Comscore Tracker

8 Ide Tak Biasa Agar Ruang Kamar Tidur Sempit Tetap Nyaman

Yuk terapkan!

Tiada hal yang lebih menyenangkan setelah memiliki sebuah apartemen minimalis, yakni selain saat mendekorasinya. Akan tetapi, semua akan jadi berbeda kalau apartemenmu memiliki kamar sempit. Kamu harus bisa mengatur seluruh space agar muat dengan barang-barang yang ingin kamu masukkan tanpa harus membuatnya terasa sesak.

Ada beberapa langkah simpel yang bisa kamu lakukan untuk membuat kamar tidur mungil di apartemen tetap nyaman dan cozy. Simak beberapa triknya berikut ini!

1. Mulailah dengan membersihkan seisi kamar

8 Ide Tak Biasa Agar Ruang Kamar Tidur Sempit Tetap NyamanHGTV.com

Sebelum mulai mendekorasi, penting untuk membersihkan setiap sudutnya. Singkirkan semua bekas-bekas yang ditinggalkan pemilik lama. Ini akan membuat pikiranmu lebih jernih sebelum memutuskan dekorasi seperti apa yang cocok diterapkan ke dalamnya.

2. Gunakan warna cat dinding yang sesuai

8 Ide Tak Biasa Agar Ruang Kamar Tidur Sempit Tetap Nyamantricosemcostura.com

Salah satu cara agar ruangan kecil terasa luas adalah bermain dengan warna cat dinding. Beragam pilihan cat bisa kamu gunakan, yakni warna cerah seperti putih dan pastel, biru laut, warna pirus (hijau kebiru-biruan), hingga paduan abu-abu dengan putih. Warna-warna tersebut bisa memberikan ilusi luas ke dalam ruangan, termasuk kamar tidurmu.

3. Belilah furnitur dengan bijak

8 Ide Tak Biasa Agar Ruang Kamar Tidur Sempit Tetap Nyamanrumorville.co

Meskipun kamu hanya akan tinggal setahun atau dua tahun di dalam apartemen itu, jangan membeli terlalu banyak perabotan plastik yang tidak bisa bertahan lama. Alih-alih mengisi kamar dengan furnitur semacam itu, pilihlah perabotan sungguhan seperti karpet tebal yang lembut atau satu sofa kecil di sudut sebagai tempat bersantai. Ingat, jangan membeli sesuatu sebelum mempertimbangkan ketersediaan ruang di dalam kamarmu.

4. Perhatikan pencahayaan ruangan

8 Ide Tak Biasa Agar Ruang Kamar Tidur Sempit Tetap Nyamanarsitag.com

Jika kamu pernah masuk ke dalam sebuah ruangan dan merasa suasananya tidak nyaman, itu mungkin karena pencahayaannya yang salah.  Pencahayaan adalah hal paling penting yang harus kamu pikirkan saat pertama kali pindah ke apartemen baru. Memasang standing lamp mengarah ke langit-langit, atau memasang beberapa cermin untuk memantulkan bayangan dan cahaya, serta memasang lampu dinding adalah beberapa trik pencahayaan yang bisa kamu coba untuk menciptakan efek luas dalam kamar.

Baca Juga: 7 Cara Cerdas agar Kamar Tidur Apartemen Studio Tidak Berasa Sempit

5. Kecilkan ukuran ranjang

8 Ide Tak Biasa Agar Ruang Kamar Tidur Sempit Tetap Nyamangardennya.com

Meski kelihatannya tidak akan begitu kelihatan, tetapi ranjang ukuran queen akan memakan 180x200 cm2 kamarmu. Mengganti dengan satu ukuran di bawahnya akan memberikan ruang lebih yang lumayan. Setidaknya untuk kamu mudah bergerak dan beraktivitas di dalam kamar.

6. Naikkan ranjangmu

8 Ide Tak Biasa Agar Ruang Kamar Tidur Sempit Tetap Nyamandecoist.com

Jika langit-langit apartemenmu cukup tinggi, trik ini bisa kamu gunakan. Caranya, naikkan ranjangmu mendekati langit-langit. Ini akan menciptakan ruang kosong di bawahnya yang bisa kamu maksimalkan untuk berbagai kebutuhan, seperti menjadikannya ruang kerja atau dapur.

7. Maksimalkan semua tempat penyimpanan yang ada

8 Ide Tak Biasa Agar Ruang Kamar Tidur Sempit Tetap Nyaman99bestdecor.com

Memiliki kamar tidur yang sempit tidak lantas membuat kamu kehilangan tempat untuk meletakkan berbagai koleksi seperti buku atau aksesoris. Kamu bisa memanfaatkan dinding yang ada dengan memasang gantungan cantik yang dibuat sendiri. Tempat tersembunyi di kolong ranjang juga sangat efektif dijadikan tempat penyimpanan.

8. Pilih pewangi ruangan yang elegan

8 Ide Tak Biasa Agar Ruang Kamar Tidur Sempit Tetap Nyamanapartmenttherapy.com

Setelah memanjakan mata dengan dekorasi cantik dan pencahayaan yang adem, saatnya memanjakan penciumanmu. Menggunakan lilin atau uap aroma terapi kesukaan, kamu bisa membuat suasana di dalam kamar terasa berbeda dan tentunya semakin nyaman. Ini juga bisa menjadi identitas dan ciri khas untuk ruang tidurmu.

Cukup simpel dan mudah, kan? Asalkan sudah tahu triknya, kamu tidak perlu bingung lagi untuk mencipatakan kamar nyaman dalam apartemen idamanmu.

Baca Juga: Tips Dekorasi Kamar Kos Murah Budget di Bawah Rp 100 Ribu, Mau?

Arsitag.com Photo Community Writer Arsitag.com

Kami percaya bahwa desain ruangan yang baik akan meningkatkan kualitas hidup para pengguna dan penghuni ruang.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah
  • Indra Zakaria

Just For You