Comscore Tracker

8 Desain Rumah Bernuansa Tropis yang Membuat Serasa Tinggal di Resor 

Cara keren ciptakan nuansa tropis di dalam rumah 

Beberapa waktu belakangan, gaya desain tropis mulai populer dan banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Seiring dengan itu, desain rumah tropis kian dilirik karena memberikan nuansa liburan yang hangat dan menyenangkan.

Jika kamu merupakan pencinta alam, penerapan desain tropis di rumah tentu akan memberikan perasaan santai yang tak tergantikan. Lalu, sebenarnya apa saja sih, yang perlu ditambahkan untuk membuat rumah memiliki suasana tropis layaknya di sebuah resor?

1. Gunakan wallpaper dengan tema tropis 

8 Desain Rumah Bernuansa Tropis yang Membuat Serasa Tinggal di Resor thespruce.com

Dekorasi rumah tropis pertama yang bisa kamu coba adalah memasang wallpaper bertema tumbuhan tropis yang hijau dan menyejukkan mata. Penggunaan wallpaper ini akan menghadirkan nuansa tropis yang kuat. Oleh karena itu, kamu hanya perlu mengaplikasikannya pada satu sisi dinding saja. Apabila kamu tipe yang suka berkreasi, tidak ada salahnya mengecat sendiri dindingmu dengan pola dedaunan.

2. Padukan dengan desain minimalis 

8 Desain Rumah Bernuansa Tropis yang Membuat Serasa Tinggal di Resor thespruce.com

Desain tropis memiliki karakter yang kuat, sehingga hunianmu akan dipenuhi berbagai aksen dan sentuhan tropis. Oleh karena itu, untuk menyederhanakannya, kamu dapat mengombinasikan desain tropis dengan desain minimalis yang sederhana. Pilihlah material kayu yang menonjolkan tekstur aslinya untuk mendapatkan nuansa tropis yang autentik.

3. Maksimalkan pencahayaan 

8 Desain Rumah Bernuansa Tropis yang Membuat Serasa Tinggal di Resor architizer.com

Pencahayaan adalah hal terpenting dalam membuat desain rumah tropis yang memiliki banyak tanaman hijau dalam ruangan. Kamu akan membutuhkan sliding door dari kaca, atau jendela yang dapat membuka dengan lebar agar cahaya masuk dengan leluasa.

4. Tempatkan tumbuhan tropis di dalam ruangan 

8 Desain Rumah Bernuansa Tropis yang Membuat Serasa Tinggal di Resor staceking.com

Ciri khas utama dari rumah desain tropis adalah keberadaan tanaman tropis di dalam ruangan. Tumbuhan yang biasa digunakan di antaranya tanaman palem, pakis sarang burung (kadaka), philodendron, ataupun monstera deliciosa. Tempatkan tanaman-tanaman ini di berbagai sudut yang terkena cahaya matahari di rumahmu dan jangan lupa untuk merawatnya dengan baik, ya!

Baca Juga: 'Rumah Tropis Avie': Dekorasi Hunian Nyaman Penuh Tanaman

5. Perkuat nuansa tropis pada barang-barang 

8 Desain Rumah Bernuansa Tropis yang Membuat Serasa Tinggal di Resor calivintage.com

Desain interior tropis memiliki sentuhan organik seperti kayu-kayuan yang terlihat dari berbagai peralatan yang digunakan. Kursi rotan, tikar, dan pajangan yang terbuat dari anyaman tidak pernah gagal menghadirkan nuansa tropis yang cantik. Asyiknya lagi, kamu tetap dapat memadukannya dengan sofa atau peralatan lain dengan desain modern atau minimalis.

6. Pilih aksen yang tepat untuk sentuhan interior dengan material kayu 

8 Desain Rumah Bernuansa Tropis yang Membuat Serasa Tinggal di Resor thespruce.com

Senada dengan yang disebutkan sebelumnya, desain rumah tropis identik dengan sentuhan organik dari kayu dan rotan. Maksimalkan tampilan interior tropis kekinian dengan menetapkan unsur tertentu yang menonjol. Misalnya saja, pintu kayu berwarna gelap dengan pola segitiga seperti di ruang keluarga ini. Ornamen pintu tampak mencolok di antara penggunaan barang-barang kayu dengan warna pucat di dalam ruangan.

7. Kombinasikan warna cerah dan netral 

8 Desain Rumah Bernuansa Tropis yang Membuat Serasa Tinggal di Resor thespruce.com

Mengenai pewarnaan, tidak ada yang lebih cocok dengan tema desain tropis selain warna-warna netral seperti hitam, putih, dan abu-abu. Dengan demikian, kamu dapat berkreasi dengan warna-warna cerah seperti kuning, hijau, dan biru pada pilihan furniturnya. Gaya desain tropis mengutamakan palet warna terang dan hangat.

8. Pasang lampu neon 

8 Desain Rumah Bernuansa Tropis yang Membuat Serasa Tinggal di Resor thespruce.com

Sentuhan terakhir untuk menyempurnakan desain rumah tropis milikmu adalah lampu neon! Kamar dengan dekorasi warna-warni tropis kamu akan semakin indah dengan lampu neon yang menghiasi pada malam hari. Selain di kamar, tambahkan pula lampu neon di ruangan berkumpul atau di taman belakang rumah.

Jika semua hal di atas sudah kamu lakukan, sekarang rumahmu sudah sangat dekat dengan gambaran resor di pulau tropis! Hadirkan pula tanaman indoor di satu sudut ruangan.

Selanjutnya, kamu dan keluarga akan semakin betah di rumah dengan perasaan yang lebih santai dengan desain tropis yang hidup dan menyenangkan. Selamat bersantai!

Baca Juga: 14 Inspirasi Rumah yang Cocok untuk Iklim Tropis, Seger Banget!

Arsitag.com Photo Verified Writer Arsitag.com

Kami percaya bahwa desain ruangan yang baik akan meningkatkan kualitas hidup para pengguna dan penghuni ruang.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya