Comscore Tracker

5 Tanaman Dapur Ini Ternyata Bisa Menghasilkan Minyak Atsiri Lho

Bukan sekadar sebagai bumbu dapur

Minyak atsiri adalah minyak yang terdapat dalam tumbuh-tumbuhan dan minyak tersebut dapat di ekstrak melalui berbagai macam metode penyulingan.

Sekarang ini, minyak atsiri sudah banyak di perdagangkan karena memiliki berbagai macam manfaat jika digunakan. Berikut 5 tanaman yang dapat menghasilkan minyak atsiri beserta manfaatnya.

1. Kencur

5 Tanaman Dapur Ini Ternyata Bisa Menghasilkan Minyak Atsiri Lhohellosehat.com

Seperti yang kita ketahui, kencur merupakan salah satu bahan masakan yang berfungsi sebagai penambah rasa pada makanan. Akan tetapi, bukan hanya sebagai bahan masakan saja rimpang kencur juga dapat di ekstrak dan menghasilkan minyak atsiri.

Minyak atsiri kencur dapat bermanfaat untuk melegakan pernapasan dengan cara meneteskannya ke dalam mangkok yang berisi air hangat sehingga aromanya dapat dihirup.

2. Jahe

5 Tanaman Dapur Ini Ternyata Bisa Menghasilkan Minyak Atsiri LhoPexels/Pixabay

Minyak atsiri yang dihasilkan dari jahe memiliki banyak manfaat. Dilansir dari aromaweb.com minyak atsiri jahe dapat digunakan dalam diffuser untuk membantu meredakan mual serta mabuk perjalanan.

Baca Juga: 13 Bumbu Dapur yang Bisa Dijadikan Perawatan, Cantik Alami Deh!

3. Kayu Manis

5 Tanaman Dapur Ini Ternyata Bisa Menghasilkan Minyak Atsiri LhoPexels/Pixabay

Selain digunakan untuk bumbu masakan, kayu manis juga menghasilkan minyak atsiri yang memiliki manfaat sebagai pengharum ruangan. Menurut Dr. Josh Axe DC, DMN, CNS yang dipublikasikan dalam DR. Axe Food is Medicine secara aromatik minyak kayu manis dapat menyebar ke seluruh ruangan dengan menggunakan diffuser.

4. Serai

5 Tanaman Dapur Ini Ternyata Bisa Menghasilkan Minyak Atsiri LhoHealthjade.com

Manfaat minyak atsiri serai secara eksternal menurut Dr. Josh Axe DC, DMN, CNS yang dipublikasikan dalam DR. Axe Food is Medicine pada maret 2015 adalah untuk membunuh bakteri, mengurangi nyeri tubuh dan mengusir serangga.

5. Kunyit

5 Tanaman Dapur Ini Ternyata Bisa Menghasilkan Minyak Atsiri LhoPexels/Marta Branco

Minyak atsiri yang dihasilkan oleh tanaman bumbu dapur lainnya adalah kunyit. Dilansir dari naturalfoodseries.com minyak atsiri kunyit bermanfaat untuk memperbaiki noda bekas jerawat dan mencerahkan warna kulit.

Wah, ternyata banyak sekali ya khasiatnya!

Baca Juga: 9 Minyak Esensial yang Biasa Digunakan Sebagai Aromaterapi

Dea An Nissa Photo Writer Dea An Nissa

Menulis membuat saya lebih bahagia. Instagram : @deannissa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya