Comscore Tracker

5 Macam Seni Kertas yang Ampuh Bikin Interior Rumah Lebih Wah

Dekorasi interior budget rendah? Paper art aja!

Kertas yang terkesan hanya punya fungsi utama sebagai media dalam dunia tulis menulis ternyata juga bisa menjadi karya seni yang indah lho di tangan orang yang tepat. Bahkan ada beberapa jenis kesenian kertas nih di dunia.

Daripada pusing dengan harga dekorasi interior yang selangit, kalian bisa melirik kreasi kertas berikut sebagai bahan dekorasi kamar kalian. Murah tapi tetap cantik. Kalian juga bisa menjadikan kesenian kertas ini sebagai ladang bisnis nih. Yuk mulai kita intip satu per satu.

1. Origami

5 Macam Seni Kertas yang Ampuh Bikin Interior Rumah Lebih Wahunsplash.com/Chinh Le DUc

Kesenian kertas yang pertama adalah origami. Seni yang satu ini sudah pasti kalian sering dengar sedari kecil. Murid-murid taman bermain juga pasti sudah mendapatkan materi cara-cara melipat kertas hingga jadi berbagai bentuk origami yang cantik.

Origami berasal dari negara Jepang pada tahun 741 Masehi. Berawal dari seringnya masyarakat Jepang membuat penutup botol sake (arak Jepang) dari kertas yang dilipat. Dalam bahasa Jepang, kata ‘ori’ berarti lipat dan kata ‘kami’ berarti kertas. Dalam dunia seni, origami memang diartikan sebagai seni melipat kertas. Bentuk-bentuk origami yang umum adalah hewan dan tumbuhan. Teknik pembuatannya pun bermacam-macam, ada yang sederhana seperti yang sering diajarkan di taman bermain, hingga yang sangat rumit dengan hasil yang memang luar biasa cantik.

2. Kirigami

5 Macam Seni Kertas yang Ampuh Bikin Interior Rumah Lebih Wahunsplash.com/Chinh Le Duc

Miniatur jembatan ini terbuat dari kertas lho! Cantik kan? Miniatur jembatan ini merupakan salah satu hasil karya seni kirigami guys.

Lho, kok namanya hampir mirip dengan origami sih? Mereka memang sama-sama dari jepang guys, tapi beda arti nih. Kata 'kiri' berasal dari kata 'kiru' yang artinya potong dan kata 'gami' yang berarti kertas. Jadi berbeda sedikit dengan origami, kirigami merupakan seni memotong kertas.

Awal mulanya, kirigami banyak dimanfaatkan dalam urusan keagamaan, yaitu untuk memotong desain-desain rumit ornamen kuil di Jepang. Namun seiring perkembangan zaman, kirigami juga digunakan dalam bidang seni non keagamaan oleh masyarakat Jepang. Kirigami yang awalnya hanya berupa karya seni dua dimensi lambat laun berkembang menjadi semakin rumit dan cantik dalam bentuk kirigami tiga dimensi.

3. Papercraft

5 Macam Seni Kertas yang Ampuh Bikin Interior Rumah Lebih Wahmookeep.com

Sebenarnya papercraft ini adalah seni kertas gabungan antara origami dan kirigami. Hal ini dikarenakan teknik pembuatannya yang melibatkan teknik memotong dan melipat kertas hingga terbentuk miniatur karakter atau benda dalam bentuk tiga dimensi.

Sejarah papercraft sendiri dimulai pada perang dunia kedua, yaitu pembuatan berbagai model peralatan perang seperti pesawat, tank, dan kapal tempur dari bahan kertas. Lalu di awal abad ke-20, pola papercraft pertama kali diterbitkan di majalah dengan sebutan card modelling.

Seni papercraft ini bisa dibilang cukup sederhana karena sudah tersedia banyak pola yang bisa kalian unduh secara gratis di internet untuk kalian bentuk sendiri dirumah. Kalian cukup menggunting pola yang tersedia, lalu melipat dan merekatkan pola sesuai petunjuk yang tersedia.

4. Pop up

5 Macam Seni Kertas yang Ampuh Bikin Interior Rumah Lebih Wahadsoftheworld.com

Seni pop up ini juga merupakan perkembangan dari penggabungan origami dan kirigami nih guys. Seni pop up ini juga menggunakan teknik memotong, melipat, dan merekatkan objek kertas sedemikian rupa hingga terbentuk hasil tampilan berbentuk tiga dimensi ketika alas kertas dibuka mendatar.

Sejarahnya dimulai oleh Matthew Paris, seorang biarawan Inggris, pada abad ke-13. Matthew membuat buku berjudul Chronica Majorca yang perangkat kertas di dalamnya dapat digerakkan memutar sebagai simulasi astronomi, navigasi, perhitungan ramalan, dan perhitungan kalender keagamaan.

Berlanjut pada tahun1543, Andreas Vesalius membuat buku tentang sistem anatomi tubuh manusia dalam bukunya yang berjudul De corporis humani fabrica libri septem. Dalam buku tersebut, tampilan anatomi tubuh manusia ditampilkan secara pop up sehingga mampu menyampaikan ilustrasi anatomi manusia secara lebih nyata.

Seni pop up sendiri akhirnya terus berkembang, baik dalam bentuk buku maupun kartu. Seperti buku cerita anak-anak berbentuk pop up yang sudah sering kita temui.

5. Paper quilling

5 Macam Seni Kertas yang Ampuh Bikin Interior Rumah Lebih Wahpexels.com/Rakesh Naidu

Seni kertas yang satu ini mungkin tidak setenar origami atau kirigami. Paper quilling sesuai dengan namanya adalah seni menggulung kertas. Sama halnya dengan kirigami, paper quilling ini juga awalnya digunakan hanya untuk urusan keagamaan di Eropa sejak abad ke-17 dengan sebutan paper filigree atau roll work.

Bahan kertas yang digunakan untuk seni paper quilling ini bukan sembarang kertas ya guys. Biasanya kertas quill ini banyak dijual di toko bahan kerajinan. Lebar kertasnya juga berbeda ya, mulai dari ukuran tiga hingga enam milimeter. Jika kalian kesulitan mendapatkan bahan kertas quill ini, kalian bisa memotong sendiri dari kertas A4 dengat berat 80 gram sesuai lebar yang kalian butuhkan.

Meski teknik menggulung kertas bisa kalian lakukan manual menggunakan jari, sebenarnya ada lho jarum penggulung khusus untuk kertas quill yang bisa kalian beli di toko bahan kerajinan. Jarum quill ini memiliki lubang kecil di bagian ujungnya yang berfungsi untuk menjepit ujung kertas sehingga hasil gulungan pun menjadi lebih rapi.

Bentuk karya paper quilling ini tidak melulu berupa gulungan sempurna lho guys. Justru untuk mendapatkan hasil karya yang indah, biasanya dipadukan antara gulungan yang sempurna dengan lekukan berombak yang sederhana dari paper quilling ini.

Dian Lestari Wilianingtyas Photo Community Writer Dian Lestari Wilianingtyas

Numpang nulis buat lepas penat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You