Comscore Tracker

Tanaman Air yang Cantik, 5 Bunga Akuatik Ini Cocok Hiasi Kolam Rumah

Bikin suasana jadi makin adem dan indah dipandang!

Memiliki kolam di pekarangan rumah bisa menambah nilai estetika rumah itu sendiri. Ini juga menjadi salah satu cara mudah untuk kamu-kamu yang hobi memelihara ikan. Perawatan ikan yang tidak terlalu rumit membuat kepemilikan kolam di rumah meningkat. Selain itu kolam ikan pun dapat dihiasi tanaman air cantik yang menambah keindahan. 

Jika kamu bingung jenis tanaman air apa yang cocok menghiasi kolam di rumah, berikut 5 bunga akuatik yang bisa jadi pilihan!

1. Yellow Floating Heart

Tanaman Air yang Cantik, 5 Bunga Akuatik Ini Cocok Hiasi Kolam Rumahinaturalist.org

Memiliki nama ilmiah Nymphoides peltata, bunga cantik yang pertama ini berwarna kuning menyala dengan bentuk unik di pinggiran kelopaknya. Tanaman ini berasal dari daerah Asia dan Eropa serta mudah bereproduksi sehingga penyebarannya luas. Namanya sendiri berasal dari warna kuning serta bentuk daunnya yang menyerupai hati.

2. Teratai

Tanaman Air yang Cantik, 5 Bunga Akuatik Ini Cocok Hiasi Kolam Rumahunsplash.com/@darthxuan

Teratai merupakan simbol akan kecantikan, keindahan, dan kesucian yang menjadi salah satu bunga berarti dalam keyakinan Buddha. Teratai mudah tumbuh di perairan dangkal dan keruh sekalipun. Bunga teratai yang merekah memiliki warna putih atau merah muda yang indah, terlebih lagi bunga ini sangat menyukai sinar matahari sehingga cocok berada di iklim tropis Indonesia.

Baca Juga: Tak Hanya Jadi Hiasan, 5 Tanaman Ini Cegah Polusi di Area Rumah

3. Water Lilly

Tanaman Air yang Cantik, 5 Bunga Akuatik Ini Cocok Hiasi Kolam Rumahdemandstudios.com

Sekilas hampir mirip dengan bunga teratai bunga lili atau water lily menjadi alternatif bunga lain yang bisa dipilih untuk menghiasi kolam rumah kalian. Bunga lili memiliki kelopak yang lebih banyak dan dan warna lebih beragam. Bunga lili dari daerah Timur Tengah yang suhunya lebih tinggi umumnya bermekaran dengan warna biru keunguan. 

4. Pickerel Weed

Tanaman Air yang Cantik, 5 Bunga Akuatik Ini Cocok Hiasi Kolam Rumahonlineplantguide.com

Bunga-bunga kecil ini bernama Pickerel Weed. Setiap batangnya dihiasi banyak bunga-bunga kecil yang bijinya menyerupai kacang dan bisa dikonsumsi.

Pickerel Weed menyukai air yang dangkal dan tenang, akar-akar bunga ini pun menjadi rumah yang sempurna bagi ikan-ikan kecil pengisi kolam. Pickerel Weed juga dikenal dengan nama lainnya yaitu Pickerel Rush.

5. Water Poppy

Tanaman Air yang Cantik, 5 Bunga Akuatik Ini Cocok Hiasi Kolam Rumahflickr.com

Dan yang tidak boleh terlewatkan dari koleksi tanaman air di kolam pekarangan kalian adalah water poppy. Bunga dengan warna kuning cerah ini bisa tumbuh hingga 30 cm dengan periode mekar di sepanjang bulan Juni-Agustus. Bunga poppy menyukai sinar matahari yang terik dan serbuk sarinya disukai para lebah. 

Demi mempercantik kolam di rumah kalian, beberapa bunga akuatik di atas bisa jadi referensi nih untuk ditanam. Kamu paling tertarik dengan bunga nomor berapa guys?

Baca Juga: 6 Ide Perpaduan Warna Biru-Putih untuk Rumah yang Bersih dan Segar

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya