Comscore Tracker

Multifungsi, 5 Tanaman Ini Mampu Serap Debu dalam Rumah

Tidak hanya cantik, namun kaya manfaat!

Polutan yang ada dalam ruangan dihasilkan oleh benda-benda rumah tangga yang terdapat dalam rumah, seperti benda elektronik, plastik, karet hingga cairan pembersih. Oleh karena itu, tanaman pembersih udara amat diperlukan dalam ruangan. Selain membersihkan udara, tanaman pembersih udara juga dapat mempercantik ruangan. Nah, berikut adalah lima tanaman yang dapat membantu membersihkan udara dalam ruangan. Yuk, simak! 

1. Spider plant

Multifungsi, 5 Tanaman Ini Mampu Serap Debu dalam RumahPexels.com/Mathias Reding

Salah satu tanaman cantik yang dapat menghisap debu di dalam rumah adalah Spider plant. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Chlorophytum comosum ini merupakan tanaman yang tumbuh dengan cepat serta aman untuk diletakkan dalam ruangan. 

Tidak hanya itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh NASA, spider plant dapat membersihkan udara hingga 95 persen, lho. Tanaman ini sangat efektif untuk menyerap karbon monoksida, xylene, fromaldehyde, toluene dan nitrogen dioksida. Untuk perawatan tanaman ini juga sangat mudah, cukup siram dua kali dalam seminggu. Cantik dan berguna sekali, bukan? 

2. Lidah mertua 

Multifungsi, 5 Tanaman Ini Mampu Serap Debu dalam RumahPexels.com/Charlotte May(Ilustrasi lidah mertua)

Siapa yang tidak mengenal tanaman lidah mertua? Tanaman yang memiliki bentuk seperti pedang atau yang biasa disebut dengan tanaman ular ini sering kali kita temui di pinggir jalan ataupun taman-taman depan rumah. Warnanya yang cantik, perpaduan antara kuning dengan hijau serta mudahnya tanaman ini hidup membuatnya idola sebagai tanaman dalam ruangan. 

Lidah mertua juga salah satu tanaman yang efektif untuk menyerap debu, polusi serta racun di udara seperti karbon dioksida, benzana, xylene, trikloroetilen, dan formaldehida. Untuk perawatan, cukup siram dua kali dalam seminggu. Mudah sekali perawatannya, bukan? 

Baca Juga: 9 Fakta Geranium, Tanaman Hias yang Punya Banyak Manfaat

3. Dracaena 

Multifungsi, 5 Tanaman Ini Mampu Serap Debu dalam RumahPexels.com/syarif moh (Ilustrasi dracaena)

Tanaman cantik lain yang dapat menyerap debu adalah dracaena. Tanaman ini memiliki daun panjang dan lebar serta tepian daun berwarna putih, merah atau krem. Bentuknya yang oriental membuatnya sangat cocok diletakkan sebagai pemanis ruangan, khususnya di atas meja. Varian dari tanaman ini juga beragam, seperti: Corn Plant, Lucky Bamboo, Gold Dust, Dragon Tree, dan Song of India atau Jamaica. 

Tanaman ini juga efektif membersihkan udara dengan menyerap berbagai polutan, seperti karbon dioksida, formaldehyde, benzene, dan trichloroethylene. Untuk perawatan tanaman ini juga sangat mudah, cukup siram secukupnya dan letakkan pada tempat dengan pencahayaan cukup. Multifungsi sekali, bukan? 

4. Aglaonema 

Multifungsi, 5 Tanaman Ini Mampu Serap Debu dalam RumahPexels.com/Tiia Pakk (Ilustrasi aglaonema)

Aglaonema atau yang biasa dikenal dengan nama sri rejeki merupakan tanaman indah yang mampu menyerap debu dalam ruangan. Memiliki daun lebar serta bergelombang, membuat tanaman ini menjadi tanaman yang tepat untuk dijadikan hiasan dalam rumah. 

Tanaman ini efektif untuk menyerap polutan diudara, seperti: formalin formaldehida, benzana, trikloroetilen dan karbon monoksida. Untuk perawatannya sangat mudah, letakkan pada pencahayaan cukup serta siram satu minggu sekali. Cantik sekali, bukan? 

5. English ivy 

Multifungsi, 5 Tanaman Ini Mampu Serap Debu dalam RumahPexels.com/Lum3n(Ilustrasi English Ivy)

Tanaman selanjutnya yang dapat menyerap debu adalah english ivy. Tanaman hias yang tumbuh menjulur ini memiliki jenis daun yang beraneka ragam, tergantung jenis varietasnya. Tanaman ini dapat diletakkan di teralis jendela maupun pot yang digantung. 

Tanaman ini mampu membersihkan udara dalam ruangan dengan menyerap benzana, formaldehida, trikloroetilen, karbon monoksida, dan zat kimia lainnya. Untuk perawatan, siram dua hingga tiga kali dalam seminggu untuk menjaga kelembapannya serta letakkan pada tempat dengan cahaya cukup. 

Selain cantik dijadikan dekorasi di rumah, tanaman di atas yang efektif membersihkan udara dalam ruangan. Bisa menjadi solusi untuk kamu yang belum memiliki air purifier, nih! 

Baca Juga: 5 Tanaman Hias untuk Mempercantik Meja Kerja, Bantu Usir Rasa Jenuh!

Armita Dewi Cahyanti Photo Verified Writer Armita Dewi Cahyanti

Manusia yang suka membagikan apa yang dibenaknya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya