Comscore Tracker

6 Inspirasi Ruang Makan Minimalis untuk Ruang Sempit di Apartemen

Meski ukuran terbatas, kamu tetap bisa punya ruang makan

Ruang sempit di sebuah apartemen dapat dengan mudah disulap menjadi ruang makan minimalis yang nyaman dan stylish. Ruang inilah yang menjadi tempat favorit menyediakan jamuan untuk seluruh anggota keluarga hingga teman yang datang berkunjung.

Kunci untuk menciptakan ruang makan minimalis adalah pemilihan dan penempatan furnitur yang tepat, tanpa melupakan style kesukaan pribadi kamu masing-masing.

1. Ruang makan yang menyatu dengan dapur

6 Inspirasi Ruang Makan Minimalis untuk Ruang Sempit di Apartemenarsitag.com

Ruang makan minimalis terlihat cantik dan menawan berkat penggunaan warna yang senada pada area dapur dan area makan. Perbedaan warna dan desain plafon memberikan batasan yang jelas antara dapur dan ruang makan, terlepas dari ketiadaan sekat. Penggunaan cermin pada kedua sisi ruang makan memberikan kesan luas dan lapang.

2. Maksimalkan setiap celah dan sudut

6 Inspirasi Ruang Makan Minimalis untuk Ruang Sempit di Apartemenhome-designing.com

Ada kalanya ruangan yang ada benar-benar terbatas sehingga tidak memungkinkan untuk membuat ruang makan khusus. Untuk itu, kamu perlu jeli dalam memanfaatkan setiap celah dan sudut yang ada. Tempatkan meja persegi panjang ramping dilengkapi dengan 4 kursi stool seperti pada ruang makan di atas.

Cocok dan efisien untuk area yang benar-benar sempit. Penggunaan warna dan material yang serupa membuat area makan menyatu serasi dengan ruang di sekitarnya. Agar tidak terkesan monoton, berikan sentuhan warna elegan pada area makan seperti warna hitam pada dudukan stool. Atau tambahkan mangkok dekorasi dengan material senada, yakni material batu yang menonjolkan tema natural.

3. Area makan yang menyatu dengan seluruh ruangan

6 Inspirasi Ruang Makan Minimalis untuk Ruang Sempit di Apartemenfreshome.com

Sisipkan sepaket meja dengan kursi yang berfungsi sebagai area makan, sekaligus pembatas antara dapur dan ruang santai. Pemilihan material transparan mampu meminimalisasi kesan sumpek atau terlalu banyak barang.

Selain itu, posisi area makan menyatu dengan seluruh ruangan sehingga bisa dimanfaatkan juga untuk kebutuhan lain. Misalnya saja sebagai area belajar ataupun area bersantai saat kumpul keluarga atau saat kunjungan teman.

Baca Juga: Biar Ruang Makan Tampil Lebih Kece, Begini Tips Memilih Meja Makannya

4. Ruang makan minimalis dengan warna kontras

6 Inspirasi Ruang Makan Minimalis untuk Ruang Sempit di Apartemenarsitag.com

Pada umumnya, focal point dalam sebuah ruangan dapat dihadirkan melalui pemilihan furnitur, seperti kursi, lampu gantung, atau hiasan dinding yang menonjol. Namun, dalam desain apartemen minimalis, seluruh area makan berupa seperangkat meja dan kursi dapat menjadi focal point.

Penggunaan warna hitam yang mendominasi seluruh area dapur terlihat sangat kontras dengan pilihan warna meja dan kursi makan yang menonjolkan elemen kayu. Tambahkan lampu gantung dengan bentuk yang berbeda-beda sebagai pelengkap akhir.

5. Berikan sentuhan warna cerah

6 Inspirasi Ruang Makan Minimalis untuk Ruang Sempit di Apartemenidealhome.co.uk

Saat ukuran tidak bisa dijadikan daya tarik utama dari sebuah ruangan, manfaatkan warna. Mainkan beragam warna dalam berbagai aspek penunjang ruang makan minimalis. Bisa diaplikasikan mulai dari kursi, bantal duduk, hingga peralatan makan.

Penambahan warna yang kontras dari warna utama pada ruangan membuat area makan ini terasa lebih nyaman. Kamu bisa bermain dengan lebih banyak warna. Misalnya saja dengan menambahkan vas bunga ataupun menggunakan cat dinding atau wallpaper dengan motif dan warna yang berbeda.

6. Area makan di sudut ruangan

6 Inspirasi Ruang Makan Minimalis untuk Ruang Sempit di Apartemenidealhome.co.uk

Buatlah sebuah ruang makan minimalis dengan menempatkan meja dan kursi makan di sudut ruangan. Gunakan bangku yang bisa disisipkan di bawah meja saat tidak sedang digunakan sehingga bisa menghemat ruang. Berikan karakter pada area makan dengan berbagai sentuhan pribadi. Di antaranya wall art, penggunaan bangku kayu untuk kesan tradisional, atau penambahan beragam detail aksesoris lainnya

Intinya, hanya dengan penambahan sepaket meja dan kursi makan, kamu sudah menciptakan ruang makan khusus. Pada desain apartemen open-plan atau tanpa sekat, kamu bisa menambahkan detail khusus yang bermanfaat sebagai pembagi fungsi ruangan. 

Baca Juga: Rumah Riche: Desain Hunian Istimewa dengan Ruang Makan Terbuka

Arsitag.com Photo Verified Writer Arsitag.com

Kami percaya bahwa desain ruangan yang baik akan meningkatkan kualitas hidup para pengguna dan penghuni ruang. *Semua foto yang berasal dari Arsitag.com adalah kekayaan intelektual milik masing-masing profesional yang mengunggah karyanya ke Arsitag.com.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya