Comscore Tracker

6 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Memasang Sendiri Wallpaper di Rumah

Pas banget nih mengubah suasana rumah menjelang awal tahun

Di zaman serba praktis seperti sekarang perlengkapan rumah menjadi lebih sederhana. Mulai dari alat pembersih lantai 2 in 1vacuum cleaner super canggih, hingga wallpaper  dinding yang menggantikan fungsi cat dinding. Wallpaper sendiri banyak dipilih karena motifnya yang variatif dan mudah dipasang dalam waktu singkat, berbeda dari cat tembok yang memakan waktu lama dan harus diperbarui dalam beberapa waktu tertentu.

Tapi memasang wallpaper itu gak bisa sembarangan lho. Kalau kamu tertarik untuk memasangnya sendiri di rumah, berikut enam hal penting yang perlu kamu ketahui!

1. Pilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan

6 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Memasang Sendiri Wallpaper di Rumaharthouse.com

Wallpaper tersedia dalam ragam motif, warna hingga tekstur yang bervariatif. Kamu harus menyesuaikan jenisnya dengan ruangan yang ingin didekorasi. Misalnya wallpaper bertekstur vinyl cocok untuk area lembab seperti dapur atau kamar mandi. 

2. Perhatikan sambungan polanya

6 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Memasang Sendiri Wallpaper di Rumahdunespainting.com

Selain mengukur dinding dan wallpaper yang ingin dipasang tapi perhatikan pula sambungan polanya. Saat pemasangan wallpaper sudah mencapai sudut ruangan, maka jangan langsung menempel sisanya tanpa mengutamakan keselarasan pola. Karena jika tidak, hasil yang tercipta justru akan berantakan dan tidak enak dilihat.

3. Ratakan permukaan dinding

6 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Memasang Sendiri Wallpaper di Rumahselbst.de

Seperti stiker yang ditempel pada permukaan dinding, wallpaper juga cukup sederhana proses pemasangannya. Namun sebelum ke tahap pemasangan kamu perlu menyiapkan permukaan dinding. Maksudnya, ialah dengan memastikan permukaan dinding halus dan bersih, pembersihan ini bisa dilakukan dengan spons basah.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Melepas Wallpaper pada Dinding, Gak Pakai Ribet!

4. Jangan menggunakan silet

6 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Memasang Sendiri Wallpaper di Rumahloveandrenovations.com

Untuk merapikan tepian wallpaper, hindari menggunakan silet sebagai alat pemotongnya. Silet memiliki ukuran yang lebih kecil dan mudah tumpul sehingga ini akan beresiko merobek wallpaper yang sudah terpasang. Pilih cutter dengan gagang agar dapat merapihkan secara lebih mendetail.

5. Lakukan proses pemasangan dengan cepat

6 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Memasang Sendiri Wallpaper di Rumahmayfairpaint.ca

Salah satu trik yang harus diterapkan saat mengaplikasikan wallpaper adalah kecepatan. Perekat wallpaper mudah kering sehingga bila tidak langsung diratakan maka udara akan masuk, ini yang akhirnya berujung menjadi gelembung dan membuatnya jadi tidak rata. 

6. Jangan panik jika wallpaper bergelembung

6 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Memasang Sendiri Wallpaper di Rumahkalaydo.de

Tapi tenang aja kalau kamu terlanjur mendapati gelembung di wallpaper yang sedang kalian pasang, jangan panik dan gak perlu dicopot lagi. Cara mengatasinya adalah dengan sedikit melubangi gelembung menggunakan jarum agar udara bisa keluar dan wallpaper-pun bisa diratakan.

Nah, itu dia beberapa hal penting yang harus diketahui sebelum memasang wallpaper di rumah. Mengganti suasana rumah seiring dengan pergantian tahun pas banget nih buat menghadirkan suasana dan semangat yang baru. Selamat mencoba guys!

Baca Juga: 10 Cara Gampang Bikin Wallpaper Kamar, Dari Lakban sampai Koran

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya