Comscore Tracker

Tanpa Pemutih, Ini 4 Trik Ampuh Bikin Mukena Lebih Bersih & Kinclong!

#RamadanMasaKini Gak harus beli yang baru

Momen ramadan seperti saat ini pasti membuat kamu menggunakan mukena lebih lama. Hal inilah yang menyebabkan mukena sering dicuci agar bersih dan nyaman digunakan ketika salat. Sering dicuci pasti membuat mukenamu lebih cepat kusam dan menggunakan pemutih menjadi cara yang sering digunakan oleh banyak orang

Padahal kamu bisa menggunakan cara lain dan menggunakan bahan alami lho! Seperti empat bahan berikut yang bisa mencerahkan mukena kamu yang kusam.

1. Lemon

Tanpa Pemutih, Ini 4 Trik Ampuh Bikin Mukena Lebih Bersih & Kinclong!Pixabay.com/Pexels

Lemon terkenal bisa mencerahkan wajah karena kandungan vitamin C. Namun manfaatnya tak hanya untuk tubuh lho! Lemon terbukti juga bisa mencerahkan mukenah kamu. Rebus potongan lemon hingga mendidih. Rendam mukenah kedalam air lemon selagi masih panas. Diamkan selam 120 menit dan cuci menggunakan deterjen dan bilas seperti biasa. Jemur di tempat yang tak terkena cahaya matahari dan cukup terkena angin.

2. Baking soda

Tanpa Pemutih, Ini 4 Trik Ampuh Bikin Mukena Lebih Bersih & Kinclong!Pixabay.com/evitaochel

Salah satu bahan untuk pembuatan kue ini bermanfaat untuk mencerahkan warna mukenah. Bahkan bisa menghilangkan noda yang membandel. Caranya cukup mudah, siapkan empat liter air besih dan tuang 250 gram baking soda. Jika perlu, tambahkan baking soda pada bagian yang lebih terkena noda. Diamkan hanya dalam lima menit. yang perlu diingat, jangan melebihi batas waktu karena justru akan membuat warna putih jadi kusam.

Baca Juga: 4 Tips Merawat Mukena, Biar Ibadah Tarawih Kamu Selalu Nyaman

3. Cuka putih

Tanpa Pemutih, Ini 4 Trik Ampuh Bikin Mukena Lebih Bersih & Kinclong!houseandhome.ie

Meski beraroma kurang sedap, cuka putih bisa jadi alternatif untuk membuat mukenah lama kamu tampak baru dan lebih lembut. Tak perlu dipisah layaknya bahan lain, cuka putih bisa kamu campur dengan deterjen untuk memutihkan. Takar cuka putih sebanyak 250 mililiter dengan deterjen secukupnya. Rendam mukena selama 10 menit dan bilas hingga bersih. Agar aromanya tak menyengat, kamu bisa menambahkan pewangi pakaian. 

4. Mengkudu

Tanpa Pemutih, Ini 4 Trik Ampuh Bikin Mukena Lebih Bersih & Kinclong!Pixabay.com/PublicDomainPictures

Dikenal sebagai buah yang aroma menyengat, mengkudu ternyata bisa membuat mukena kamu yang kusam cerah kembali. Pilih mengkudu yang sudah matang dan haluskan menggunakan blender. Masukkan ke dalam satu liter air dan rendam mukena selama 30 menit. Cuci kembali dengan deterjen hingga bersih dan bau mengkudu hilang. 

Itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk mencerahkan mukena kamu dengan bahan alami dan pastinya tanpa pemutih. Pilih yang menurut kamu mudah dan bahannya mudah ditemukan, ya!

Baca Juga: 7 Mukena Ini Pernah Hits Pada Masanya

Akbar Photo Community Writer Akbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 05:30:05

Progress: 765.196 dari 813.350 TPS (94.07955%)

Just For You