Comscore Tracker

Tips Bikin Maket Arsitektur, Tidak Sesulit yang Kamu Kira Lho!

Sudah siap membuat maket?

Jika kamu masuk di jurusan arsitektur, kamu pasti akan belajar teknik mendesain bangunan. Setelah mendesain, kamu harus membuat maket sebagai  alat representasi dari desain yang kamu ciptakan.

Bagi mahasiswa jurusan arsitektur, pembuatan maket adalah hal yang sangat mengerikan bagi mereka karena sangat membutuhkan ketelitian dan juga, kamu pasti bisa menebaknya. Ya! Membutuhkan budget yang banyak.

Namun, kesulitan-kesulitan itu dapat kamu lewati jika kamu mengikuti tips-tips di bawah ini.

1. Aku belum pernah membuat maket sebelumnya. Bagaimana mempersiapkannya?

Tips Bikin Maket Arsitektur, Tidak Sesulit yang Kamu Kira Lho!unsplash/giabyte

Sebelum memulai membuat maket, ada banyak persiapan yang harus kamu lakukan. Kamu harus sudah memiliki layout serta denah bangunan yang akan kamu buat maket.

Itu sangat penting dalam pembuatan maket, agar maketmu bisa menjadi maket yang sesuai dengan ekspektasi dalam desainmu. Kamu juga harus mempersiapkan bahan-bahan untuk membuat maket.

2. Apa saja bahan-bahannya?

Tips Bikin Maket Arsitektur, Tidak Sesulit yang Kamu Kira Lho!unsplash/kellysikkema

Ada banyak bahan yang bisa kamu gunakan untuk membuat maket. Tergantung kreativitasmu masing-masing. Kamu bisa mencari di internet atau bertanya pada seniormu di kampus. Pada umumnya, bahan untuk membuat maket itu di antaranya:

  1. Untuk alas maket, kamu bisa menggunakan triplek, duplek atau bahan apa pun yg kaku. Dan di atasnya dilapisi sterofoam, gasket atau karpet.
  2. Untuk bangunan, kamu bisa menggunakan duplek, dan. Untuk kaca bisa menggunakan mika bening.
  3. Untuk vegetasi, kamu bisa menggunakan kawat, spons, dan kain flannel untuk rumput.

Baca Juga: 5 Keuntungan Menerapkan Jasa Arsitek untuk Bangun Rumah, Gak Rugi!

3. Budgetku sedikit. Apa bisa membuat maket yang bagus?

Tips Bikin Maket Arsitektur, Tidak Sesulit yang Kamu Kira Lho!unsplash/steve_j

Kamu gak perlu bingung jika tidak memiliki budget yang banyak. Kamu tetap bisa membuat maket yang bagus dan kreatif. Kamu bisa mengganti lampu jalan menggunakan cutton bud, kain flannel sebagai rumput menggunakan serbuk kayu, kamu juga bisa menggunakan barang-barang sisa di rumahmu sehingga tidak mengeluarkan banyak budget.

Gunakan barang di sekitarmu sesuai kreativitasmu. Kamu harus pintar-pintar mencari barang yang dapat menghemat pengeluaranmu. Tentunya bukan barang berharga milik ibumu, ya!

4. Bagaimana memulai membuatnya?

Tips Bikin Maket Arsitektur, Tidak Sesulit yang Kamu Kira Lho!unsplash/tamarcusbrown

Setelah kamu mempersiapkan semuanya, baru mulailah kamu membuat maket tersebut. Kamu harus membuat layout dan denah dari desainmu pada alas yang  telah kamu persiapkan. Setelah itu, kamu bisa mulai membuat bangunan dan membuat vegetasi lainnya.

Buatlah sesuai skala yang sudah ditentukan dan lakukan seteliti mungkin, ya. Pastikan kamu membuat maket dengan posisi maket tepat berada di depan matamu ya, tidak di bawah. Hal itu dilakukan agar kamu bisa mengetahui apakah maketmu sudah terpasang presisi atau belum.

5. Aku takut terluka. Bagaimana cara mengatasi kecelakaan saat membuat maket?

Tips Bikin Maket Arsitektur, Tidak Sesulit yang Kamu Kira Lho!unsplash/brookanderson

Dalam membuat maket, kita tidak bisa terlepas dari kecelakaan seperti jari teriris saat memotong bahan, atau tangan yang terkena lem perekat. Semua itu bisa kamu atasi dengan berhati-hati dan menggunakan sarung tangan. Kamu juga membutuhkan penerangan yang baik saat membuat maket agar kamu tidak keliru.

Setelah membaca ini membuat maket tidak sesulit yang kalian pikir kan? Selamat mencoba dan semoga sukses.

Baca Juga: 12 Tips Membangun Rumah Ramah Lingkungan ala Arsitek Ren Katili

Allifi Nida Photo Verified Writer Allifi Nida

architecture student who always tired.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You