Comscore Tracker

5 Tips Mudah Membuat Bath Bomb di Rumah, Murah & Gak Perlu Beli Mahal!

Perawatan ala spa yang bisa kamu ciptakan di rumah sendiri!

Bath bomb menjadi benda yang banyak dicari para pecinta home-treatment. Pasalnya bath bomb mampu memberi sensasi mandi yang menyenangkan dengan warna-warni busa dan aromanya yang menenangkan pikiran. Sayangnya kalau kamu beli di pasaran, bath bomb djual dengan harga yang cukup mahal. 

Tapi tenang aja guys, di zaman serba canggih seperti sekarang semuanya bisa dibuat sendiri di rumah dengan budget yang bersahabat. Penasaran bagaimana cara membuat bath bomb? Simak, lima tipsnya berikut ini!

1. Mencampurkan bahan-bahan utama terpisah

5 Tips Mudah Membuat Bath Bomb di Rumah, Murah & Gak Perlu Beli Mahal!heywandererblog.com

Bath bomb pada umumnya terbuat dari bahan-bahan utama di antara lain seperti, tepung jagung, garam laut, baking soda, citric acid, minyak kelapa, pewangi, essential oil, air dan rempah-rempah. Saat memasuki proses pencampuran yang pertama, kamu perlu memisahkan antara bahan kering dan bahan basah di tempat yang berbeda. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi penggumpalan yang dapat merubah tekstur bath bomb saat selesai dibuat.

2. Hindari pewangi untuk kulit sensitif

5 Tips Mudah Membuat Bath Bomb di Rumah, Murah & Gak Perlu Beli Mahal!balancinghome.com

Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif penting banget untuk menghindari pewangi dari komposisi bath bomb yang kalian buat. Parfume atau pewangi tambahan bisa digantikan dengan cara memberi lebih banyak essential oil atau rempah yang alami. Karena jika tetap digunakan pewangi akan membuat iritasi kulit yang bikin gak nyaman. 

Baca Juga: 6 Tips Agar Make Up Tahan Lama Meski Kulit Berminyak, Dijamin Ampuh! 

3. Menggabungkan kedua bahan utama dengan perlahan

5 Tips Mudah Membuat Bath Bomb di Rumah, Murah & Gak Perlu Beli Mahal!hgtv.com

Setelah mencampur kedua jenis bahan tadi secara terpisah, kini waktunya menggabungkannya. Tapi ada cara khusus melakukan bagian yang satu ini, yaitu dengan menambahkan bahan basah ke dalam bahan kering secara perlahan dengan takaran satu sendok.

Ini dilakukan agar tidak terjadi penggumpalan pada bahan kering. Setelah diberi satu sendok bahan basah, aduk bahan kering hingga semuanya tercampur rata. Lakukan ini secara berkelanjutan hingga bahan basah habis.

4. Lakukan proses pencetakan secara cepat

5 Tips Mudah Membuat Bath Bomb di Rumah, Murah & Gak Perlu Beli Mahal!lifeonsouthpointedrive.com

Bath bomb bisa dicetak dengan cetakan silikon atau alumunium. Karena campuran bath bomb bisa mudah mengering dan kehilangan reaksi kimia yang berasal dari citric acid dan baking soda tadi, kamu perlu melakukan proses pencetakan secara cepat. Kalau terlanjur kering kedua bahan kimia tersebut tidak akan memberi reaksi meletup-letup pada bath bomb ketika dimasukkan ke dalam air. 

5. Simpan dengan benar

5 Tips Mudah Membuat Bath Bomb di Rumah, Murah & Gak Perlu Beli Mahal!ouroilyhouse.com

Sebelum digunakan bath bomb sebaiknya didiamkan selama 48 jam agar dapat menyatu dengan padat dan sempurna. Setelah itu kamu bisa menggunakan bath bomb dengan expired 2 minggu setelah tanggal pembuatan. Untuk tempat penyimpanannya, dianjurkan menaruh bath bomb pada tempat yang kering dan tidak lembab. 

Itu tadi beberapa tips membuat bath bomb yang mudah buat di rumah. Kalau ada waktu luang dan ingin menikmati akhir pekan dengan me time sambil berendam santai, DIY bath bomb di atas cocok banget buat dicoba!

Baca Juga: 10 Tutorial DIY Mengubah Sepatu Lama Menjadi Baru dan Lebih Kekinian

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya