Comscore Tracker

12 Ide Dekorasi Natal yang Sederhana dan Elegan, Ramah Lingkungan Pula

Anak kos bisa bikin  

Bulan Desember tiba, suasana Natal pun mulai terasa. Buat yang merayakan, pasti angan-angan dekorasi apa yang bakal diwujudkan di rumah sudah mulai memenuhi kepala.

Selain dekorasi yang meriah, kamu boleh lho mencoba gaya yang sederhana dan elegan. Hemat biaya, tetapi tak mengurangi kesemarakan dan makna Natal. Langsung tilik inspirasi di bawah, deh. 

1. Bikin pohon gantung dari ranting dan tali 

12 Ide Dekorasi Natal yang Sederhana dan Elegan, Ramah Lingkungan Puladekorasi natal sederhana (instagram.com/ggumigi)

Bikin dari ranting dan tali yang dibentuk menyerupai pohon cemara. Hias dengan dekorasi bertema Natal sisa tahun lalu. Hemat biaya dan ruang sekaligus, tinggal di gantung saja di dinding kamar. Cocok buat anak kos. 

2. Garland dari dedaunan dan lampu

12 Ide Dekorasi Natal yang Sederhana dan Elegan, Ramah Lingkungan Puladekorasi natal sederhana (createperfect.co.uk)

Selain ranting, membuat garland dengan rangka kawat juga praktis. Hias dengan dedaunan dan lampu. Tinggal gantung di lokasi yang dikehendaki. Boleh juga buat lebih dari satu. 

3. Tambah kantong-kantong hadiah 

12 Ide Dekorasi Natal yang Sederhana dan Elegan, Ramah Lingkungan Puladekorasi natal anti ribet (instagram.com/plumandplay)

Biar lebih semarak, garland hiasan Natalnya boleh ditambah kantong-kantong hadiah untuk teman atau kerabat yang datang berkunjung. Anak kos yang tak bisa pulang juga bisa nih bikin satu buat menyemarakkan Natal di perantauan. 

4. Toples atau vas bening berhias lampu

12 Ide Dekorasi Natal yang Sederhana dan Elegan, Ramah Lingkungan Puladekorasi natal sederhana (designedsimple.com)

Dekorasi sederhana lainnya bisa dibuat dengan memanfaatkan toples atau vas bening. Beri lampu garland di dalamnya dan taruh beberapa tangkai tanaman. Tambah pine cones supaya lebih meriah juga boleh.  

5. Pakai cemara imitasi, boleh dong

12 Ide Dekorasi Natal yang Sederhana dan Elegan, Ramah Lingkungan Puladekorasi natal sederhana (momooze.com)

Cemara imitasi sisa-sisa tahun lalu mulai rusak, jangan buang dulu. Cuci bersih dan tempatkan di botol bekas atau vas bunga seperti ini. Merayakan Natal sambil turut memperpanjang usia barang supaya tak langsung jadi sampah. 

Baca Juga: 10 Pohon Natal ini Punya Bentuk dan Dekorasi yang Bikin Ketawa Ngakak

6. Ranting pohon bisa jadi sekeren ini 

12 Ide Dekorasi Natal yang Sederhana dan Elegan, Ramah Lingkungan Puladekorasi natal elegan (instagram.com/notre.vie.en.douceur)

Selain dalam bentuk garland, kantong-kantong hadiah bisa juga digantung di ranting-ranting macam ini. Rantingnya bisa cari di sekitar rumah. Kalau sudah selesai pun bisa dibuang ke tempat sampah tanpa mencemari lingkungan. 

7. Buat garland dari potongan jeruk 

12 Ide Dekorasi Natal yang Sederhana dan Elegan, Ramah Lingkungan Puladekorasi natal natural (instagram.com/sacredwildwood)

Selain dedaunan, garland bisa dibikin dari potongan jeruk dan kayu manis. Supaya awet, potongan jeruk tinggal dipanggang sebentar di oven sampai kering. Sekalian jadi aromaterapi di rumah atau kamarmu. 

8. Bola-bola dekorasi yang berisikan daun dan bunga

12 Ide Dekorasi Natal yang Sederhana dan Elegan, Ramah Lingkungan Puladekorasi natal natural (instagram.com/usrymade)

Daripada beli bola-bola dekorasi yang berwarna-warni, kamu bisa pilih yang bening. Isi sendiri dengan dedaunan dan bunga-bungaan dari kebunmu. Tiap tahun bisa ganti suasana terus tanpa harus beli dekorasi baru. 

8. Manfaatkan tanaman hias yang sudah ada 

12 Ide Dekorasi Natal yang Sederhana dan Elegan, Ramah Lingkungan Puladekorasi natal simple (instagram.com/house.of.az)

Kamu tak perlu beli pohon cemara baru, hias saja tanaman hias yang sudah ada di kamarmu dengan lampu garland. Semarak Natal langsung terasa di ruangan. 

10. Lampu garland bisa diganti lilin aromaterapi

12 Ide Dekorasi Natal yang Sederhana dan Elegan, Ramah Lingkungan Puladekorasi natal (instagram.com/peli_pecas)

Kurang suka dengan lampu garland, ganti dengan deretan lilin aromaterapi favoritmu. Indah dan elegan. Merayakan Natal bisa minim sampah, kok. 

11. Hias pot dengan kain gemerlap 

12 Ide Dekorasi Natal yang Sederhana dan Elegan, Ramah Lingkungan Puladekorasi natal murah (instagram.com/smilejellybean)

Selain lampu atau lilin, tanaman hias di rumahmu bisa turut memeriahkan Natal dengan tambahan kain gemerlap di bagian potnya. Bungkus dan ikat dengan rapi, sederhana nan elegan. 

12. Pohon lampu dari kawat 

12 Ide Dekorasi Natal yang Sederhana dan Elegan, Ramah Lingkungan Puladekorasi natal sederhana dan elegan (instagram.com/melailse)

Meski agak ribet karena harus bikin rangka dulu, kalau dipikir pohon kawat ini bisa bertahan bertahun-tahun kemudian, jadi gak nyampah tiap tahun. Hasilnya juga tak kalah keren dari pohon cemara asli. Tertarik? 

Bagaimanapun caramu merayakan Natal tahun ini, meriah atau sederhana, tetap fokus pada maknanya, ya. Semangat untuk kamu yang masih harus menghabiskan Natal di perantauan. 

Baca Juga: 25 Ucapan Natal Paling Menyentuh Hati, Penuh Haru!

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya