Comscore Tracker

7 Tips Renovasi Ruang untuk Tempat Berolahraga di Rumah 

Bikin gym di rumah semakin keren dan nyaman 

Di tengah-tengah menjalani imbauan pemerintah untuk tetap di rumah demi memutus rantai penyebaran virus corona saat ini, penting sekali bagi kita untuk tetap aktif berolahraga agar imunitas tubuh tetap prima.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu mendedikasikan sebuah area khusus sebagai tempat berolahraga alias home gym agar aktivitas olahraga semakin menyenangkan. Cobalah 7 ide dan tips berikut sebagai sumber inspirasi untuk kamu yang ingin merenovasi ruang untuk tempat berolahraga di rumah.

1. Manfaatkan sudut ruangan yang tidak terpakai 

7 Tips Renovasi Ruang untuk Tempat Berolahraga di Rumah womensrunning.com

Tempat berolahraga tidak harus menggunakan ruangan khusus. Kamu dapat memanfaatkan ruangan apa saja yang tersedia di dalam rumah. Cukup dengan menggunakan sudut ruangan yang selama ini kurang dimanfaatkan. Apabila menghadapi area yang terbatas, kamu tidak harus menggunakan terlalu banyak peralatan. Cukup hadirkan satu atau dua peralatan olahraga favorit kamu seperti treadmill atau elliptical bike.

2. Desain ruang olahraga semenarik mungkin 

7 Tips Renovasi Ruang untuk Tempat Berolahraga di Rumah hgtv.com

Untuk membuat waktu olahraga menjadi semakin menyenangkan, buat ruang olahraga menjadi lebih menarik dengan desain yang menawan. Desain yang bisa kamu coba adalah memasukkan ragam unsur warna ke dalam ruangan. Kamu dapat melakukannya dengan mengecat dinding menggunakan warna-warna cerah, atau cukup dengan memilih peralatan olahraga yang memiliki warna dan pola menarik.

3. Tambahkan cermin untuk memberi kesan luas dan lapang 

7 Tips Renovasi Ruang untuk Tempat Berolahraga di Rumah yegfitness.ca

Untuk membuat tempat berolahraga di rumah kamu terlihat lebih luas dan lapang, pasanglah cermin dinding berukuran super besar. Pemasangan cermin seperti ini memberi manfaat ganda, nih. Bukan hanya mampu memantulkan cahaya ke seluruh ruangan yang membentuk kesan lapang, kamu pun dapat memanfaatkannya untuk memeriksa postur tubuh saat sedang berolahraga. Dengan adanya cermin, kamu dapat memastikan bahwa postur olahragamu sudah tepat.

Baca Juga: 5 Channel YouTube Fitness Ini Bisa Bantu Kamu Rajin Olahraga di Rumah

4. Ciptakan focal point dalam ruangan 

7 Tips Renovasi Ruang untuk Tempat Berolahraga di Rumah hgtv.com

Ciptakan sebuah focal point dalam ruangan atau area olahraga tersebut. Focal point ini bisa dihadirkan dalam bentuk apa saja. Misalnya, dengan cara mengubah satu sisi dinding ruangan menjadi focal wall melalui pemasangan wallpaper super keren, memasang foto anggota keluarga, memajang lukisan favorit untuk membuat gallery wall, atau bahkan membuat vertical garden. Kunci paling penting adalah, buatlah focal point yang membuat kamu bersemangat untuk terus berolahraga.

5. Loteng sebagai home gym 

7 Tips Renovasi Ruang untuk Tempat Berolahraga di Rumah hgtv.com

Bila selama ini kamu hanya memanfaatkan loteng sebagai tempat penyimpanan barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi, sekarang saatnya merenovasinya menjadi tempat olahraga. Bentuk loteng yang tidak biasa mungkin akan membuat kamu ragu saat akan menempatkan semua peralatan olahraga di dalamnya. Namun, semua dapat diatasi dengan perencanaan yang cermat. Misalnya dengan menambahkan skylight dan lampu yang terang, kamu dapat mengubahnya menjadi sebuah tempat berolahraga yang nyaman untuk seluruh anggota keluarga. Kini, tak ada lagi loteng suram yang terbengkalai!

6. Fitness wall sebagai alternatif 

7 Tips Renovasi Ruang untuk Tempat Berolahraga di Rumah isawallsystems.com

Lengkapi tempat olahraga kamu dengan berbagai perlengkapan olahraga yang kamu butuhkan. Bila ruang yang ada tidak memungkinkan, kamu dapat memasang fitness wall. Fitness wall merupakan sebuah alternatif yang sedang populer belakangan ini karena tidak membutuhkan banyak peralatan, serta tidak membutuhkan ruang yang luas. Sebuah fitness wall telah memiliki ragam peralatan olahraga seperti body straps, resistance bands, dan pull up bars. Lengkap dan tak banyak makan tempat, kan?

7. Lengkapi tempat berolahraga dengan fasilitas pendukung 

7 Tips Renovasi Ruang untuk Tempat Berolahraga di Rumah sebringdesignbuild.com

Kamu bisa menambahkan kulkas mini untuk tempat minuman favorit kamu, ataupun TV layar besar yang mempersilakan kamu menonton film atau memutar video gerakan olahraga yang bisa kamu contoh sambil olahraga. Peralatan dan fasilitas yang memadai tentunya membuat waktu olahraga menjadi lebih menyenangkan.

Memiliki ruang olahraga pribadi di rumah membebaskan kamu dalam pemilihan komponen yang diinginkan. Ditambah, didukung dengan desain yang keren, sudah tentu akan membangkitkan semangat kamu berolahraga. Bahkan, dapat menularkan kebiasaan gemar olahraga kepada anggota keluarga lainnya. Jangan lupa, tambahkan playlist musik upbeat biar olahraga makin seru!

Baca Juga: Olahraga di Rumah, 5 Gerakan Simpel yang Bisa Memperkuat Sistem Imun

Arsitag.com Photo Verified Writer Arsitag.com

Kami percaya bahwa desain ruangan yang baik akan meningkatkan kualitas hidup para pengguna dan penghuni ruang.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya