Comscore Tracker

Punya Hunian Sempit? Simak 5 Tips Menata Ruangan ala Minimalis Ini!

Tata letak barang yang benar akan menambah kenyamanan

Hunian minimalis bisa dibilang menjadi tipe favorit yang diincar para millennial zaman sekarang. Selain gak mematok harga yang terlalu mahal, budaya minimalis juga kini semakin akrab karena lebih praktis dan efisien.

Tapi kalau berniat memiliki hunian minimalis berarti kita perlu mengasah otak untuk mengakali bagaimana cara menata ruang yang sempit.

Nah, artikel ini akan menyajikan tips-tips yang akan berguna banget untuk hunian minimalis

1. Gunakan meja lipat 

Punya Hunian Sempit? Simak 5 Tips Menata Ruangan ala Minimalis Ini!unsplash.com/@a

Buat atau beli meja lipat yang efektif menghemat ruang, terapkan penggunaan meja lipat ini di berbagai tempat, mulai dari kamar tidur, ruang makan, hingga ruang tamu. Kamu juga bisa menggunakan meja lipat di tempat cuci agar bisa merangkap menjadi tempat setrika baju sekaligus. 

Baca Juga: 10 Desain Meja Kerja Minimalis yang Minim Distraksi untuk WFH 

2. Letakkan kaca besar  

Punya Hunian Sempit? Simak 5 Tips Menata Ruangan ala Minimalis Ini!unsplash.com/@by_syeoni

Pantulan dari kaca akan memberi kesan ruangan yang luas. Kaca besar bisa ditempatkan pada lemari baju dalam kamar sehingga tidak terlihat padat dengan barang. Yang lebih praktis adalah dengan menggunakan lemari sekaligus kaca yang menempel di salah satu bagiannya. Kamu juga bisa memasang kaca horizontal pada ruang tamu agar terlihat lebih segar dan tidak sempit. 

3. Dominasi warna yg senada 

Punya Hunian Sempit? Simak 5 Tips Menata Ruangan ala Minimalis Ini!unsplash.com/@hutomoabrianto

Biar tidak terlihat terlalu bersekat-sekat, hindari mengecat berbagai sisi dengan warna yang berbeda. Dominasi ruangan sempit dengan warna senada, sehingga keseluruhan ruangan dapat terlihat dengan lega dan luas. Jika sudah menggunakan warna senada kamu bebas menentukan nuansa ruangannya, gelap atau cerah.

4. Hindari menumpuk barang dan menggunakan banyak aksesori 

Punya Hunian Sempit? Simak 5 Tips Menata Ruangan ala Minimalis Ini!unsplash.com/@pperkins

Barang adalah musuh dan biang kerok dari rumah sempit yang pengap. Buang barang yang sudah tidak terpakai dan jangan terlalu menyayangkannya jika memang menyita tempat. Hindari pula menggunakan terlalu banyak aksesori perabotan di rumah, cukup pajang foto keluarga dan beberapa momen penting untuk memberi kesan estetik namun tetap ringkas.

5. Lengkapi perabot multifungsi 

Punya Hunian Sempit? Simak 5 Tips Menata Ruangan ala Minimalis Ini!unsplash.com/@loewe

Apa pun barang yang bisa dikombinasikan, maka kreasikan lah. Manfaatkan ruang kosong di bawah meja, di bawah tangga atau di bawah kasur, menjadi tempat penyimpanan barang. Kotak peyimpanan barang juga bisa disulap jadi kursi lho.  Kesan minimalis akan semakin tercipta seiring dengan semakin banyaknya perabot multifungsi yang ada di rumah kalian. 

Memiliki hunian minimalis yang ruangannya terbatas tetap bisa memberi kesan nyaman bagi penghuninya. Asalkan kamu gak salah melakukan tata letak barang dan mengikuti tips-tips di atas tadi!

Baca Juga: 13 Ide Dekorasi Rumah Minimalis yang Memberi Kesan Luas, Cobain deh!

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya