Comscore Tracker

10 Inspirasi Desain Rumah dengan Wood Slats, Lagi Tren!

Bisa untuk eksterior sampai interior

Wood slats, namanya masih aneh tapi kalau bentukannya pasti sudah sering kamu lihat. Elemen desain rumah ini identik dengan rumah-rumah kontemporer. Sesuai dengan namanya ia terbuat dari kayu, biasanya diambil dari spesies pohon pinus dan beech yang dikenal kuat. Ia kemudian dipotong dengan ukuran sama, lalu ditata sedemikian rupa membentuk elemen dekorasi yang clean, rapi, dan simpel. Fungsinya banyak, simak saja contohnya di bawah ini. 

1. Paling mudah memang memfungsikannya sebagai sekat atau penutup

10 Inspirasi Desain Rumah dengan Wood Slats, Lagi Tren!design-milk.com

Misal untuk hal-hal yang gak harus ditutup sempurna seperti ruang cuci baju ini. Kadang penampakan mesin cuci dan bajunya yang berantakan kurang enak dipandang, makanya wood slats dipakai sebagai penutupnya. Pemandangan kurang sedap langsung tersembunyikan. 

2. Buat ruang tengah, paling enak untuk menutup area televisi 

10 Inspirasi Desain Rumah dengan Wood Slats, Lagi Tren!renonation.sg

Ya, soalnya bagian itu biasanya penuh dengan kabel dan gawai-gawai lain yang kadang bikin ruangan terlihat kurang rapi. Wood slats hadir sebagai solusinya. 

3. Buat pagar dan aksen di eksterior rumah

10 Inspirasi Desain Rumah dengan Wood Slats, Lagi Tren!archdaily.com

Terutama untuk kamu yang tertarik membuat rumah berkonsep industrialis dan kontemporer, wood slats bisa menambah estetika di rumahmu. Sentuhan warna cokelat kayu alaminya tampak serasi dipadu dengan concrete block dan dinding-dinding warna earthy lainnya.

4. Kurang yakin sama keamanannya, gunakan saja untuk pagar  menuju halaman belakang

10 Inspirasi Desain Rumah dengan Wood Slats, Lagi Tren!dwell.com

Kamu kurang yakin dengan keamanan pagar wood slats untuk bagian terluar rumah? Gunakan saja pagar kayu ini untuk pintu samping menuju halaman belakang. Berfungsi baik, kan? 

5. Seru nih kesetnya, gak main-main 

10 Inspirasi Desain Rumah dengan Wood Slats, Lagi Tren!instagram.com/skagerak_denmark

Punya sisa wood slats yang gak tahu mau dipakai apa, gunakan jadi keset atau tatakan piring di meja makan juga bisa. Benar-benar serbaguna, apalagi wood slats ini elegan banget dari segi tampilan fisiknya. 

Baca Juga: 9 Inspirasi Desain Ruang Kerja di Dalam Closet, Simpel Tapi Keren

6. Peneduh di halaman samping rumah 

10 Inspirasi Desain Rumah dengan Wood Slats, Lagi Tren!casadevalentina.com.br

Untuk yang sedang suka berkebun dan lagi membangun urban jungle-nya sendiri di halaman samping rumah. Wood slats bisa tuh jadi peneduh yang handal. Tidak menghalangi cahaya matahari masuk, tetapi bisa melindungi tanaman dari panas berlebih. 

7. Headrest di kamar yang lengkap dengan rak mininya 

10 Inspirasi Desain Rumah dengan Wood Slats, Lagi Tren!missjesscraven.com

Kalau sudah begini, tidak perlu lagi meja sisi kasur. Wood slats untuk headrest kasur ini bisa dibikin sendiri kalau kamu telaten. Ditambahkan papan kayu kecil sebagai rak juga bisa, makin fungsional dan hemat ruang. 

8. Pengaman tangga yang memuaskan penghuni rumah

10 Inspirasi Desain Rumah dengan Wood Slats, Lagi Tren!cotemaison.fr

Aman sudah pasti, cantik itu bonus. Wood slats untuk pengaman tangga ini benar-benar terobosan yang layak ditiru. Bahkan bagian sudut kosongnya, dimanfaatkan sebagai meja kerja/belajar yang luas. 

9. Sekat antar ruang yang gak bikin gelap dan pengap 

10 Inspirasi Desain Rumah dengan Wood Slats, Lagi Tren!otemaison.fr

Selain dinding dan papan triplek, sudah saatnya kamu mempertimbangkan wood slats sebagai sekat antar ruangan. Tentu ruangan yang dimaksud adalah yang tidak memerlukan privasi sempurna, misal antara pintu masuk dengan ruang tengah. Kalau contoh di atas, wood slats dipakai sebagai sekat bagi orang yang hendak menuju kamar mandi. Tentu kamar mandinya tetap diberi pintu. 

10. Khusus buat yang berduit lebih, wood slats pun jadi elemen dominan rumah

10 Inspirasi Desain Rumah dengan Wood Slats, Lagi Tren!futuristarchitecture.com

Kalau yang ini pastikan dulu kamu punya dana yang mencukupi, ya. Pemakaian wood slats untuk elemen dominan rumah memerlukan perencanaan yang matang dan pemilihan kayu berkualitas tinggi. Gak bisa asal-asalan, terbukti hasilnya pun sekeren ini. 

Wood slats memang menarik, tampilannya elegan, ramah lingkungan, dan cukup awet.

Baca Juga: 8 Desain Rumah Bernuansa Tropis yang Membuat Serasa Tinggal di Resor 

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya