Comscore Tracker

8 Inspirasi Mini Library Cantik untuk Kalian Para Bookaholic

Gak perlu lahan gede, bikin yang mungi juga asyik!

Kalian para bookaholic pasti hafal tabiat buruk kalian sendiri terkait kecintaan kalian akan buku. Para bookaholic punya hobi belanja buku yang biasanya sering berakhir tertumpuk rapi di sudut lemari atau meja. Keterbatasan waktu kalian untuk membaca bukan berarti kalian juga jadi tidak menjaga buku kalian dengan baik ya guys. Minimal simpanlah koleksi buku kalian dengan apik di rak khusus.

Sekarang bukan saatnya untuk khawatir soal lahan untuk membangun perpustakaan mini. Untuk perpustakaan di rumah tinggal, kalian sudah cukup dengan konsep mini library kok. Yuk kita intip satu persatu inspirasi mini library ala kaum millenials di bawah ini.

1. Tenggelamkan dirimu lebih dalam lewat meja baca tersembunyi.

8 Inspirasi Mini Library Cantik untuk Kalian Para Bookaholichttp://www.theseatery.com.au/

Mini library yang satu ini masih berbentuk standar, yaitu dengan rak buku berkonsep almari dinding. Mini library yang satu ini menonjol pada penambahan meja baca di tengah rak buku yang sekaligus juga menjadi personal space. Lihat saja posisi meja baca yang menjorok masuk ke arah dinding rak. Bikin betah berlama-lama membaca buku tanpa khawatir terganggu kan?

2. Penggunaan tangga sebagai rak? Ekonomis!

8 Inspirasi Mini Library Cantik untuk Kalian Para Bookaholichttps://cdn.trendir.com/

Model mini library yang satu ini lepas dari konsep perpustakaan klasik yang cenderung kaku dengan bentuk rak yang monoton. Mini library kalian bisa juga lho dibangun hanya dengan memanfaatkan sisa lahan di antara tangga rumah dan dinding. Kalian cukup menambahkan papan alas sejajar dengan setiap anak tangga.

Peletakan papan alas rak bisa mengkondisikan selera, di bawah anak tangga maupun di samping anak tangga. Yang perlu diperhatikan adalah penataan buku untuk rak yang berada tepat di samping anak tangga. Jangan sampai kaki kalian tersandung perpustakaan mini buatan kalian sendiri ya akibat penataan buku yang berantakan!

3. Book in a frame.

8 Inspirasi Mini Library Cantik untuk Kalian Para Bookaholichttp://dartongroup.com/

Mini library yang satu ini benar-benar cocok untuk ruangan yang memiliki keterbatasan luas. Bentuk rak yang menempel pada dinding juga otomatis memberikan kesan luas lho untuk ruang baca kalian. Bentuk rak ini juga bisa menyesuaikan selera kalian. Kalian kan juga bisa membuat rak ini sesuai nama kalian. Pasti makin betah deh berlama-lama membaca di mini library ini.

Jangan lupa memperhatikan bahan yang kalian gunakan untuk membuat rak ya! Pastikan bahwa rak benar-benar mampu menopang berat tumpukan buku kesayangan kalian.

4. Perpustakaan sejuk tanpa AC? Bisa!

8 Inspirasi Mini Library Cantik untuk Kalian Para BookaholicPinterest

Siapa sih yang betah duduk membaca berlama-lama di ruangan yang pengap dan panas? Bikin gak konsentrasi membaca deh!

Jangan buru-buru berpikir untuk memasang air conditioner ya guys! Daripada tagihan listrik kalian membengkak, yuk sisihkan sedikit waktu dan tenaga kalian untuk berkebun. Posisikan mini library kalian dekat dengan taman. Usahakan ada satu pohon perdu yang akarnya tidak berpotensi merusak dinding bangunan kalian ya. Jangan lupa atur ventilasi seapik mungkin untuk mengoptimalkan sirkulasi udara ke dalam ruang baca kalian.

Ide perpustakaan yang bersinggungan dengan alam ini selain menyejukkan ruangan secara alami, juga sekaligus akan menyegarkan mata kalian guys.

5. Rak minimalis.

8 Inspirasi Mini Library Cantik untuk Kalian Para Bookaholichttp://homeworlddesign.com/

Contoh rak buku satu ini termasuk out of the box ya? Siapa sangka bahwa rak buku bisa minimalis sekaligus cantik seperti itu.

Selain berfungsi sebagai mini library, model rak buku ini juga bisa jadi pemanis ruangan. Ide mini library yang satu ini lebih cocok ditempatkan pada ruang keluarga atau ruang tamu dengan komposisi buku yang cenderung sedikit. Kalian sebaiknya menempatkan buku-buku yang bertema ringan sebagai bacaan bagi para tamu dan kerabat yang berkunjung kerumah kalian.

6. Rak Portabel.

8 Inspirasi Mini Library Cantik untuk Kalian Para Bookaholichttp://www.impressiveinteriordesign.com/

Kalian anak kos? Tapi ingin punya mini library juga?

Bukan masalah! Rak buku portabel yang satu ini bisa menjadi inspirasi bagi kalian yang belum tinggal menetap di satu rumah nih. Desain rak tabung ini juga cantik untuk kalian tempatkan di sudut kamar kos kalian. Selain itu rak buku portabel ini juga akan lebih memudahkan kalian saat melakukan rutinitas pembersihan kamar kos. Tak perlu banyak tenaga untuk menggeser rak imut satu ini, guys!

7. Book in a bench.

8 Inspirasi Mini Library Cantik untuk Kalian Para Bookaholicoxot.com/bookshelf-sofa/

Ini sebenarnya rak buku atau bangku, sih? Bingung, ya?

Desain perabot yang satu ini memang sengaja diperuntukkan sebagai rak buku sekaligus bangku. Konsep perabot yang satu ini sudah bisa kita sebut sebagai mini library juga nih karena memang terdapat rak-rak untuk meletakkan buku sekaligus kursi baca mini.

Mini library yang satu ini sangat cocok untuk dimiliki oleh para bookaholic yang memiliki luas kamar terbatas. Jadi tak perlu tambahan ruang baru lagi kan untuk membangun perpustakaan? Letakkan saja perabot unik satu uni di salah satu sudut kamar favorit kalian.

8. Hanging bookshelf.

8 Inspirasi Mini Library Cantik untuk Kalian Para Bookaholichttps://fthmb.tqn.com/

Itu bukunya kenapa bisa tergantung seperti jemuran baju, ya? Apa mungkin ini karena efek mantra wingardium leviosa ala Harry Potter?

Jangan heboh dulu! Rak buku yang satu ini memang rak buku gantung. Buku-buku itu tidak melayang kok. Kalau kalian perhatikan lebih jeli, ada sedikit papan penopang di setiap bawah buku yang terhubung dengan tali dan tonjolan kayu di atas.

Lagi-lagi kalian harus memperhatikan penggunaan bahan rak yang satu ini. Pastikan bahwa memang rak kuat mampu menopang beban buku karena posisi buku yang menggantung lebih riskan menyebabkan rak patah. Kalian juga harus memilah kembali buku-buku yang akan kalian tempatkan di rak gantung ini. Hindari penempatan buku-buku yang tebal dan berat ya agar rak buku unik kalian tetap awet sampai kalian wariskan ke anak cucu kalian kelak.

Bagaimana? Sudah kalian tunjuk mini library mana yang kalian suka? Jangan lagi menghalangi hasrat membaca kalian karena keterbatasan lahan perpustakaan ya!

Dian Lestari Wilianingtyas Photo Verified Writer Dian Lestari Wilianingtyas

Numpang nulis buat lepas penat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya