Comscore Tracker

Tanpa ke Salon, Kamu Bisa Pakai 12 Bahan Makanan Ini Buat Masker Rambut

Yuk dicoba...

Mungkin kalian berpikir kalau perawatan rambut harus dilakukan di salon, di tangan seorang hair stylist profesional. Namun biaya perawatan rambut di salon tidaklah murah, apalagi kalau kalian melakukannya dengan rutin. Melakukan perawatan rambut di rumah tidak ada salahnya, yaitu dengan menggunakan beberapa bahan makanan yang baik untuk rambut kalian.

Berikut 11 bahan makanan yang bisa kalian gunakan untuk perawatan rambut di rumah.

1. Mencegah rambut rontok dengan alpukat

Tanpa ke Salon, Kamu Bisa Pakai 12 Bahan Makanan Ini Buat Masker Rambutmanfaatbagus.com

Kekurangan vitamin dapat menyebabkan rambut rontok atau pertumbuhannya menjadi sangat lambat. Alpukat mengandung vitamin B dan E, yang bekerja pada tingkat sel untuk melindungi dan memperkuat rambut. Vitamin B berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan rambut, sementara vitamin E berfungsi untuk memperbaiki kerusakan kulit kepala. Kalian bisa menggunakan alpukat sebagai masker rambut dengan membuat pasta alpukat, yaitu campuran antara alpukat, telur dan air secukupnya.

2. Menghilangkan rambut bercabang dengan minyak kelapa

Tanpa ke Salon, Kamu Bisa Pakai 12 Bahan Makanan Ini Buat Masker Rambutthenewstandard.jp

Minyak kelapa sudah digunakan sebagai bahan perawatan rambut sejak jaman kerajaan hingga saat ini. Cara mengaplikasikan minyak kelapa pada rambut sangatlah mudah, yaitu dengan mengoleskannya secara langsung pada rambut. Selain mampu menghilangkan rambut bercabang, minyak kelapa juga mampu meningkatkan kelembaban pada rambut keriting dan membuat rambut lebih lembut.

3. Rambut berkilau dengan cuka apel

Tanpa ke Salon, Kamu Bisa Pakai 12 Bahan Makanan Ini Buat Masker Rambuthariangadis.com

Cuka apel biasanya digunakan sebagai penyedap rasa pada salad. Namun kali ini, kalian bisa menggunakan cuka apel untuk rambut. Untuk menghasilkan rambut yang lebih bersinar, campurkan 1/2 sendok cuka apel dengan 1 gelas air. Kemudian bilas rambut dengan campuran tersebut. Selain itu, cuka apel juga bisa membantu pertumbuhan rambut, menghaluskan rambut dan mengatasi ketombe.

4. Mengatasi rambut berminyak dengan tepung jagung

Tanpa ke Salon, Kamu Bisa Pakai 12 Bahan Makanan Ini Buat Masker Rambutgoldenpetals.org

Rambut berminyak sebenarnya adalah rambut yang sehat karena rambut dilindungi oleh minyak yang dihasilkan tubuh kita, namun jika jumlahnya berlebih akan sangat mengganggu. Untuk itu kita bisa menggunakan tepung jagung atau tepung maizena untuk mengurangi minyak pada rambut, yaitu dengan menaburkannya pada rambut.

5. Merawat rambut dengan telur

Tanpa ke Salon, Kamu Bisa Pakai 12 Bahan Makanan Ini Buat Masker Rambutwattagnet.com

Kandungan berbagai mineral dan vitamin yang ada pada telur, membuat telur bisa dimanfaatkan sebagai bahan masker. Kamu bisa mengatasi rambut rontok dan membuat rambutmu lebih halus dengan putih telur. Putih telur dikocok hingga berbusa, kemudian aplikasikan pada rambut sambil memijat-mijat kepala. Diamkan 20 menit lalu bilas. Mudah bukan?

Baca Juga: Ini Loh Bumbu Dapur yang Bisa dijadikan Untuk Perawatan Kecantikan

6. Rambut cepat panjang dengan mayonnaisse

Tanpa ke Salon, Kamu Bisa Pakai 12 Bahan Makanan Ini Buat Masker Rambutwww.grammascutters.com

Bahan dasar saus mayo adalah telur dan minyak alami. Inilah yang menyebabkan mayonnaisse baik untuk rambutmu. Dengan mengoleskan saus mayo ke seluruh rambut dan mendiamkannya selama 20 menit lalu mencucinya, kalian bisa memicu pertumbuhan rambut. Masker saus mayo dipercaya bisa mempercepat pertumbuhan rambut loh..

7. Memperbaiki rambut rusak dengan saus tomat

Tanpa ke Salon, Kamu Bisa Pakai 12 Bahan Makanan Ini Buat Masker Rambutburpweb.com

Kerusakan rambut bisa disebabkan oleh kebiasaan berenang di kolam yang megandung banyak klorin dan kaporit loh. Menurut Adam Reed seorang penata rambut selebriti, saus tomat bisa mengembalikan warna rambut setelah terkontaminasi klorin.

Warna merah dan asam cuka dalam saus tomat bisa menetralisir warna yang ditimbulkan oleh klorin. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menuangkan saus tomat pada rambut setelah keramas dan diamkan 5 menit. Kemudian cuci kembali rambut dengan sampo sampai bersih.

8. Menguatkan akar rambut dengan teh

Tanpa ke Salon, Kamu Bisa Pakai 12 Bahan Makanan Ini Buat Masker Rambutmymomrecycles.com

Kerontokan rambut merupakan masalah yang paling menjengkelkan. Kalian bisa mengatasinya dengan memanfaatkan teh yang sudah basi. Dengan menyeduh kembali teh tersebut, lalu mendiamkannya selama semalaman kamu bisa mengaplikasikannya pada rambut sambil memijat-mijat kepala. Kemudian bilas rambutmu hingga bersih. Selain menguatkan akar rambut, teh juga mampu mengatasi rambut bercabang dan ketombe.

9. Membersihkan ketombe dengan yogurt

Tanpa ke Salon, Kamu Bisa Pakai 12 Bahan Makanan Ini Buat Masker Rambutmountainfeed.com

Yogurt yang biasa kita minum, mempunyai sifat anti jamur yang dapat membantumu melwan ketombe. Sifat asam laktat pada yogurt dapat mengangkat sel kulit mati pada kepala. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengaplikasikan yogurt langsung ke rambut, lalu mendiamkannya 15 menit, kemudian membasuhnya dengan air hangat. Yogurt juga bermanfaat untuk menguatkan akar rambut, menghaluskan rambut kering, mengatasi rambut bercabang serta memelihara rambut.

10. Melembabkan rambut dengan campuran madu dan minyak zaitun

Tanpa ke Salon, Kamu Bisa Pakai 12 Bahan Makanan Ini Buat Masker Rambutnbiplus.com

Kombinasi minyak zaitun dan madu memang terdengar aneh, namun manfaatnya sangat baik untuk semua jenis rambut terutama untuk rambut kering. Campuran ini juga bermanfaat untuk mengatasi rambut bercabang, ketombe dan masalah rambut lainnya.

Baca Juga: 10 Kesalahan yang Jarang Disadari, Namun Ternyata Bisa Bikin Warna Rambutmu Luntur

Line IDN Times

Topic:

Just For You