Comscore Tracker

7 Ide Sulap Rooftop jadi Tempat Santai yang Super Nyaman di Rumah 

Santai di rooftop bakal jadi kebiasaan barumu, nih! 

Rooftop atau bagian atas atap rumah sering kali terabaikan saat membangun rumah. Tidak jarang, kemudian berujung menjadi lahan kosong yang terlalu luas untuk sekadar tempat menjemur pakaian. Padahal, tempat ini bisa menjadi salah satu tempat bersantai yang nyaman bagi kamu dan keluarga di saat senggang, lho. Bahkan, cukup menambahkan area duduk dan bantal-bantal empuk, kamu sudah punya tempat ekstra buat santai seru.

Khusus buat kamu yang belum memberi perhatian khusus pada rooftop rumahmu, coba tiru beberapa ide tempat santai rooftop yang cozy dan bikin pewe. Dijamin, antibosan meski harus menghabiskan banyak waktu di rumah!

1. Tempatkan sofa yang nyaman 

7 Ide Sulap Rooftop jadi Tempat Santai yang Super Nyaman di Rumah sugarandcloth.com

Hal pertama yang perlu kamu tambahkan di bagian rooftop adalah tempat duduk yang nyaman seperti sofa. Namun, sesuai dengan iklim Indonesia yang memiliki curah hujan tinggi, menempatkan sofa tanpa atap adalah hal yang mustahil. Untuk mengakalinya, kamu perlu memasang atap penutup tambahan atau kanopi.

2. Santai tanpa sofa, bisa kok! 

7 Ide Sulap Rooftop jadi Tempat Santai yang Super Nyaman di Rumah dwell.com

Meski tanpa sofa, rooftop rumahmu tetap bisa nyaman untuk bersantai, lho. Gunakan tumpukan palet-palet kayu dan kursi anyaman sebagai pengganti sofa. Tambahkan atribut lainnya seperti tikar, bantal, dan hammock yang dapat dikeluarkan saat akan digunakan saja, sehingga kamu tidak perlu mencemaskan cuaca.

3. Tempat santai all-white  

7 Ide Sulap Rooftop jadi Tempat Santai yang Super Nyaman di Rumah domino.com

Faktor cuaca menjadi pertimbangan penting saat merancang desain tempat santai rooftop. Apabila sedang musim kemarau, atau saat hujan jarang turun, memasang payung outdoor tampaknya sudah cukup. Di sini kamu dan keluarga bisa menikmati waktu santai baik di pagi, sore, maupun malam hari, ketika sinar matahari tidak begitu terik.

Baca Juga: Pengen Punya Taman di Rooftop? Catat 5 Tips Penting Ini Dulu!

4. Bersantai di ruang terbatas  

7 Ide Sulap Rooftop jadi Tempat Santai yang Super Nyaman di Rumah joliplace.com

Desain rooftop keren tidak harus luas, kamu dapat memanfaatkan space terbatas di rooftop untuk membuat tempat bersantai yang super nyaman. Bantal dan hiasan dengan warna cerah bakal menunjang mood untuk bersantai di akhir pekan sambil membaca buku, mendengarkan musik, hingga streaming film.

5. Rooftop dengan konsep natural 

7 Ide Sulap Rooftop jadi Tempat Santai yang Super Nyaman di Rumah thefreshexchange.com

Konsep natural dengan tempat duduk dan partisi dari kayu sangat cocok untuk kamu jadikan inspirasi rooftop nyaman yang bernuansa sejuk. Jangan lupa, hiasi dengan tanaman yang tidak memerlukan perawatan serius, agar mudah dibersihkan.

6. Mini rooftop garden 

7 Ide Sulap Rooftop jadi Tempat Santai yang Super Nyaman di Rumah architecturaldigest.com

Selain tempat bersantai, rooftop juga sangat cocok untuk dijadikan tempat untuk berkebun dan membuat taman mini. Santai di rooftop bakal terasa lebih nyaman dengan dikelilingi pemandangan bunga-bunga. Konsep ini juga ramah untuk iklim dan cuaca di Indonesia, karena tumbuhan dapat dengan mudah tumbuh dan berkembang.

7. Nyaman bersantai tanpa harus ribet maintenance 

7 Ide Sulap Rooftop jadi Tempat Santai yang Super Nyaman di Rumah homedit.com

Tempat bersantai rooftop berikutnya memiliki konsep minimalis yang low maintenance, sehingga sangat cocok untuk kamu yang super sibuk. Kamu tidak harus merawat tanaman ataupun mengemasi barang-barang, sehingga dapat datang dan pergi sewaktu-waktu. Selain itu, adanya atap permanen memungkinkan kamu untuk tetap dapat bersantai sekalipun matahari masih bersinar dengan terik, tanpa harus kepanasan.

Berbagai ide tempat bersantai rooftop yang  super nyaman tentunya perlu disesuaikan dengan iklim dan kecenderungan cuaca di Indonesia. Saat membuat tempat bersantai di rooftop, pastikan kamu memilih konsep yang benar-benar cocok dengan gaya hidup kamu. Jangan lupa, pilihlah material yang tahan cuaca agar awet untuk waktu yang lama. Selamat mencoba!

Baca Juga: Rumah Berkonsep Scandinavian dengan Rooftop Kece, Asik buat Chill!

Arsitag.com Photo Verified Writer Arsitag.com

Kami percaya bahwa desain ruangan yang baik akan meningkatkan kualitas hidup para pengguna dan penghuni ruang. *Semua foto yang berasal dari Arsitag.com adalah kekayaan intelektual milik masing-masing profesional yang mengunggah karyanya ke Arsitag.com.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya