Comscore Tracker

5 Cara Pasang Vinyl Kayu Low Budget untuk Anak Kos, biar Kamar Estetis

#IDNTimesLife kamar bisa terasa mewah

Lapisan lantai berbahan vinyl sedang banyak digemari oleh anak muda. Harganya yang terjangkau namun bisa membuat ruangan semakin estetis, jadi alasan sejumlah orang memilih melapisi lantai menggunakan bahan vinyl. 

Penggunaan vinyl juga tidak terbatas pada bangunan yang luas. Lapisan lantai ini juga bisa diaplikasikan pada ruang dengan luasan terbatas seperti kamar kos. Nah, ini 5 cara pasang vinyl kayu low budget untuk anak kos yang praktis.

1. Mempersiapkan vinyl dan mengukur luas ruangan

5 Cara Pasang Vinyl Kayu Low Budget untuk Anak Kos, biar Kamar EstetisIlustrasi mengukur ruangan. (pexels.com/Anete Lusina)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan bagian lantai yang akan dipasang vinyl. Kamu perlu mengukur luas ruangan dan menghitung jumlah vinyl yang kamu butuhkan. Hindari salah ukur dengan menggunakan meteran. 

Setelah memastikan luas ruangan atau bidang yang ingin dipasang vinyl, kamu bisa mulai memilih jenis vinyl yang hendak dipakai. Berbagai macam jenis dan model lapisan lantai berbahan vinyl bisa kamu dapat dengan harga yang terjangkau di e-commerce. 

Bagi anak kos, kamu mungkin bisa memilih jenis lapisan lantai yang panjangnya berkisar 2-3 meter sehingga pemasangannya lebih mudah. Selain itu, kamu juga bisa pilih stiker vinyl agar tidak perlu lagi memasang lem. 

2. Mengosongkan dan membersihkan ruangan

5 Cara Pasang Vinyl Kayu Low Budget untuk Anak Kos, biar Kamar EstetisIlustrasi ruangan kosong. (pexels.com/Monica Silvestre)

Sebelum melakukan pemasangan vinyl, kamu perlu mengeluarkan seluruh perabotan yang menutup ruangan. Setelah itu, bersihkan lantai dan usahakan tidak ada debu atau kotoran agar lem vinyl terpasang sempurna.

Kamu juga perlu memperhatikan lantai dasar kamar kosmu. Apabila lantai kamarmu berlubang, teksturnya tidak rata, atau bergelombang, kamu perlu meratakannya terlebih dahulu. Hal ini penting agar lem atau stiker vinyl dapat terpasang dengan baik. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tanaman Lantai untuk Dekorasi Indoor dan Outdoor

3. Mempersiapkan pemasangan vinyl

5 Cara Pasang Vinyl Kayu Low Budget untuk Anak Kos, biar Kamar EstetisIlustrasi pemasangan vinyl. (pexels.com/skitterphoto)

Apabila kamu memilih vinyl dengan motif kayu atau corak tertentu, kamu perlu perencanaan matang sebelum memasangnya. Sebab, corak kayu membutuhkan kesinambungan antara satu bagian dengan bagian lain. 

Kamu bisa menyusun kepingan vinyl di atas lantai terlebih dahulu sebelum menempelkan dengan lem untuk melihat pola lantai. Potong juga kepingan vinyl yang terlalu panjang atau tidak sesuai dengan bentuk ruangan. Bila sudah yakin, kamu bisa lanjut ke tahap selanjutnya. 

4. Menempelkan vinyl

5 Cara Pasang Vinyl Kayu Low Budget untuk Anak Kos, biar Kamar EstetisIlustrasi memasang vinyl. (pexels.com/kelly Lacy)

Setelah kamu memastikan ukuran dan bentuk vinyl yang hendak dipasang, kamu bisa masuk ke tahap pengeleman. Aplikasikan lem menggunakan kuas cat pada seluruh bagian lantai, dimulai dari bagian terdalam ruangan. 

Apabila kamu membeli stiker vinyl, kamu tidak perlu melakukan tahap pengeleman. Kamu hanya perlu mengelupas lapisan stiker dari ujung ke ujung secara perlahan dan bertahap. Pastikan tidak ada gelembung udara yang bisa merusak lapisan lantaimu. 

5. Tahap finishing

5 Cara Pasang Vinyl Kayu Low Budget untuk Anak Kos, biar Kamar EstetisIlustrasi pemasangan vinyl. (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Pastikan vinyl melekat dengan baik dan kuat pada lantai. Cek kembali apakah lapisan lantai terpasang dengan sempurna. Bila perlu, tambahkan lem pada bagian yang masih mengelupas. Apabila terdapat gelembung, kamu bisa gunakan palu untuk meratakannya. 

Jika semua lapisan sudah terpasang, diamkan beberapa jam sampai lem benar-benar mengering. Kemudian, kamu bisa membersihkan lantai vinyl dengan kain basah apabila terdapat noda lem. 

Nah, itu tadi beberapa tahap pemasangan lapisan lantai berbahan vinyl untuk anak kos. Kalau sudah pasang lantai vinyl, kamar kos bisa jadi makin estetis deh. 

Baca Juga: 9 Dekorasi Akad Ifan Seventeen Citra Monica, Lantai Kaca Curi Atensi

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya