Comscore Tracker

9 Tips Menata Koleksi Tanaman di Dalam dan Luar Rumah dengan Rak 

Biar rapi kesannya 

Berencana mengoleksi lebih banyak tanaman untuk ruangan atau halaman rumah? Atau memang sudah punya banyak tanaman yang berjibun di satu sudut di rumahmu, tapi bingung bagaimana menatanya agar tampak estetik? Ikuti saja beberapa tips dan inspirasinya berikut. 

1. Rak minimalis ala Skandinavia dengan rangka logam yang kokoh

9 Tips Menata Koleksi Tanaman di Dalam dan Luar Rumah dengan Rak instagram.com/fermliving

Pas diletakkan di luar rumah, tak hanya desainnya yang elegan dan ringkas, bahannya yang terbuat dari logam dan keramik jelas lebih kokoh serta awet. Pilih cat yang berkualitas pula agar kamu tak perlu memolesnya terlalu sering kalau karat sudah mulai menyerang.

2. Rak buku bisa kamu manfaatkan untuk koleksi tanaman di dalam ruangan 

9 Tips Menata Koleksi Tanaman di Dalam dan Luar Rumah dengan Rak instagram.com/nelplant

Tidak hanya bagi penggemar buku, rak serbaguna ini bisa dimanfaatkan untuk menata tanaman di dalam rumah. Ringkas, rapi, dan enak dipandang. Jadikan pula tempat menata beberapa perlengkapan tanam seperti pupuk, alat siram atau semprot, dan lain sebagainya. Kalau terbuka begini, kamu pasti terpicu buat menatanya dengan baik agar enak dipandang. 

3. Bagaikan toko tanaman hias 

9 Tips Menata Koleksi Tanaman di Dalam dan Luar Rumah dengan Rak instagram.com/louispoulsen

Sebagai penyeimbang, si pemilik koleksi tanaman ini meletakkan beberapa lampu keren di antara tanaman-tanaman menggemaskan tersebut. Kalau ada spot kece begini di rumah, sepertinya kamu gak perlu susah-susah cari latar keren buat foto atau melakukan video conference. 

4. Mengubah fungsi rak pakaian gantung 

9 Tips Menata Koleksi Tanaman di Dalam dan Luar Rumah dengan Rak instagram.com/crafty.nene

Biasanya rak gantung seperti ini dipakai untuk menyimpan pakaian dan sepatu, tetapi buat plant lovers kenapa tidak kamu sulap jadi rak display untuk koleksimu? Ini buktinya, beberapa pot bisa kamu gantung sedemikian rupa. Jika ingin meletakkannya di luar ruangan, sebaiknya letakkan di teras yang teduh agar raknya tetap awet. 

Baca Juga: 5 Cara Merawat Tanaman Hias di Rumah, Biar Tumbuh Subur!

5. Rak custom yang bisa disontek 

9 Tips Menata Koleksi Tanaman di Dalam dan Luar Rumah dengan Rak instagram.com/thedenwoodpanels

Susah cari rak tanaman yang sesuai sama aspirasimu? Bikin yang custom saja seperti ini. Bagian atasnya didesain khusus untuk tanaman rambat. Bisa disontek, nih. 

6. Menyulap wastafel jadi rak tanaman yang timeless 

9 Tips Menata Koleksi Tanaman di Dalam dan Luar Rumah dengan Rak instagram.com/fermliving

Wastafel berbahan batu ini bisa disulap jadi rak untuk tanaman. Gak perlu dicat, pertahankan warna asli alaminya yang artsy. Untuk menghindari serangan lumut dan jamur, semprot dengan ramuan khusus yang bisa kamu buat dari cuka atau disinfektan biasa. 

7. Hias lemari pajangan dengan koleksi tanaman 

9 Tips Menata Koleksi Tanaman di Dalam dan Luar Rumah dengan Rak instagram.com/herz.und.blut

Bayangkan ruangan ini tanpa tanaman sama sekali? Pasti kurang hidup, ya. Ternyata sedikit barisan tanaman di atas lemari pajangan bisa jadi solusi buatmu. Tak perlu beli rak baru lagi, manfaatkan yang sudah ada di rumah. 

8. Urban jungle banget kesannya

9 Tips Menata Koleksi Tanaman di Dalam dan Luar Rumah dengan Rak instagram.com/interioryesplz

Desain ruangan macam ini sebenarnya bukan hal baru, ia sedang tren belakangan ini dan pasti sudah banyak menghiasi linimasa media sosialmu. Caranya dengan meletakkan perabot-perabot kayu dan rotan, ditambah rak berisi ragam tanaman hidup yang bikin suasana adem. Kontrasnya warna kayu dengan hijaunya daun memang terapeutik, ya. 

9. Koleksi kaktus, boleh saja 

9 Tips Menata Koleksi Tanaman di Dalam dan Luar Rumah dengan Rak instagram.com/perfect.homess

Tidak harus tanaman rambat atau tanaman tropis, boleh kok kamu mencoba merawat kaktus dulu dalam ruangan. Tempatkan di rak manis seperti contoh di atas. Keren, ya. 

Plant lovers, tips nomor berapa yang ingin kamu wujudkan di rumah? 

Baca Juga: 5 Tanaman Indoor yang Bisa Mempercantik Ruang Tamu hingga Dapur

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya