar memasak ikan. Jika tak diatasi dengan benar, bau amis bisa mengurangi selera makan 

Meski saat ini sudah hadir cairan pembersih yang mengklaim bisa tuntas membersihkan, namun sisa bau amis terkadang masih melekat pada peralatan dapur. Tak perlu repot, tujuh bahan rumahan berikut ini bisa menghilang sisa bau amis pada peralatan dapur!

1. Pasta gigi

7 Bahan Rumahan Ini Ampuh Basmi Bau Amis di Peralatan DapurPixabay/Zhuwei

Selain sebagai pembersih area mulut, pasta gigi ternyata mampu membasmi bau amis para peralatan dapur. Pasta gigi mengandung Sodium Lauryl Sulfate (SLS) yang bisa membasmi bau amis. Cukup oleskan pasta gigi pada area yang berbau amis dan diamkan selam 10 menit. Bilas dengan air hangat hingga baunya benar-benar hilang. 

2. Bawang merah

7 Bahan Rumahan Ini Ampuh Basmi Bau Amis di Peralatan DapurPixabay.com/Hans

Meski baunya menyengat, ternyata bawang merah punya zat sulfur yang bersifat sebagai sebagai anti mikroba dan bakterisida. untuk membasmi bau amis. Iris bawang merah secara membujur, gosok pada area yang berbau amis hingga aroma amisnya menghilang. Bilas dengan sabun pembersih untuk menghilangkan sisa aroma bawangnya. 

3. Cuka

7 Bahan Rumahan Ini Ampuh Basmi Bau Amis di Peralatan Dapurvitacost.com

Selain kaya manfaat, cuka kaya akan kandungan asam asetat yang bisa membasmi bau amis. Larutkan cuka dengan air secukupnya. Pastikan tidak terlalu kental maupun encer agar hasilnya maksimal. Rendam peralatan yang berbau amis dengan larutan tersebut hingga 15 menit. Seketika bau amis akan hilang. 

Baca Juga: 5 Desain Backsplash Dapur Anti Mainstream buat yang Hobi Masak

4. Jeruk nipis

7 Bahan Rumahan Ini Ampuh Basmi Bau Amis di Peralatan DapurPixabay.com/congerdesign

Bahan yang satu ini sering menjadi komposisi utama dalam pembuatan pembersih cuci piring. Hal ini dikarenakan jeruk nipis kaya akan zat asam yang mampu membasmi aroma tidak sedap dalam waktu yang relatif singkat. Siramkan perasan air jeruk nipis pada area yang berbau amis. Diamkan selama 10 menit. Bilas hingga bersih. 

5. Bubuk kopi

7 Bahan Rumahan Ini Ampuh Basmi Bau Amis di Peralatan DapurPixabay.com/StockSnap

Saat ini bubuk kopi menjadi primadona aroma yang dijadikan sebagai pengharum ruangan. Bubuk kopi yang mengandung senyawa heterosiklik ini ternyata bisa menghilangkan bau amis pada peralatan memasak. Taburkan pada area perlatan yang sudah dicuci dan diamkan selama 15 menit hingga bau amisnya hilang. 

6. Daun kemangi

7 Bahan Rumahan Ini Ampuh Basmi Bau Amis di Peralatan DapurPixabay.com/Pezibear

Tak hanya menghilangkan aroma tidak sedap pada mulut. Daun kemangi atau dikenal juga dengan daun basil ternyata punya manfaat untuk menuntaskan aroma amis. Remas daun kemangi hingga aromanya keluar dan memasukkannya ke dalam air. Gosokkan pada area yang berbau amis. Jika amisnya parah, kamu bisa merendamnya dengan cairan kemangi tersebut selama 20 menit. 

7. Serbuk arang

7 Bahan Rumahan Ini Ampuh Basmi Bau Amis di Peralatan DapurPixabay.com/mommyandlove

Cara terakhir, biasanya orang-orang zaman dulu menggunakan serbuk arang atau yang lebih dikenal dengan abu gosok. Cara penggunaannya juga sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan serbuk arang secukupnya dan taburkan pada peralatan dapur yang berbau amis. Agar tidak kotor, pastikan sabut penggosoknya terpisah sabut pencuci yang biasa kamu gunakan sehari-hari.

Tujuh bahan di atas cukup murah dan mudah kamu dapatkan untuk menuntaskan bau amis pada peralatan dapur. Cara di atas mungkin lebih merepotkan, namun hasilnya bisa menuntaskan aroma amis lebih cepat dibandingkan hanya dengan menggunakan sabun cuci piring.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Kulit Belang karena Matahari, Pakai Bahan Dapur Aja!

Akbar Photo Verified Writer Akbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya