Comscore Tracker

[VIDEO] Odol dan Praktik Langsung 8 Manfaatnya yang Gak Umum Diketahui

Bisa banget diaplikasikan

Mayoritas orang tahu bahwa odol merupakan produk yang digunakan untuk membersihkan gigi, yang digunakan dengan bantuan sikat gigi. Namun ternyata manfaatnya jauh lebih daripada sekadar membersihkan gigi. Odol sudah ada sejak lama sekali dan beberapa orang sudah menggunakanya untuk berbagai macam keperluan selain untuk gigi. Apa saja sih fungsi lainnya? Baca selengkapnya di sini dan saksikan videonya!

1. Kamu memang pasti tahu odol itu apa, tapi kebanyakan orang mungkin gak mengerti kisah di baliknya

[VIDEO] Odol dan Praktik Langsung 8 Manfaatnya yang Gak Umum Diketahuicoredental.com.au

Selain air 20-42%, odol terdiri dari berbagai komponen, 3 yang utama adalah: abrasif, fluorida dan detergen. Sejak 5000 SM, orang Mesir membuat odol dalam bentuk bubuk gigi, yang terdiri dari: bubuk abu kuku sapi, mur, bubuk kulit telur yang dibakar dan batu apung. Orang-orang Yunani serta Romawi, memperbaiki resep dengan menambahkan abrasif seperti tulang yang hancur dan cangkang tiram. Selama periode Edo Jepang, penemu Hirika Gennai Hika rakuyo (1769), memuat iklan untuk Sosekiko, "pasta gigi dalam kotak.”

Pada abad ke-9, musisi dan perancang busana Irak, Ziryab, menciptakan sejenis odol, yang dipopulerkan di seluruh Spanyol. Bahan-bahan yang pasti dari odol ini tidak diketahui, tetapi dilaporkan memiliki fungsi yang tepat dan menyenangkan untuk dicicipi. Tidak diketahui apakah odol awal ini digunakan secara sendiri, harus digosok ke gigi dengan lap atau harus menggunakan bentuk sikat gigi awal, seperti: ranting pohon neem dan miswak. Pasta atau bubuk gigi mulai digunakan secara umum pada abad ke-19.

2. Berbicara soal odol, ada beberapa macam lho yang beredar di masyarakat

[VIDEO] Odol dan Praktik Langsung 8 Manfaatnya yang Gak Umum Diketahuibusinessinsider.com

Ada banyak tipe odol yang beredar di pasaran. Beberapa tipe umum yang dijual antara lain odol fluoride, odol pengurang sensitif, odol anti-kalkulus, odol anti-plak dan odol whitening/pemutih. Variasi fungsinya tergantung pada bahan aktif yang terkandung di dalamnya.

Baca juga: Apa Sih Antioksidan Itu dan Apa Benar Sebermanfaat Itu?

3. Odol yang dibahas dalam artikel dan digunakan dalam eksperimen ini sebenarnya adalah odol yang tidak memiliki bahan scrub terlalu kasar

[VIDEO] Odol dan Praktik Langsung 8 Manfaatnya yang Gak Umum Diketahuiawesomejelly.com

Amannya untuk penggunaan pembersihan layar hape dan kameranya adalah odol apapun selain jenis whitening, karena kandungannya cenderung abrasif. Namun jika terpaksa, odol whitening tetap bisa digunakan, asalkan penekanannya tidak terlalu kuat. Sedangkan untuk fungsi lainnya, odol tipe apapun bisa berguna dan justru dianjurkan yang tipe whitening.

4. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat 8 aplikasi langsung odol lewat video ini deh!

Nah kan, ternyata memang berguna banget ya! Selain bermanfaat untuk menjaga kebersihan gigi, ternyata odol bisa juga digunakan juga sebagai pengganti lem, membersihkan perhiasan, mengharumkan tangan sehabis memasak, membersihkan flek hitam di muka, membersihkan layar hape sekaligus kameranya dan bahkan membuat korek api yang sudah basah bisa menyala kembali.

[VIDEO] Odol dan Praktik Langsung 8 Manfaatnya yang Gak Umum Diketahuiproductsafety.gov.au

Sudah tahu kan cara pengaplikasiannya dengan melihat videonya? Tunggu apa lagi, coba saja sendiri! Tenang saja, aman kok, toh odol pada dasarnya adalah produk yang masuk ke dalam mulut, meskipun tidak ditelan. Namun tetap pastikan bahwa produk odolmu masih layak pakai dan gak kedaluwarsa ya, karena harusnya aman dicoba. Selamat mencoba!

Baca juga: [VIDEO] Praktik Langsung 8 Manfaat Vaseline yang Bakal Memudahkan Harimu

Topic:

Berita Terkini Lainnya