Comscore Tracker

5 Tips Mendaur Ulang Produk Tak Terpakai di Singapura, Go Green!

Langkah kecil dengan dampak yang besar

Singapura telah dikenal secara luas sebagai negara yang telah menerapkan komitmen untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan, di mana 740 lokasi yang terletak di Singapura telah ikut berpatisipasi dalam program daur ulang yang disediakan oleh pemerintah. 

Bahkan, program daur ulang menjadi salah satu aktivitas penting yang diterapkan oleh berbagai kalangan masyarakat dan perlu dilakukan secara tepat sehingga kamu tidak menghambat proses daur ulang produk selama berada di Singapura. Yuk, lihat apa saja!

1. Ketahui jenis produk yang dapat didaur ulang 

5 Tips Mendaur Ulang Produk Tak Terpakai di Singapura, Go Green!Ilustrasi memilah produk (pexels.com/SHVETS production)

Dalam menerapkan program daur ulang, Singapura telah menghadapi beberapa permasalahan yang berkaitan dengan edukasi mengenai jenis produk yang dapat melalui proses daur ulang di mana kesalahan penempatan produk dapat menghambat proses daur ulang secara keseluruhan, lho.

Maka, kamu dapat memeriksa terlebih dahulu label tempat sampah yang akan kamu jadikan sebagai tempat pembuangan produk. Biasanya, kamu dapat melakukan proses daur ulang terhadap produk dengan material kaca, kertas, logam, dan plastik. 

2. Kembalikan kemasan produk 

5 Tips Mendaur Ulang Produk Tak Terpakai di Singapura, Go Green!Ilustrasi daur ulang (pexels.com/Julia M Cameron)

Sebagai salah satu negara yang memiliki kesadaran yang tinggi terhadap pemeliharaan lingkungan, Singapura menawarkan berbagai program daur ulang kemasan produk dengan syarat yang perlu kamu penuhi melalui berbagai merek kecantikan. 

Melalui program daur ulang tersebut, kemasan produk yang telah dikembalikan akan melalui proses daur ulang sehingga dapat digunakan kembali dan diproduksi menjadi kemasan produk lainnya.

Beberapa merek yang menawarkan program daur ulang ini adalah Innisfree, Kiehl's, dan The Body Shop

Baca Juga: 5 Tips Mengurangi Sampah Plastik Selama Menyimpan Makanan, Go Green!

3. Kemas produk daur ulang dalam kardus 

5 Tips Mendaur Ulang Produk Tak Terpakai di Singapura, Go Green!Ilustrasi mengemas produk daur ulang (pexels.com/Sarah Chai)

Bila kamu tertarik untuk mengikuti proses daur ulang selama berada di Singapura, maka kamu disarankan untuk mengemas kemasan produk ke dalam kardus ataupun tas sehingga dapat menghindari adanya kontaminasi dari faktor eksternal dan internal selama proses daur ulang. 

Setelah itu, kamu dapat meletakkan kardus tersebut pada lokasi daur ulang yaitu tempat sampah berwarna biru dengan ukuran cukup besar yang terletak di seluruh wilayah Singapura, di mana tempat sampah daur ulang tersedia pada setiap blok
Housing & Development Board (HDB). 

4. Bersihkan produk daur ulang 

5 Tips Mendaur Ulang Produk Tak Terpakai di Singapura, Go Green!Ilustrasi membersihkan produk daur ulang (pexels.com/cottonbro)

Nah, kamu perlu membersihkan kemasan produk terlebih dahulu seperti kemasan sampo, sabun, deterjen, dan minuman kemasan sebelum kamu letakkan pada tempat sampah daur ulang yang telah disediakan oleh pemerintah, yah!

Hal ini perlu kamu lakukan untuk mengantisipasi adanya kontaminasi dari cairan ataupun sisa makanan terhadap barang lain yang terdapat dalam tempat sampah daur ulang berwarna biru yang dapat kamu temukan secara mudah di seluruh wilayah Singapura. 

5. Ikuti grup daur ulang 

5 Tips Mendaur Ulang Produk Tak Terpakai di Singapura, Go Green!Ilustrasi memberikan produk daur ulang (pexels.com/RODNAE Productions)

Freecycling menjadi salah satu program daur ulang terpopuler yang tersedia secara online sehingga kamu dapat memberikan produk tidak terpakai secara gratis kepada orang yang membutuhkan. Bahkan, kamu juga dapat menyumbangkan berbagai jenis barang seperti perlengkapan bayi, seni, ataupun tanaman melalui grup ini. 

Bahkan, program ini mampu menawarkan berbagai kategori berbeda setiap harinya yang tersedia melalui media sosial sehingga produk tersebut dapat diberikan kepada orang lain yang membutuhkan dibandingkan dibuang pada tempat sampah. 

Dalam melakukan proses daur ulang, kamu perlu memperhatikan berbagai langkah yang tepat dalam memisahkan dan meletakkan produk daur ulang pada lokasi yang telah disediakan oleh pemerintah sehingga tidak menghambat proses daur ulang secara keseluruhan selama berada di Singapura. 

 

Baca Juga: 9 Ide Daur Ulang Alat Olahraga Tak Terpakai, Bisa Jadi Pot Tanaman!

Cecilia Irawan Photo Verified Writer Cecilia Irawan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.