Comscore Tracker

9 Sumber Warna Menyala di Ruangan Selain Cat Dinding, Dijamin Hemat!

Gampang diutak-atik pula #IDNTimesLife

Bukan tipe minimalis yang nyaman dengan warna netral dan kalem? Ingin menambahkan warna-warna menyala atau vibrant di rumahmu? Cat dinding mungkin jadi solusi yang pertama kali muncul di kepala. Urungkan dulu, deh. Ada banyak sumber warna menyala untuk ruangan yang bisa dicoba.

Di samping menghemat anggaran, sumber warna selain cat dinding jauh lebih mudah diutak-atik. Ini buktinya. 

1. Foto atau poster

9 Sumber Warna Menyala di Ruangan Selain Cat Dinding, Dijamin Hemat!Poster (instagram.com/pstr.studio)

Sebelum memutuskan mengecat dinding dengan warna-warna berani, coba deh pasang poster atau lukisan dengan warna-warna menyala yang kamu suka. Di tengah dominasi perabot dan cat netral, poster jadi aksen penting yang mengimbangi segala kesederhanaan di ruanganmu. 

2. Keset dan karpet

9 Sumber Warna Menyala di Ruangan Selain Cat Dinding, Dijamin Hemat!Keset (instagram.com/luckybear____)

Begitu pula dengan bagian lantai, sebelum mengganti ubin atau memasang vinyl. Boleh coba letakkan dulu karpet atau keset berwarna menyala. Kalau tak cocok tinggal angkat saja, kok. Siapa tahu kamu sudah puas dengan keberadaan mereka dan urung mengganti warna ruangan secara permanen lewat dinding dan lantai. 

3. Perabot

9 Sumber Warna Menyala di Ruangan Selain Cat Dinding, Dijamin Hemat!Perabot (instagram.com/coldpicnic)

Mengaku pecinta warna menyala? Buktikan dengan berani beli perabot dengan warna-warna favoritmu. Jangan ragu pula untuk menabrakan warna, sudah banyak contoh perpaduan warna kontras yang ternyata cantik, seperti hijau dengan merah, biru dengan jingga atau ungu dan kuning seperti ilustrasi di atas mungkin?

Baca Juga: Cozy dan Adem, 10 Inspirasi Desain Ruangan Rumah Bertema Earth Tone

4. Bedding 

9 Sumber Warna Menyala di Ruangan Selain Cat Dinding, Dijamin Hemat!Bedding (instagram.com/coldpicnic)

Ragu dengan perabot berwarna menyala, ada risiko pudar dan mudah kotor, sih. Tak perlu ragu, coba kembali ke material kain. Selain karpet dan keset, bagian seprai dan selimut bisa diganti dengan warna vibrant kesukaanmu. Kalau kotor tinggal dicuci, kalau mulai pudar bisa diganti. 

5. Sarung bantal, selimut, atau taplak meja 

9 Sumber Warna Menyala di Ruangan Selain Cat Dinding, Dijamin Hemat!Bedding (instagram.com/dusendusen)

Sarung bantal dan selimut tak hanya bisa dipakai untuk kasur. Buat yang sudah terlanjur beli sofa, kursi, dan meja yang berwarna netral, kedua elemen berbahan kain itu bisa disulap jadi sumber warna di ruangan. Tata sebagai sarung untuk sofa dan kursi, atau dipakai sebagai taplak meja. 

5. Tirai

9 Sumber Warna Menyala di Ruangan Selain Cat Dinding, Dijamin Hemat!Tirai (instagram.com/urbanoutfittershome)

Elemen kain lainnya adalah tirai. Bisa terlihat keberadaannya langsung memeriahkan ruangan yang didominasi warna putih. Ingat tirai sangat mudah dibongkar pasang, lho. Masih tergoda mengecat dinding? 

7. Lighting 

9 Sumber Warna Menyala di Ruangan Selain Cat Dinding, Dijamin Hemat!Lighting (instagram.com/swantjeundfrieda)

Selain elemen berbahan kain, kamu juga bisa menempatkan warna aksen pada perabot kecil seperti lampu meja. Dengan warna yang menyala, kap lampu bisa jadi focal point di ruangan. 

8. Pajangan

9 Sumber Warna Menyala di Ruangan Selain Cat Dinding, Dijamin Hemat!Pajangan hidup (instagram.com/vinterior)

Hampir sama dengan kap lampu, pajangan seperti patung, guci, mainan, lilin atau bahkan vas bunga bisa berperan sebagai penyemarak suasana. Bunga berwarna jingga dengan vas pink pastelnya jadi menonjol di tengah ruangan netral yang didominasi cat putih dan wood tones. 

9. Frame

9 Sumber Warna Menyala di Ruangan Selain Cat Dinding, Dijamin Hemat!Frame (instagram.com/swantjeundfrieda)

Pajangan, poster, dan kap lampu terlalu biasa buatmu, silakan letakkan sumber warna pada frame atau rangka di perabotmu. Bisa pada pigura poster, kerangka cermin seperti contoh di atas, atau rangka rak dan kursi misalnya. Jika tak bisa menemukannya di toko, modifikasi saja apa yang sudah kamu miliki. 

Gimana, yakin masih minat mengecat dinding? 

Baca Juga: Penuh Warna dan Ceria, 10 Inspirasi Desain Ruangan Bergaya Urban Pop

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya