Comscore Tracker

9 DIY Semen Putih yang Ampuh Sulap Rumah Mungilmu Jadi Terasa Luas

#SuperWhiteCement Berani coba gak nih?

Mempunyai rumah yang besar dan mewah adalah idaman semua orang. Tapi kenyataannya, harga lahan dan rumah yang semakin mahal membuat anak muda harus realistis. Anak muda zaman sekarang lebih mengincar rumah-rumah minimalis. 

Namun lahan yang tak terlalu luas bukan lagi halangan untuk mendapatkan rumah yang nyaman. Ada banyak cara membuat rumah kecil agar terlihat lebih lengang dan terasa luas.

Salah satunya dengan membuat DIY atau kreasi dari semen putih atau super white cement. Nah, mau tahu gimana caranya? Berikut kreasi semen putih yang bisa menyulap rumah mungilmu terkesan lebih luas. 

1. Bangku bulat yang bisa gantikan peran sofa

9 DIY Semen Putih yang Ampuh Sulap Rumah Mungilmu Jadi Terasa Luashomemade-modern.com

Daripada menggunakan sofa yang memakan banyak ruang, lebih baik kamu gunakan bangku kecil biar hemat ruang. Gak perlu beli mahal, kamu bisa kok bikin sendiri dari semen putih.

Caranya masukkan adonan semen ke dalam ember. Lalu pasang tiga potong kayu sebagai penopang. Pastikan kayu yang kamu gunakan sudah dihaluskan bagian kulitnya ya. Setelah dibiarkan 20 jam. Maka bangku unik ini siap menghiasi rumah idaman. Dijamin kokoh tak tertandingi kok, tak kalah dari sofa. 

2. Bikin taman mini di rumah dengan rak semen putih yang serbaguna

9 DIY Semen Putih yang Ampuh Sulap Rumah Mungilmu Jadi Terasa Luasthediycollaborative.com

Salah satu trik membuat rumah terasa lebih luas adalah menata barang pada rak agar terkesan rapi. Hal ini juga berlaku untuk tanaman.

Jika ingin membuat taman, bikin saja rak serbaguna dari semen putih. Caranya gampang kok. Cetak adonan semen menggunakan kayu hingga membentuk balok seperti pada gambar. Lalu biarkan mengering.

Satukan beberapa blok semen yang telah dibuat menggunakan papan kayu yang kuat sebagai penyangga. Jadi deh rak bunga indah yang gak bakal bikin rumah kamu terlihat sumpek.

3. Menggantung pot bunga dalam ruangan bisa bikin rumah jadi asri tanpa makan tempat

9 DIY Semen Putih yang Ampuh Sulap Rumah Mungilmu Jadi Terasa Luasthemerrythought.com

Siapa bilang rumah sempit tak bisa punya indoor garden? Demi menghemat ruang, coba deh bikin pot gantung. Bahannya mudah didapat kok. Cukup semen putih, panci cetakan, silinder (bisa kayu atau paku besar) dan tali nilon.

Tuang adonan semen ke dalam cetakan. Jangan lupa tancapkan 3 silinder untuk membentuk lubang tali. Lalu pasang tali dan ikat pada bagian bawahnya. Agar lebih elegan, kamu bisa membuat pola dengan cat. Dengan cara seperti ini, kamu masih bisa memanfaatkan ruang di bawah pot gantung untuk hal lain.

4. Gunakan meja kecil dari semen putih untuk menghemat ruang

9 DIY Semen Putih yang Ampuh Sulap Rumah Mungilmu Jadi Terasa Luasdiyfurniturestudio.com

Salah satu trik dekorasi rumah kecil adalah dengan menggunakan perabotan yang juga mungil. Misalnya dengan meja bulat ini. Kamu bisa membuatnya sendiri menggunakan super white cement

Caranya hampir sama dengan membuat bangku. Hanya saja, disarankan menggunakan cetakan yang lebih tipis. Selain kamu juga bisa menggunakan empat kaki penyangga agar meja lebih kuat. Pastikan kamu menggunakan super white cement yang berkualitas ya, misalnya produksi Semen Gresik. 

5. Mau rumah elegan tanpa sumpek? Gunakan lampu DIY semen putih berbentuk memanjang

9 DIY Semen Putih yang Ampuh Sulap Rumah Mungilmu Jadi Terasa LuasYouTube.com/HomeMadeModern

Trik lain agar ruangan tampak luas adalah menggunakan perabot yang bentuknya memanjang. Jangan menggunakan perabot yang terlalu besar dan makan tempat. Jadi, coba deh bikin lampu gantung unik kreasi semen putih ini. 

Pertama-tama, siapkan botol minum bekas berleher panjang dan botol minun yang lebih kecil. Potong bagian bawah botol berleher panjang. Lalu masukkan botol yang lebih kecil (yang juga sudah dipotong bagian bawahnya) sebagai cetakan. Masukkan adonan semen putih di antara kedua botol. Lalu biarkan selama 20 jam. 

Setelah itu, lepaskan botol plastik dari adonan semen. Pasang tempat lampu yang sudah disiapkan. Jadi deh. Bentuk lampu unik seperti ini akan membuat rumahmu terasa lebih chic

6. Sofa DIY semen putih efisien, bisa buat duduk sekaligus rak barang. Lebih praktis kan?

9 DIY Semen Putih yang Ampuh Sulap Rumah Mungilmu Jadi Terasa Luasamazinginteriordesign.com

Agar rumah sempit terasa lebih lapang, kamu bisa gunakan sofa serbaguna dari semen putih. Cara membuatnya juga mudah. Gunakan balok kayu yang sudah disisipi balok kayu lebih kecil sebegai cetakan. Lalu tuang adonan semen putih ke dalamnya. Tunggu hingga beberapa hari hingga membentuk blok semen seperti pada gambar. 

Setelah itu susun beberapa blok secara memanjang. Lalu letakkan kasur tipis di atasnya. Kini kamu bisa duduk manis di sofa semen putih dan meletakkan beberapa buku ataupun sepatu di sela-sela blok.

Praktis kan? Dengan cara ini, dijamin rumahmu tak terasa sempit. Pastikan kamu pakai bahan berkualiatas dari Semen Gresik ya!

7. Cantik sekaligus pratis, kamu bisa gunakan tempat perhiasan dari super white cement!

9 DIY Semen Putih yang Ampuh Sulap Rumah Mungilmu Jadi Terasa Luasdiycraftsy.com

Aturan wajib dalam trik dekorasi rumah kecil adalah jangan berantakan. Salah satunya adalah menata perhiasanmu dengan benar. Coba deh bikin tempat penyimpanan perhiasan dari semen putih ini saja. 

Caranya mudah kok. Siapkan sarung tangan latex sebagai cetakan. Lalu tuangkan adonan semen putih ke dalamnya. Diamkan hingga 24 jam atau hingga mengeras. Tata perhiasaanmu di antara jari-jarinya. Unik kan? Selain praktis, kreasi ini juga bisa mempercantik ruangan lho. 

8. Kamu juga bisa menggunakan pot tempel agar rumahmu tetap segar tanpa kesempitan

9 DIY Semen Putih yang Ampuh Sulap Rumah Mungilmu Jadi Terasa Luasfeelgift.com

Tanpa takut mempersempit ruangan, kamu juga bisa gunakan pot tempel untuk memperindah rumah. Bikin sendiri saja mengunakan semen putih. Caranya cukup mudah kok.

Siapkan cetakan berbentuk bulat dari karton tebal. Lalu buat juga cetakan berbentuk bulan sabit. Kemudian pasangkan keduanya dan masukkan adonan semen di antara karton. Jangan lupa masukkan sebatang kayu atau apapun di dalam cetakan yang berbentuk sabit ya. Hal ini untuk pengait di tembok. Diamkan 20 jam. Pot gantung siap ditanami.

Direkomendasikan gunakan jenis tanaman sukulen saja ya. Biar kamu gak perlu sering-sering menyiramnya.

9. Coba bikin bangku semen unik, perpaduan antara pot bunga dan tempat santai!

9 DIY Semen Putih yang Ampuh Sulap Rumah Mungilmu Jadi Terasa Luasworldingreen.blogspot.co.id

Satu lagi kreasi unik semen putih yang bisa kamu buat untuk rumah mungilmu, yaitu bangku perpaduan pot. Bangku unik ini bisa kamu buat sendiri di rumah kok. 

Kamu bisa menggunakan ban bekas untuk membuat pola cetakan. Jangan lupa buat beberapa lubang di pinggiran dengan balok kayu ya. Setelah itu, masukkan adonan semen putih ke dalamnya. Keringkan selama 2 hari. Lalu pasang beberapa papan kayu di atasnya. Jadi deh. Bangku unik kokoh tak tertandingi siap mengisi rumah impianmu. Mudah kan?

Rumah indah tak melulu harus besar. Kamu juga bisa menyulap rumah mungil nan sempit menjadi rumah yang nyaman. Salah satu caranya membuat DIY properti rumah dari super white cement produksi istimewa Semen Gresik. Jadi, kamu mau mulai bikin yang mana dulu nih? 

Dapenmra Photo Community Writer Dapenmra

Introvert

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You