Comscore Tracker

10 Ide Pagar Hidup untuk Ciptakan Rumah Asri ala Hotel di Bali 

Betah di rumah kalau begini 

Dalam dekorasi ruangan atau halaman rumah, tanaman biasanya diletakkan sebagai pemanis belaka. Padahal elemen hijau satu ini punya banyak manfaat lain, selain jadi pemurni udara, ia bisa jadi naungan yang membuat rumah menjadi lebih sejuk dan teduh. Satu lagi, tanaman bisa jadi tirai yang memberimu privasi. 

Bila hendak membuat taman atau merenovasi rumah, coba pikirkan tata letak dan fungsi tanaman secara lebih serius. Misal manfaatkan mereka sebagai pagar atau pembatas. Elok dan asri, silakan sontek beberapa ide di bawah. 

1. Ini pagar hidup paling umum yang sering kita temui, sederhana tetapi sangat indah. Bak di negeri dongeng

10 Ide Pagar Hidup untuk Ciptakan Rumah Asri ala Hotel di Bali instagram.com/florafarms

Gerbang lengkung seperti ini pasti sering kamu lihat di film-film atau taman-taman kota. Selain ramah lingkungan, hasilnya pun fotogenik. Siapa yang gak tergoda memiliki pagar estetik seperti ini? 

2. Memang lebih aman dan awet jika pagar berbahan logam. Hilangkan kesan seram dan suramnya dengan tanaman hijau

10 Ide Pagar Hidup untuk Ciptakan Rumah Asri ala Hotel di Bali instagram.com/kristenfegaleinteriors

Untuk yang tinggal di perkotaan, pagar besi memang lebih dipilih untuk alasan keamanan. Agar kesan seram dan suram dari pagar besi bisa berkurang, tambahkan saja tanaman rambat macam contoh di atas. 

3. Gak harus rapi, pembatas dari tanaman hidup yang satu ini bikin rumah terasa lebih dekat dengan alam 

10 Ide Pagar Hidup untuk Ciptakan Rumah Asri ala Hotel di Bali instagram.com/skagerak_denmark

Cocok untuk yang punya lahan di samping rumah. Daripada membuat pagar dinding tinggi untuk membatasi wilayahmu dengan wilayah tetangga, mending bikin pagar hidup yang asri ini. Gak harus rapi-rapi amat, rimbun dan terdiri dari beraneka jenis tanaman pun boleh. 

4. Pekarangan sempit, manfaatkan satu petak lahan memanjang untuk tanaman tinggi macam ini 

10 Ide Pagar Hidup untuk Ciptakan Rumah Asri ala Hotel di Bali habitusliving.com

Gak punya banyak lahan untuk membuat taman, manfaatkan saja sejengkal lahan untuk bikin pagar hidup dari tanaman tinggi di salah satu sisi rumah. Tidak ada yang tidak mungkin, bukan? Semua tergantung niat dan kreativitas. 

5. Gak perlu bikin gerbang tinggi, cukup manfaatkan pagar pendek yang kamu punya untuk ditumbuhi tanaman merambat 

10 Ide Pagar Hidup untuk Ciptakan Rumah Asri ala Hotel di Bali instagram.com/dominomag

Gak perlu pagar tinggi, jika kamu hidup di lingkungan pedesaan atau perkampungan yang aman biasanya pagarnya pendek. Maka, ide di atas bisa ditiru. Sederhana, tetapi langsung bisa memberikan dampak besar dalam dekorasi rumah. 

Baca Juga: 8 Ide Desain Pagar Rumah yang Anti Mainstream

6. Tanaman rambat tanam di pagar pembatas balkon, bisa berikan privasi lebih sekaligus menghalau teriknya sinar matahari

10 Ide Pagar Hidup untuk Ciptakan Rumah Asri ala Hotel di Bali instagram.com/dwellmagazine

Punya rumah dengan kaca besar memang idaman banyak orang. Kekurangannya untuk negara tropis, matahari akan sangat terik menjelang siang sampai sore hari. Belum lagi jika jarak antar tetangga sangat mepet, pasti butuh privasi. Ide di atas bisa jadi solusi, tanaman jadi pelindung dari sinar matahari sekaligus memberikan privasi bagi penghuni. 

7. Gak harus tanaman merambat, bisa manfaatkan pohon kaktus dalam pot sebagai pembatas 

10 Ide Pagar Hidup untuk Ciptakan Rumah Asri ala Hotel di Bali style-files.com

Tanaman dalam pot bisa pula kamu sulap jadi pemanis pagar atau pintu masuk rumah. Dengan begini, setiap kamu pulang dan akan masuk rumah rasanya seperti disambut. 

8. Atau bikin yang serapi ini, manfaatkan satu jenis tanaman yang sama. Bisa kaktus atau pohon palem. Jadi hunian bertema tropical

10 Ide Pagar Hidup untuk Ciptakan Rumah Asri ala Hotel di Bali junebugweddings.com

Desain ini diterapkan dengan apik oleh sebuah hotel bertema negara tropis. Kamu pun bisa bikin pagar hidup serupa di rumah. Rumah langsung bagaikan sebuah resort, tempat sempurna untuk rehat dari rutinitas tanpa harus pergi ke hotel mahal. 

9. Tumbuhan hijau di depan jendela rumah, berikan privasi dan naungan asri dari teriknya mentari. Ide jitu buat yang punya sedikit lahan 

10 Ide Pagar Hidup untuk Ciptakan Rumah Asri ala Hotel di Bali d-s-style.com

Dengan begitu, kamu gak perlu lagi membeli tirai. Cukup memanfaatkan tanaman hijau di pekarangan sempit depan jendela utama. Hasilnya oke, bahkan cocok untuk rumah mungil dengan konsep minimalis. 

10. Pembatas kayu untuk teras juga oke jadi tempat bernaungnya tanaman hijau di rumah. Kesan sejuk dan asri langsung tercipta

10 Ide Pagar Hidup untuk Ciptakan Rumah Asri ala Hotel di Bali instagram.com/dominomag

Rumah boleh kamu konsep industrialis dengan kayu dan concrete block di mana-mana, tetapi jangan lupakan unsur hijau dari tanaman yang bisa jadi penyeimbang. Bayangkan rumah ini tanpa tumbuhan yang meramaikannya, pasti membosankan dan suram banget. 

Pagar hidup ternyata banyak macamnya, gak harus berbentuk tanaman lebat macam labirin. Silakan kreasikan sesuai budget dan keinginan. 

Baca Juga: 11 Desain Teras Minimalis ala Hotel, Berasa Liburan Tiap Hari

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya